Kenapa Jayda Umumkan Graduate dari CGM48 Terungkap?

Pengumuman untuk para penggemar Red Squad 48 Group, kini giliran keputusan Ravinda Alan alias Jayda graduate dari CGM48 yang disampaikan resmi oleh member yang bersangkutan sekaligus pernyataan lulus dari manajemen. Simak selengkapnya!

Saat kabar ini terbit, manajemen belum menentukan acara kelulusan Jayda CGM48. Mengenai kegiatan akhir lainnya dari anggota grup tersebut bakal diumumkan segera.

Bagi penggemar Jayda CGM48 tentunya mengejutkan mengingat oshi mereka digadang-gadang akan jadi salah satu member yang bisa bertahan cukup lama berkiprah di grup ini.

Alasan para personel grup memutuskan keluar pun bermacam-macam. Ada yang ingin fokus melanjutkan pendidikan, mau menikah hamil dan berkeluarga, hingga yang membuka lembaran baru yakni solo karir.

Apa Itu Graduate (Kelulusan) Dalam Sebuah Idol Group dan Kenapa Jayda CGM48 Lulus? Penjelasan lengkapnya simak: Tentang Kelulusan Member Idol Group yang Tak Direlakan.

Untuk Jayda CGM48 sendiri, dalam pernyataan kelulusannya dia mengatakan sebenarnya masih ingin bertahan di grup. Sehingga inilah yang bikin fans berasumsi lain.

Pada dasarnya dalam konsep sebuah grup yang menerapkan re-generasi akan ada yang namanya kelulusan alias Graduation. Sistem ini sudah diterapkan sejak akhir tahun 90-an di industri musik Jepang.

Dalam Sakamichi Series & 48 Group, bagi grup yang anggotanya memutuskan lulus, berarti tidak akan lagi terikat kontrak dan menghentikan aktivitasnya bersama grupnya. Tidak terkecuali Jayda CGM48 yang graduate.

Penentuan member keluar dari grupnya dengan status Graduate biasanya keputusan idolnya langsung, terkadang juga ada dari hasil akhir diskusi antara yang bersangkutan sama manajemen.

Baca Juga: Kisah Yoshinari Saat Kudeta AKB48 Group dari Yasushi Akimoto.

Ke depannya, usai lulus Jayda CGM48 akan bebas memilih apakah mau bertahan di industri entertainment (seperti Yamamoto Sayaka, Shani Indira Natio & Adhisty Zara) atau memilih pensiun sebagai figur publik dan menjadi warga biasa tanpa diekspos media mana pun (seperti Watanabe Mayu dan Oku Manami).

Kelulusan dianggap menyenangkan dalam konteks pendidikan. Beda halnya di dunia idol group, jika member favorit mereka lulus maka para fans biasanya akan sulit mengakses informasi dan kegiatan idola mereka sebagaimana saat masih akfif di grup. Itulah yang mungkin dirasakan oleh penggemar Jayda CGM48.

Apalagi jika idolanya memilih untuk Go-Private, mau tak mau harus direlakan dan mencari penggantinya untuk dukung member lain alias Oshihen. Banyak pula fans yang ikutan pensiun mendukung grupnya saat oshi mereka sudah lulus.

Baca juga: Terungkap Alasan SNH48 Mau Akuisisi AKB48 Team SH.

Jadi bagi kalian para wota setelah Jayda Graduate dari CGM48 akankah mengalihkan dukungan ke idol/member lain atau mungkin juga ikutan berhenti mendukung grupnya? Silakan dipertimbangkan.

Leave a Comment