Zahra Yuriva Curhat Alasan Keluar Graduate dari JKT48

Wota mengawali tahun 2018 dengan mendapat kabar Zahra Yuriva menjadi member JKT48 pertama yang mengumumkan kelulusannya.

Alasan Zahra Yuriva JKT48 Graduate

Setelah tahun lalu kurang lebih sebelas orang keluar JKT48, baik resign (mundur) atau graduate (lulus), simak Kaleidoskop JKT48 2017.

Yuriva seperti dilansir situs resmi keluar karena alasan kesehatan yang tidak memungkinkan buat melanjutkan kegiatan sebagai anggota JKT48.

Mirip Nabilah

Diketahui kondisi penyakit Zahra Yuriva memang bukan seperti yang dialami Nabilah, tapi setidaknya menegaskan dia tak memungkinkan joget-joget lagi seperti sediakala.

Beda kasus antara Nabilah Ratna Ayu dan Zahra Yuriva? Yang satu langsung mundur pakai surat dan lewat medsos, tapi satunya lagi dapat panggung pertunjukan kelulusan di teater.

Selain itu, Yuri belum pernah merasakan senbatsu, maaf, tapi ini fakta.

Member yang keluar, lulus dan mundur, usai ditransfer dari Team T ke Team J diantaranya:
  1. Sofia Meifaliani, 
  2. Sri Lintang, 
  3. Elaine Hartanto, 
  4. Zahra Yuriva, 
  5. Nadhifa Salsabila, 
  6. Yansen Indiani. 
Elaine, Sofia, dan Yuriva lulus, kebagian pertunjukan teater, lepas kabesha (bingkai foto member di theater).

Lintang, Nadse dan Yansen mundur, tanpa show, tanpa lepas kabesha.

Ini juga alasan kenapa penggemar Lintang dan Yuriva pada malah cemberut bukan bangga saat oshimen mereka ditransfer ke tim tertua di JKT48.

"Maaf banget baru ngabarin kalian dan mungkin buat kecewa, tapi makasih loh udah dukung aku selama ini." tulis Yuriva pakai emoji telapak tangan yang ditutup.

Namun Yuri enggan menjelaskan lebih lanjut apa penyakit yang dideritanya saat ini.

"Aku harap hari ini jadi yang spesial dan ga terlupakan, jadi datang ya di theater Team J nanti malam, kita buat kenangan terakhir bareng-bareng. See u."

Menurut situs JKT48, pihak manajemen melakukan apa yang dilakukan dengan Nabilah, yakni berdiskusi apakah Zahra Yuriva bisa lanjut.

"Kondisi kesehatan kurang baik, Zahra Yuriva (Team J) telah menjalani masa istirahat untuk beberapa saat. Akan tetapi karena tidak adanya pemulihan yang memungkinkan, yang bersangkutan tidak dapat tampil kembali dengan kondisi prima di depan para fans semua.

Setelah berdiskusi dengan manajemen, Zahra Yuriva memutuskan untuk mengundurkan diri dari JKT48 dan manajemen memutuskan untuk menghargai keputusan tersebut."

Penggemar pun protes pada manajemen misalnya akun @thehasya yang meluapkan emosi di Twitter.

"Kalau banyak member yang grad karena alasan kesehatan, apa nggak coba direview schedulingnya @officialJKT48, sesuatu yang harus diubah." tulisnya.

Yang paling teringat dari Yuri adalah cuitannya beberapa bulan lalu, menyindir wota yang bau ketiaak setiap nonton theater atau handshake event, mandi makanya.

Zahra Yuriva JKT48 Grad Twitter Akun
Foto by: Abdul Imam / FB
Penampilan terakhir Zahra Yuriva sebelum graduate dari JKT48 adalah pertunjukkan teater 'Tadaima Renaichuu / Sekarang Sedang Jatuh Cinta' bersama tim J.

Karir di JKT48

Tergabung dalam anggota generasi ke-4, nama Zahra Yuriva Dermawan memulai debut sebagai Trainee.

Ia dipromosikan ke Team T pada JKT48 1st Grand Shuffle, September 2016, sebelum akhirnya ditransfer ke Team J saat acara jabat tangan Saikou ka Yo Handshake Festival.

Padahal Yuri dianggap punya potensi, jangan jauh-jauh jadi artis, senbatsu dulu, dikit lagi, dan sudah dipilih jadi vokalis sub-unit JKT48 Band, tapi ya sudahlah.

Sejak debut hingga graduate, Zahra Yuriva tak mendapatkan ranking di JKT48 Senbatsu Sousenkyo yang baru diikutinya cuma sekali.