Bongkar Fakta AKB48 Team SH Saingan SNH48 di Shanghai China

SNH48 nampaknya bakal menemui direct rival mereka di kota Shanghai yang kali ini diberi nama AKB48 Team SH notabenenya bentukan AKS dari Jepang demi kuasai daratan China.

AKB48 Team SH Shanghai Members

Menurut lansiran situs resmi, AKB48 Team SH telah membuka pendaftaran audisi anggota generasi pertama. Pencarian member tersebut sudah dimulai pada Selasa (10/4).

Awal Konflik

AKS dan Siba STAR48 – manajemen yang menaungi SNH48 – memang sempat bersitegang dua tahun lalu kala pembelian royalti yang berbuah salah paham.

Tim AKS awalnya mengira purchased royalty yang dilakukan oleh pihak Siba tak akan berdampak hingga pembentukan sister group baru bernama BEJ48, GNZ48, SHY48, hingga CKG48.

Tak sampai disitu, Siba melakukan perilisan single sampai setlist theater berisi lagu-lagu original. AKS menuding mereka telah melanggar perjanjian terkait hal tersebut.

Namun pihak Siba bersikeras apa yang mereka bayar triliunan itu adalah tuntas mengenai hak cipta secara keseluruhan.

Jadi Siba merasa punya hak untuk menjadi AKS versi Jepang yakni mendirikan grup baru sekaligus merilis single, lagu-lagu teater original dan konsep umum lainnya yang diterapkan oleh AKB48.

Tak lama, AKS menyatakan bahwa SNH48 dan group cecunguknya bukan lagi bagian dari AKB48. Disini keduanya lebih memanas.

Peristiwa saling sindir pun terjadi, paling menggigit ketika SNH48 mempromosikan ajang Senbatsu Sousenkyo di sekitaran Akihabara menggunakan truk promosi.

AKB48 Team SH

Sebagai pengusung konsep "Idol You Can Meet", AKS memang dikenal telah mendirikan banyak idol group. Ekspansi awal dan kesuksesan di Jakarta (JKT48) menjadi tolak ukur betapa agresifnya mereka dalam lima tahun terakhir.

Setelah Jakarta, giliran Bangkok (BNK48), Taipei (TPE48), Manila (MNL48), hingga yang paling anyar Mumbai (MUM48) notabenenya juga sudah menggelar audisi pencarian anggota.

AKB48 China Team SH BJ GZ SY Logo.png

Audisi member generasi pertama sejatinya dilakukan akhir Desember 2017, namun saat itu tidak ada kabar lanjutan. Bahkan belum memiliki nama dan media sosial Weibo resmi AKB48 Team SH di China tak kunjung aktif.

Proyek ini digadang-gadang bakal menjadi tandingan grup milik Siba. Bahkan selain Team SH rencananya AKS juga bakal membentuk AKB48 Team B-J di Beijing sebagai perlawanan terhadap BEJ48.

Selain Team SH dan B-J, ada juga nanti Team SY (Shenyang) dan GZ (Guangzhou). Keempat nama itu telah sah didaftarkan secara hukum oleh AKS pada pertengahan 2017 silam.

Menurut lansiran media Tiongkok, Sina Media Entertainment mengatakan pihak AKS padahal sudah bersiap membuat grup tandingan.

Meski berbau konflik antar-perusahaan, didirikannya AKB48 Team SH sebagai langkah untuk memperkuat hubungan diplomatik China dengan Jepang.

Dalam pernyataan lewat blog resmi, AKB48 menegaskan bahwa "Team SH merupakan idol group yang resmi di bawah naungan AKS dan AKB." Sebuah Bold-statement berbau sindiran terhadap SNH48 Group dan Siba.

Walau berbasis di Shanghai, audisi Team SH AKB48 in China juga digelar di beberapa kota lain seperti Chengdu, Guangzhou, Beijing, dan Wuhan.

Partisipan yang terpilih dan berhasil lolos akan kumpul di kota Shanghai untuk melewati tahap tes, wawancara, pelatihan menari dan vokal oleh para Sensei yang dibawa dari Jepang.

Detail Audisi 

Sebagai grup saudari AKB48 yang baru di Shanghai, China, penggunaan nama Team SH diiringi dengan gelaran audisi member generasi pertama.

Lewat situs resmi, beberapa syarat, kriteria dan ketentuan telah dirilis bagi para gadis Tiongkok yang ingin berpartisipasi diantaranya:

  1. Peserta harus berusia minimal 16 tahun dan maksimal 23 th. 
  2. Peserta tidak dalam kontrak agensi atau perusahaan mana pun di industri hiburan. 
  3. Tidak memiliki pengalaman di dunia entertainment? Tak masalah. 
  4. Apabila dinyatakan lolos harus bersedia mengikuti pelatihan yang telah ditentukan dan menetap di Shanghai kemudian tanda tangan kontrak jangka panjang. 
  5. Mereka yang berusia di bawah 18 tahun wajib mendapatkan persetujuan wali. 

Formulir pendaftaran secara online juga sudah dibuka sejak beberapa hari yang lalu via website resmi AKB48 in China Audition.

Sebelumnya beredar rumor di media sosial bahwa peserta dimintai dana demi mengikuti audisi ini. Namun akhirnya dibantah oleh manajemen.

"Pendaftaran audisi ini gratis dan tanpa dipungut biaya apapun. Peserta tidak diperbolehkan registrasi lebih dari sekali." tulis situs resmi.

Dalam cantumannya, mereka meminta peserta untuk menyertakan foto diri, video berdurasi maksimal 20 detik tanpa editan seperti filter, mode cantik, dan lainnya. Lolos atau tidaknya mereka akan diberitahukan lewat email dan telepon paling lambat akhir Mei 2018. 

Setelah lolos, pada tahap berikutnya peserta bakal menjalani proses wawancara yang dilakukan di kota Shanghai, Wuhan, Beijing, Guangzhou, Chengdu dan Shenyang. Setelah proses wawancara, pelamar tinggal menunggu lolos atau tidaknya di bulan Juni 2018.

AKB48 Team SH merupakan saingan langsung SNH48 lebih khusus dalam dunia hiburan di Shanghai, China. AKS tidak ingin membiarkan Siba nyaman memonopoli bisnisnya.
Bongkar Fakta AKB48 Team SH Saingan SNH48 di Shanghai China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun