19 Tips dan Trik Rahasia Main PUBG Mobile Agar Selalu Menang

Tips dan Trik Rahasia Main PUBG Mobile Agar Selalu Menang - Permainan dengan genre Battle Royale memang sedang digemari oleh pecinta games di tanah air bahkan seluruh dunia. Kita sudah disuguhi bagaimana apiknya games Rules of Survival serta Free Fire: Battleground. Kini Tencent membawa PUBG Mobile ke Google Play Store untuk Android, setelah sukses dengan versi PC.

Cara Selalu Menang PUBG Mobile Mudah

Karena di-game ini pengguna diwajibkan agar lebih kuat dari player lain dalam sebuah pertempuran dahsyat. Berusaha jadi yang paling kuat dan mempunyai statistik tempur paling bagus daripada pemain lain.

Apa Itu PUBG Mobile? 

PUBG Mobile adalah singkatan dari Player Unknown's Battleground Mobile sebuah permainan dengan alur Battle Royale (Pertempuran) yang terdapat dalam dua varian yakni versi Quantum oleh developers Tencent Games dan PUBG Mobile Timi atas pengembangan dari Timi Studios, tidak ada perbedaan signifikan dari keduanya. 

Mulai dari karakter yang ada dalam game, sampai seluruh objek di peta (map) sama dengan versi PC / Laptop. 
Grafis dari PUBG Mobile sangat epik dan menakjubkan. Pemain dibuat kagum meski memang terbilang cukup berat karena membutuhkan spesifikasi HP yang sepadan. 
Konsep bermain bagi pemula yang belum tahu: Game ini sejak awal membawa kurang lebih 100 pemain saling melawan satu sama lainnya. Dengan pemain pamungkas atau yang terakhir.

Kamu harus terus bertahan dari serangan lawan.

PUBG Mobile iOS GamePlay grafik.png
PUBG Mobile Gameplay on iOS
Wajar apabila game ini ditunggu banyak pengguna ponsel dan begitu hadir langsung disambut meriah. Sebab selama ini permainan seperti Mobile Legends yang mengadopsi genre Moba dari DotA di PC juga laku keras. 

Untuk yang terbiasa main di PC / Laptop mungkin sudah paham betul bagaimana cara bermain game PUBG dengan baik biar menang terus. 

Tips dan Trik Rahasia Main PUBG Mobile Selalu Menang

Ada sedikit tips main PUBG Mobile supaya tidak menghabiskan banyak waktu kalah dalam pertempuran Battleground (Survival Time banyak).

Koneksi Internet Lancar

Karena permainan PUBG Mobile berjenis game online dengan banyak multiplayer dari berbagai penjuru dunia. Maka Anda harus siapkan koneksi atau jaringan internet yang cepat atau minimal stabil dan lancar sudah cukup biar nggak ngelag. 

Contoh kendala di gambar berikut menampilkan error akibat koneksi internet yang tidak stabil. Masalah klasik ini sering dialami gamers tanah air.

Koneksi Main PUBG Mobile Error Android.png

"Internet Error. Please check your network and try again. Error code..."

Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile 

Banyaknya permasalahan dialami pengguna sejak game ini dirilis. Mulai dari koneksi bermasalah, walau sebenarnya normal. Hingga grafis yang macet atau lag meski pakai ponsel dengan spesifikasi canggih. 

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan supaya tidak ngelag ketika bermain PUBGM. 

1. Set Grafik Low 

Salah satu alasan kenapa terjadi lagging pada game PUBG Mobile karena dapur pacu pada ponsel bisa jadi kurang mendukung. 
Ini berlaku namun tidak terbatas pada aspek tertentu seperti: Chipset, GPU Prosesor, RAM, Storage Space, dan lainnya. 
Nah, untuk mengubah grafis jadi rendah silakan masuk ke Setting - pilih Graphics - klik Low

Graphics Low PUBG Games

Fungsinya agar menyesuaikan kinerja HP dan lebih lancar / smooth dan mengurangi terjadinya lag. Kekurangannya memang gambar jadi kurang jelas apabila dibandingkan Set Medium atau High.

Kami tidak menyarankan penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti "Game Booster". Berdasarkan pengalaman sama sekali tidak ada perubahan, justru menambah masalah pada kinerja RAM dan membuat baterai cepat habis dari biasanya. 

2. Pakai Config Game PUBG Mobile 

Konfigurasi atau biasa disebut Config oleh pengguna di media sosial merupakan sebuah file format HTML hasil racikan sejumlah pihak. 

Contoh config bisa lihat gambar berikut. 

Config PUBG Mobile Android
Config PUBG Mobile Android

Cara Menggunakan Config PUBG Mobile Android 

  1. Masuk ke grup media sosial PUBG Mobile biasanya Facebook. 
  2. Di grup akan banyak berserakan file config kamu bisa mendapatkan gratis. 
  3. Cari yang sesuai dengan chipset dan spesifikasi HP kamu. 
  4. Berbeda spek, beda pula isi config demi memuluskan grafik. 
Karena tidak semua config bisa kompitabel dengan Smartphone. Maka sesuaikanlah dan cari file configurasi berdasarkan CPU atau GPU HP kamu.

Main di PC 

Lho kan PUBG Mobile buat Android kok malah suruh main di PC? Betul, memang khusus ponsel. Tapi bukan berarti tidak bisa dimainkan di Laptop atau Komputer. 
Selama masih ada emulator Android untuk Windows, pasti akan tetap ada banyak cara. Ingat ini hanya langkah alternatif buat kamu yang terbiasa main PUBG di PC tapi tetap ingin main versi Mobile di Laptop. 
Keuntungan main PUBG Mobile di PC kamu bisa lebih leluasa mengendalikan karakter dalam permainan.

Namun sebelum lanjut main, pastikan PC atau Laptop Anda telah memenuhi standar syarat minimum. Sedangkan rekomendasinya sebagai berikut:
  1. Windows Vista, 7, 8, 10 
  2. Support OpenGL 2.0 atau lebih tinggi 
  3. Multiple Core CPU Processors yang dukung teknologi VT-X atau AMD-V Virtualization
  4. 4GB RAM 
  5. 2GB Disk Space Available 
  6. Internet Stabil
Di sini kita menggunakan metode dalam aplikasi NoxPlayer. Silakan cari dan dapatkan aplikasi Nox Player lewat Google karena saya tidak menyimpan tautan ke situsnya saat menginstall. 

NoxPlayer memang cocok buat semua jenis game Android yang bisa dimainin di PC dengan lancar tanpa macet atau ngelag. 

Kami anggap Anda sudah punya aplikasinya, kemudian buka Play Store lewat NoxPlayer di PC lalu ketik dan cari game "PUBG Mobile". 

PUBG Mobile di PC NoxPlayer.png


Setelah diinstall terus buka gamenya. Tunggulah beberapa menit sampai muncul pilihan Main. Bisa menggunakan akun Facebook atau sebagai Guest (tamu, tanpa account), saran kami pakai FB saja.

Kini kamu bisa main PUBG Mobile dengan metode yang dipakai emulator NoxPlayer. Tapi sebelumnya kamu harus lakukan setting atau pengaturan tombol-tombol permainan yang jelas berbeda dengan di Android. Aturlah sebagai berikut:
  1. Mengontrol gerakan karakter lakukan pengaturan pada tombol keyboard A-W-D-S
  2. Mengatur pandangan, bisa ubah keyboard V. Saat huruf V ditekan maka tampilan kursor mouse bakal hilang, dan Anda bisa memandang lebih luas situasi dan kondisi di sekitar. Dan tekan V lagi untuk menonaktifkannya
  3. Untuk menambahkan perintah "Fire", klik mouse kiri. Mode Zoom in-out tinggal klik kanan pada mouse. 

Mengelola Inventory 

Terdapat ransel berisi perlengakapan terbaik di Battlegrounds, namun itu semua terbatas dalam hal membawa equipment. Tapi kalau soal Energy Drink dan Ammo Box bisa dimasukkan lebih banyak daripada yang lainnya. 

Inventory PUBG.png

Nah, dari sini kamu harus teliti mana yang harus dibawa dan tidak diambil. Siapkan semua peralatan yang kamu anggap penting dan berguna selama berjuang di medan pertempuran. 

Tenang saja, kamu bisa buka bagian inventory pada karakter dengan menekan tombol Tab. Namun yang harus dipahami saat mengotak-atik pilihan menu. Layar Inventory bakal memunculkan tiga slot equipment, dan sebuah ruang slot untuk armor.  

Jadi telitilah dan pilihlah barang yang akan dimasukan ke dalam inventory, setidaknya prioritaskan barang dasar untuk tempur. Kalau kamu butuh amunisi cukup banyak dan di sisi lain juga ingin membawa bandages dengan jumlah yang banyak, itu hanya akan bisa memulihkan 75% daripada spawn. 

Situasional

Kalau kamu sebelumnya pernah bermain Point Blank maka tidak asing dengan kesadaran kondisional dan situasi. 

Dalam PUBG Mobile pun demikian adanya, pulau yang sangat luas membuat kamu berlari seakan pergi jauh mengelilinginya namun tidak kunjung bertemu dengan pemain lain yang menjadi lawan. 

PUBG Mobile Gameplay Samsung Xiaomi HP.png

Pahami situasi, lebih baik kita yang melihat lawan sebelum pemain lain menemui kita. Di PUBG, suara tembbakan yang kamu gencarkan akan terdengar dengan jarak yang cukup jauh, jadi ada kemungkinan pemain lain mendengarnya. 

Bahkan ketika membawa kendaraan dan berjalan kaki dalam game, suara akan terdengar cukup jelas dan seakan memberitahu keberadaan posisi kamu. 

Disarankan pakai headset atau headphone yang benar-benar bisa menangkap suara dengan lebih detail. Khususnya berjenis Wrap-Around dan didukung suara Stereo. 

Aset atau faktor penting dalam game PUBG Mobile bukan equipment apalagi senjatta, tapi ketelitian dan kepekaan terhadap suara. 

Waspadai Red Circle 

Biasanya kamu bakal menemui lingkaran berwarna merah muncul di map atau peta. Jika demikian, itu artinya sebuah peringatan kalau kamu sudah memasuki area yang terancam. 

Red Circle PUBG Mobile.png

Bahkan setelah beberapa detik kamu mendatangi wilayah Red Circle, bisa jadi ada b0m yang meledak di sekitar daerah berlingkaran merah tersebut.

Rekomendasi Spesifikasi HP yang Cocok buat Main PUBG Mobile 

Karena game ini memiliki grafis yang detail bahkan ukurannya saja hampir 700 MB. Tidak disarankan pakai HP Android dengan Notch di Layar karena cukup menganggu.

Dibutuhkan spesifikasi Smartphone yang cocok dan mendukung agar permainan lebih lancar, dan saran kami sebagai berikut: 
  1. Minimal chipset Snapdragon seri 6xx or up atau MediaTek Helio Pxx or up atau HiSilicon Kirin 6xx or up / Exynoss 7xxx or up.
  2. Layar minimal 5,5 inch (lebih leluasa)
  3. Baterai setidaknya 3000 mAh (biar nggak lowbat saat main)
  4. Minimum 3GB RAM Memory 
  5. Internal Storage 32GB (min 1GB Space Available)
Demikianlah ya 19 Tips dan Trik Rahasia Main PUBG Mobile Agar Selalu Menang yang bisa kamu terapkan kalau lagi mau saja.