Kamus Dunia Perhotelan Istilah Lengkap dan Artinya

Istilah-istilah dalam industri perhotelan menjadi bagian penting dalam memahami operasional dan pengelolaan hotel. Dunia perhotelan memiliki banyak istilah yang digunakan secara luas di seluruh industri ini.

Artikel ini akan menggambarkan beberapa istilah yang umum digunakan dalam industri perhotelan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bidang ini.

Check-in dan check-out: Check-in adalah proses registrasi tamu di hotel saat kedatangan mereka.

Ini melibatkan pemberian kunci kamar, pengisian formulir, dan prosedur administrasi lainnya. Check-out, di sisi lain, adalah proses di mana tamu meninggalkan hotel dan melunasi pembayaran mereka.

Reservasi: Reservasi adalah proses pemesanan kamar oleh tamu di hotel. Ini bisa dilakukan melalui telepon, email, situs web, atau melalui agen perjalanan.

Reservasi dapat mencakup tanggal inap, jenis kamar, dan permintaan khusus lainnya.

Kamar Tipe: Hotel biasanya menawarkan berbagai jenis kamar yang dapat dipilih oleh tamu.

Beberapa tipe kamar umum meliputi kamar standar, suite, kamar eksekutif, kamar keluarga, atau kamar dengan fasilitas khusus seperti akses difabel.

Fasilitas Hotel: Fasilitas hotel mencakup semua layanan dan fasilitas yang tersedia bagi tamu.

Ini bisa termasuk restoran, bar, pusat kebugaran, kolam renang, spa, pusat bisnis, ruang rapat, parkir, dan layanan binatu.

F&B (Food and Beverage): Istilah ini merujuk pada layanan makanan dan minuman yang disediakan oleh hotel.

Ini meliputi restoran hotel, layanan kamar, lounge, bar, dan fasilitas makanan lainnya.

Housekeeping: Departemen housekeeping bertanggung jawab untuk membersihkan kamar tamu, mengganti sprei, menyediakan perlengkapan mandi, dan menjaga kebersihan dan kerapian di seluruh area hotel.

Mereka juga bertanggung jawab untuk mencuci dan menyetrika linen hotel.

Front Office: Departemen front office merupakan pusat informasi utama di hotel.

Staf front office berinteraksi langsung dengan tamu, menangani check-in, check-out, dan memberikan informasi tentang hotel serta tempat wisata di sekitarnya. Resepsionis dan petugas concierge adalah bagian dari departemen front office.

RevPAR (Revenue per Available Room): RevPAR adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan hotel.

Ini menghitung pendapatan rata-rata yang dihasilkan oleh setiap kamar yang tersedia dalam periode waktu tertentu. RevPAR adalah hasil dari membagi total pendapatan kamar dengan jumlah kamar yang tersedia.

OTA (Online Travel Agency): OTA adalah platform online yang memungkinkan tamu untuk memesan kamar hotel secara elektronik.

Contoh terkenal dari OTA termasuk Expedia, Booking.com, dan Agoda. Hotel bekerja sama dengan OTA untuk meningkatkan visibilitas mereka dan meningkatkan jumlah reservasi.

Yield Management: Yield management adalah strategi yang digunakan oleh hotel untuk mengoptimalkan pendapatan dengan memanfaatkan perubahan permintaan dan harga kamar yang berfluktuasi.

Ini melibatkan mengatur harga berdasarkan faktor-faktor seperti musim, hari-hari libur, atau permintaan khusus lainnya.

Ini hanya beberapa contoh istilah dalam industri perhotelan. Industri ini terus berkembang, dan istilah-istilah baru mungkin muncul seiring dengan perkembangan tren dan praktik bisnis yang baru.

Memahami istilah-istilah ini akan membantu individu dalam berinteraksi dengan hotel, serta memahami operasional dan manajemen di balik layanan yang disediakan oleh hotel.

Leave a Comment