Cara Update Samsung Galaxy A24 4G ke Android Versi Terbaru

Bagaimana cara update Android OS terbaru di Samsung Galaxy A24 4G tanpa root. Mungkin sebagian dari Anda memahami bahwa memperbarui perangkat lunak alias software (firmware) di ponsel itu memang disarankan untuk dilakukan rutin. Simak panduannya ya.

Kita bakal membahas cara update Android di Samsung Galaxy A24 berdasarkan pengalaman penulis pribadi serta apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan proses upgrade OS di handphone kamu.

Apa itu update firmware atau software? Pada dasarnya brand atau pihak perusahaan pembuatan HP yang kamu gunakan diharuskan oleh Google untuk memberikan upgrade minimal setiap bulan.

Nah, update software ini terbagi dalam dua bagian. Firmware Security Patch, biasanya rutin diluncurkan sebulan sekali, berfungsi untuk memastikan ponsel tetap sesuai standar sistem keamanan yang ditetapkan pihak Android (Google).

Sedangkan pembaruan besar (Major Update) berupa memperbarui Android OS ke versi terbaru, biasanya diiringi dengan perubahan dalam hal penambahan fitur, aplikasi, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara update Samsung Galaxy A24 ke Android terbaru? Berikut tutorialnya.

Cara Update Android di HP Samsung Galaxy A24 4G Lewat Pengaturan.

Pertama, masuk ke Pengaturan (Settings) pada smartphone yang kamu gunakan.

Kemudian di kotak pencarian (jika ada), ketik “Security Status” dengan asumsi pakai English, kalau bahasa Indonesia “Status Keamanan”.

Lalu tap pada bagian “Google Play System Update”, maka otomatis akan memindai (Scan) apakah kamu sudah update software Samsung A24.

Jika firmwarenya sudah yang paling baru bakal muncul tulisan “Your Device is Up to Date” alias “Perangkat Anda sudah diperbarui/yang paling baru” dengan rincian versi Android serta security patch bulan apa.

Kalau belum, biasanya ada tombol untuk “Install” software di ponsel. Sedangkan kalau kamu disuruh restart HP, artinya sudah berhasil melakukan cara update Android di Samsung Galaxy A24 namun belum diterapkan sepenuhnya sehingga harus menyalakan ulang untuk konfirmasi pembaruan.

Alternatif lain kamu bisa cek apakah ada update OS terbaru di Samsung Galaxy A24 melalui About Phone (Tentang Ponsel) pilih versi OS Android dan tap “Periksa Pembaruan (Check Update)”.

Cek apakah ada:

  • Update Samsung Galaxy A24 Android 14 dengan PC
  • Update Android 15 di Samsung Galaxy A24
  • Cara Upgrade Samsung Galaxy A24 ke Android 16
  • Cara Update Android 17 di Samsung Galaxy A24 (juga Android 18, 19, 20, 21, 22)

Begitulah kurang lebihnya cara update HP Samsung Galaxy A24 ke Android terbaru untuk mengurangi bug serta menambah fitur di ponsel.

Leave a Comment