Skandal

Dalam prinsipnya AKB48 Group dan Sakamichi Series memiliki peraturan spesial yang masih menjadi perdebatan. Jika seorang member berfoto mesra dan atau berduaan dengan pria yang bukan dari keluarga, non-figur publik, atau staf dan bukan pula hasil event 2-shot sering dianggap sebagai skandal oleh fans. 

Selain itu, skandal juga berlaku untuk member yang dianggap melakukan pelanggaran kontrak hingga sanksi terberat diberhentikan alias pecat. Dalam beberapa kasus, Skandal juga melibatkan fans seperti insiden penyerangan Yamaguchi Maho dengan member NGT48 lainnya sebagai dalang.

Skandal ada karena peraturan ada. Sebuah peraturan spesial (Golden Rules) merujuk pada pelarangan member untuk menjalin hubungan dengan pria, pelanggaran kontrak profesional, hingga kode etik. Awalnya, aturan dibuat agar JOT (JKT48 Operation Team, manajemen) mendapatkan keyakinan bahwa member mereka bisa tampil maksimal saat event apapun.

Sebenarnya member diperbolehkan berpacaran namun dengan risiko yang ditanggung sendiri. Sebab, berpacaran dapat mengurangi antusiasme penggemar, menyebabkan badmood (kalau lagi ada masalah dengan pasangan) yang bisa merusak konsistensi penampilannya di atas panggung. Itulah yang mungkin coba dihindari oleh JOT.

Penggemar yakin akan sangat berbeda kondisi JKT48 dan lingkaran fandom di dalamnya apabila member diperbolehkan atau bebas berpacaran, mengunggah kemesraannya, bahkan menikah sebelum keluar dari grup.

Kami telah merangkum siapa saja member yang pernah terekspos dengan kumpulan artikel berikut:

JKT48 

  1. Skandal Michelle Christo 
  2. Skandal Ratu Vienny Fitrilya
  3. Skandal Thalia Ivanka 
  4. Skandal Sisil 
  5. Skandal Gaby 
  6. Skandal Eve Antoinette 
  7. Skandal Manda dan Okta 
  8. Skandal Nabilah Ayu
  9. Skandal Regina 
  10. Skandal Stefi JKT48 
  11. Skandal Beby Chaesara
  12. Skandal Shania Gracia dan Shani Indira Natio

SGO48

BNK48

  1. Skandal 4 Member Sekaligus 
  2. Skandal Nayika Srinian Can 
  3. Skandal Maysa 
  4. Skandal Maira Kuyama 

MNL48

SKE48

AKB48

NMB48

Nogizaka46

Keyakizaka46

NGT48

SNH48 Group

Akan diperbarui sewaktu-waktu.