17 HP Android 'Berponi' dengan Notch di Layar Terbaik

Tren Notch, atau jidat dengan poni di bagian layar pada smartphone yang memisahkan sisi kiri dan kanan atas sedang banyak digandrungi para vendor HP Android.

Notch Layar HP Android iPhone X

Mereka sejatinya mengikuti apa yang pertama kali diterapkan oleh Apple di iPhone X. Tren serupa merupakan penerus HP dengan Layar FullView Display Rasio 18:9, lalu apa sebenarnya makna atau fungsi Notch di layar atas?

Fungsi Notch Layar HP 

Kalau pada mayoritas ponsel Android saat ini fungsi Notch untuk menempatkan Earpiece (Speaker), Light Sensor serta Kamera Depan.

Sementara di iPhone X selain ketiga unsur diatas ada tambahan berupa Infrared Kamera, Dot Projector dan Flood Illuminator, yang jadi alasan kenapa poni di jidat iPhone X lebih lebar dari kebanyakan notch di HP Android.
Tiga sensor tambahan pada iPhone X itu berguna untuk menambah akurasi dan tingkat keamanan, khususnya ketika pengguna menggunakan Face ID dalam kondisi minim cahaya / gelap, mengenakan aksesori (topi, kacamata, rambut baru, dll) agar tetap terdeteksi secara akurat.
Mulanya, beberapa ponsel dari negeri Tirai Bambu yang meniru desain produk Apple tersebut, contohnya Ulefone T2 Pro dan Leagoo S9.

Namun kini sudah mulai banyak vendor smartphone lain juga ikut-ikutan mulai dari Oppo, OnePlus, Huawei, Vivo, LG sampai yang terbaru Asus.

Pro Kontra Notch di Layar

Perlu diketahui, sebenarnya keberadaan Notch pada layar HP menuai pro dan kontra, bahkan Apple Fanboy (sebutan pengguna & penggemar produk Apple) banyak yang kecewa dengan desain tersebut dan mengancam beralih ke produk rival, Samsung Galaxy Note8 (pada saat launching iPhone X).

Android Phones with Notch.png

Di forum situs besar seperti GSMArena dan The Verge, pengguna Android yang geram bertanya-tanya kenapa para vendor mengikuti tren Notch yang justru tidak disukai.

Memang harus diakui supaya kekinian, vendor ponsel Android selalu mengikuti apa yang diterapkan Apple pada iPhone. Raksasa teknologi bentukan Steve Jobs itu ibarat jadi trendsetter buat perusahaan lain.

Lantas siapa saja mereka yang meniru desainnya? Dan berapa tarifnya?

Inilah Daftar Harga HP Android dengan Notch di Layar 

HP Android dengan Poni Notch di Layar

  1. Asus Zenfone 5 
  2. Asus Zenfone 5z
  3. Huawei P20
  4. Oppo R15
  5. Huawei P20 Pro
  6. Vivo V9
  7. Huawei P20 Lite
  8. OnePlus 6
  9. Ulefone T2 Pro
  10. Leagoo S9
  11. LG G7
  12. Oppo F7
  13. Xiaomi Mi 7
  14. Doogee V 
  15. Vivo X21 UD
  16. Huawei Nova 3e 
  17. Vivo X21
#1. Asus Zenfone 5 dan 5z 

Vendor asal Taiwan, Asus kembali merilis seri Zenfone 5 yang sejatinya penamaan model HP tersebut sudah mereka lakukan beberapa tahun lalu.

Namun dalam edisi 2018 kali ini, Asus menghadirkan sesuatu yang pastinya lebih mewah dan kekinian.

Dalam hal layar, Zenfone 5 dan 5z sama-sama pakai poni / Notch di bagian atas dan keduanya memiliki ukuran display-screen 6,2 inch.

Untuk urusan dapur pacu, Zenfone 5 mengenakan CPU Midrange Snapdragon 636 dipadu RAM 4/6GB Internal Memory 64GB, Android Oreo, serta bodi aluminium dengan kaca di bagian depan.

Sedangkan Zenfone 5z yang juga pakai Notch itu punya CPU Snapdragon 845 diklaim lebih powerful namun tetap efisien, baterai 3300 mAh didukung fitur pengisian daya cepat, fast charging (Support Qualcomm Quick Charge Versi 3.0) dan RAM 8GB.

Kekecewaan datang dari fanboy Asus seakan bertanya-tanya kenapa kini vendor favorit mereka mengikuti apa yang dilakukan Apple dengan menerapkan poni.

#2. Huawei P20, P20 Pro, dan P20 Lite 

Tidak tanggung-tanggung untuk mengobati rasa kecewa terhadap penjualan P10 series tahun lalu, Huawei langsung merilis tiga seri P20 sekaligus di awal 2018.

HP Huawei P20 Pro Lite Notch Homescreen

Peluncuran Huawei P20 series dilakukan di kota Paris, Prancis disaat yang bersamaan dengan perilisan rival senegaranya, Xiaomi Mi Mix 2s di Shanghai.

Huawei menempatkan poni atau Notch di semua ponsel seri P20 kali ini mirip seperti apa yang dipakai iPhone X, dengan beberapa fungsi seperti penempatan sensor proximity, serta kamera depan.

Mereka juga merilis HP Huawei Nova 3e dengan layar berponi. Namun khusus seri ini nampaknya mengincar pasar mid-range.

#3. Oppo R15 dan Oppo F7 

Raksasa Tiongkok, merilis duo smartphone baru awal tahun dengan nama model R15 dan F7 yang masing-masing mempunyai jidat berponi aka Notch.

Dengan julukan "New Selfie Expert" Oppo F7 sudah dipastikan akan dirilis dan dijual resmi di Indonesia dengan harga yang masih abu-abu.
Berbeda seperti sebelumnya, nampaknya Oppo telah berniat menggarap seri R ke Indonesia, layaknya R11 yang tahun lalu tidak dibawa ke tanah air.
Dalam bocorannya di TENAA, Oppo R15 terdapat dua varian. Pertama mengusung chipset Snapdragon 660 dan kedua versi Mediatek Helio P60 paling anyar.

Oppo F7 mengusung ukuran layar 6,2 inch Full HD panel IPS dengan rasio 19:9 dan kamera depan resolusi 25 MP untuk hasil selfie yang maksimal.

Fitur terbaru yang ditawarkan beberapa diantaranya AR Stickers, Real-tile HDR, dan Beauty Mode+ bisa bikin wajah Anda jadi lebih mengkilap.

#4. Vivo V9 

Mirip seperti Oppo F7, kini Vivo V9 hadir juga mengandalkan fitur utama kamera depan dengan slogan "Perfect Selfie".

Vivo V9 Design Screen Notch

Bedanya Vivo V9 punya resolusi kamera 1MP lebih kecil daripada F7, yakni 24 MP. Dengan desain kekinian pakai poni di bagian atas layar.

V9 diusung panel layar berjenis AMOLED, RAM 4GB, ROM 64GB dan dibanderol $349 atau setara Rp 4,999,999 di sebuah Marketplace Indonesia.

#5. OnePlus 6 

Alih-alih menjadi suksesor 5T yang tetap berbeda dari merek lain, OnePlus 6 dipastikan dirilis dengan layar berponi atau Notch.

Banyak penggemar OnePlus kecewa atas keputusan vendor mendesain layar pakai notch.

Detail lebih lengkap, One Plus 6 akan diusung chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 845, punya memori RAM 8GB, serta dua pilihan internal storage 64GB / 128GB.

#6. Leagoo S9 

Dengan desain mirip iPhone X, dan nama serupa Samsung Galaxy S9, Leagoo bangga jadi pelopor pertama ponsel Android yang pakai poni seperti notch di iPhone X.

Smartphone Leagoo S9 menggunakan panel layar OGS beresolusi 1512x720 piksel, chipset MediaTek MT6750, RAM 4GB dan Internal Storage 32GB yang masih bisa diperluas pakai Micro SD Card.

#7. LG G7 

Alih-alih tetap inovatif dan memiliki gaya sendiri, LG ternyata tidak seperti dulu lagi. Kini mereka bakal merilis varian G7 sebagai penerus G6.

Pada layar LG G7 juga bakal disematkan sebuah Notch di atas layar. Selain berguna untuk menempatkan sebuah sensor, poni tersebut juga berfungsi sebagai tempat kamera depan yang beresolusi 8 MP.

Namun terdapat penurunan dari segi baterai. Jika di LG G6 kapasitasnya 3300 mAh, di G7 batrenya 3000 mAh dan tetap didukung fitur fast charging (Support Quick Charge 3.0 / 50% in 30 min).

Menurut rencana, LG Mobile Indonesia akan resmi bawa G7 ke tanah air usai peluncurannya di Korea Selatan beberapa waktu mendatang.

#8. Xiaomi Mi 7

Bukan hal baru bila Xiaomi meniru gaya Apple, sebelumnya desain Redmi Note 5 Pro bagian kamera seperti iPhone X. Dan kini mereka menyiapkan tipe Mi 7 dengan Notch di layar.

HP Xiaomi Mi 7 Layar Notch

Xiaomi Mi 7 dipastikan meluncur April 2018 usai perilisan Mi Mix 2s yang lebih dulu launching akhir Maret mendatang di Shanghai.

Rumor menyebut, pihak Xiaomi Indonesia akhirnya akan membawa seri flagship mereka secara resmi ke tanah air atas banyaknya permintaan Mi-Fans.

Ke depannya Xiaomi menyiapkan seri Redmi harga murah dengan layar berponi secara resmi di Indonesia.

Kesimpulannya

Seperti pada siklusnya, desain layar Notch mulanya memang diperuntukkan ponsel Flagship namun kelamaan HP murah dan terjangkau sejutaan juga bukan tak mungkin ada yang ikut kebagian hanya tinggal menunggu waktu jika melihat tren dual kamera dan FullView Display yang sudah lebih dulu terjadi.

Itulah 17 HP Android dengan Notch di Layar, poni memang tak disukai semua orang karena banyak dianggap cukup mengganggu atau mungkin belum terbiasa.