Penjelasan Apa Itu Senta Shiken AKB48 Group Center Exam

AKS kembali menegaskan bahwa produk 48 Group layaknya sebuah sekolah dalam industri entertainment yang kali ini mereka melakukan inovasi lain berupa ujian bagi member (dan fans) dengan tema AKB48 Group Center Exam / Test [Ujian Center / センター試験 / Senta Shiken].

AKB48 Group Center Test 2018 Ujian Member.png

Hal ini diumumkan oleh manajemen saat hari kedua ajang AKB48 Request Hour Setlist Best 100 2018 di Tokyo Dome City Hall.

Lalu..

Apa Itu AKB48 Group Center Exam Test? 

AKB48 Group Center Test adalah sebuah tes khusus pengetahuan tentang AKB48 yang melibatkan seluruh anggota 48 Group lokal dan luar negeri, para member akan diuji seberapa jauh mereka tahu tentang fakta AKB48 Grup, beberapa lirik lagu, sejarah dan hal unik lainnya.

"Sebuah tantangan dan penggemar akan tahu seberapa besar rasa cinta dan pengetahuan mereka terhadap AKB48 dan sister groupnya, tempat dimana para member juga 'bekerja' dan 'belajar'." kata Togasaki.

Tes akan dimulai secara bersamaan pada Maret 2018.

Untuk Jepang, tes ini diadakan di beberapa kota seperti 
  1. Tokyo (AKB48)
  2. Nagoya (SKE48) 
  3. Hiroshima (STU48)
  4. Osaka (NMB48)
  5. Niigata (NGT48)
  6. dan Fukuoka (HKT48)
Sementara untuk sister group luar negeri bakal melibatkan member JKT48, BNK48dan TPE48 di:  
  1. Indonesia 
  2. Thailand 
  3. dan Taiwan 
Tidak ada grup dari Manila itu karena audisi member MNL48 masih berlanjut, stafnya lagi kerepotan tuh dari Top 200 banyak peserta yang aneh.

Para anggota AKB48 Group di Jepang dan fans dapat berpartisipasi, namun khusus untuk grup luar negeri hanya membernya yang boleh ikutan. 

Tes ini benar-benar akan menguji seberapa jauh pengetahuan member mengenai 'sekolahan' mereka sendiri.

Sedangkan untuk sistem penilaian, poin tertinggi yang dapat diraih member adalah 67, lalu nilai paling rendahnya 10 poin dan rata-rata jika ditotal 36,3.

Hadiahnya? 

Bagi 16 member dengan peringkat dan nilai tertinggi akan masuk dalam jajaran senbatsu dan mendapatkan sebuah lagu yang dianggap spesial, namun belum diketahui apakah single khusus atau koplingnya AKB48.

Namun demikian, tidak ada angka pasti berapa jatah yang didapat sister group luar negeri, pokoknya lulus tes bisa ikut.

Dari sini ada peluang buat JKT48 mendapatkan single original walau sulit, syaratnya minimal masuk dalam jajaran enam belas member di peringkat tertinggi.

Sayangnya, walau tidak diketahui angka pasti, member partisipan dari sister group luar negeri kuotanya terbatas.

Center Exam Ini merupakan kesempatan besar buat member dari sister group luar negeri bila mereka ingin merasakan satu level dengan anggota AKB48 Group.
Penjelasan Apa Itu Senta Shiken AKB48 Group Center Exam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun