Apa Itu Nintendo Switch Online dan Cara Menggunakannya

Bagi kamu pemilik game console revolusioner Nintendo Switch bersiaplah karena perusahaan multinasional itu mempersiapkan sesuatu yang istimewa yaitu fitur online yang selama ini ditunggu penggunanya demi menyaingi Sony PlayStation 4 dan Microsoft Xbox One.

Penjelasan Nintendo Switch Online

Penjelasan Apa Itu Nintendo Switch Online? 

Nintendo Switch Online adalah layanan premium dan berbayar yang memungkinkan pengguna mengakses video-game yang kompatibel lalu bermain secara online, permainan pilihan editor NES telah disediakan serta fitur ekstra pada aplikasi smartphone.

Beberapa fitur yang bisa Anda nikmati di Nintendo Switch Online adalah sebagai berikut:

➜ Online Play: Anda bisa bertarung dan bermain bersama secara online dengan pemain lainnya di seluruh dunia. Namun Anda hanya dapat memainkan gim yang kompatibel untuk online seperti Splatoon 2, ARMS, Mario Kart 8 Deluxe, Mario Tennis Aces, Sushi Striker The Way of Sushido ke depannya akan bertambah.

➜ NES Switch Online: Nikmatilah 20 game dari NES yang bakal ditambahkan fitur online untuk pertama kalinya dalam sejarah dan Anda bisa menikmati game baru secara reguler.

➜ Simpan dan Cadangkan Data: Dalam Nintendo Switch Online, Anda bisa menikmati layanan Save Data Cloud Backup. Dengan maksud agar progres data dalam game yang Anda mainkan bisa disimpan secara online dengan mudah serta praktis.

➜ Smartphone App: Kalau Anda berlangganan Nintendo Switch Online dan memiliki akun, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus yang disediakan Nintendo jadi Anda dapat login kemudian pantau kabar dan berita menarik tentang apa saja yang baru dari Switch serta gamesnya.

Penawaran Spesial: Mirip seperti PlayStation Plus, sebagai pemilik akun premium dan berbayar Anda akan dimanjakan Special Offers yang berisi berita menarik, layanan serta fitur dan game diskon pembelian hingga yang gratis setiap bulannya.

Kalian dapat berkomunikasi secara langsung dengan pemain lain menggunakan Voice Chat ketika bermain game secara online.

Nintendo juga mengupayakan agar fitur online secepatnya menarik minat developer game untuk membuat game di Switch serta mendukung layanan online.

Wah kalau saya tidak langganan bagaimana? Apakah tetap bisa main game online di Nintendo Switch? Jawabannya, bisa. Detail baca artikel ini sampai habis.

Harga Berlangganan Nintendo Switch Online 

Ada dua jenis layanan premium berbayar yang disediakan Nintendo Switch Online yakni Individual Membership dan Family Membership. Dengan rincian biaya:

Individual Membership 

  • 1 Bulan: $3,99 
  • 3 Bulan: $7,99 
  • 12 Bulan: $19,99 

Family Membership: 

  • 12 Bulan: $34,99 
Harga Berlangganan Nintendo Switch Online biaya pricing plans.png


Apa bedanya? 
Perbedaan terdapat pada: Individual Membership satu akun Nintendo hanya untuk per-orang yang online, sedangkan Family Membership Anda bisa menggunakan akun Nintendo yang memungkinkan untuk mengundang maksimal 8 orang lainnya dalam family group agar dapat mengakses serta menikmati layanan premium termasuk Switch Online.

Dengan catatan: Pemilik akun Family Membership harus berusia setidaknya 18 tahun serta memiliki kartu kredit atau PayPal yang dapat terhubung ke akun Nintendo melalui eShop.

Cara Menggunakannya? 

Agar dapat menikmati layanan online dan beberapa fitur premium, Anda harus membayar biaya berlangganan melalui Nintendo eShop atau Switch systems. Di beberapa negara bisa bayar lewat retail offline mirip seperti voucher PlayStation Plus.

Q: Kalau saya punya dua perangkat Nintendo Switch dan mau online, apakah harus berlangganan masing-masing keduanya? 
A: Tidak, Nintendo Switch Online dapat digunakan di perangkat manapun yang terhubung dengan akun premium Nintendo.

Q: Jika saya langganan Individual Membership, dapatkah akun pengguna lainnya di dalam satu perangkat Nintendo Switch menikmati layanan online? 
A: Individual Membership hanya bisa digunakan di satu akun Nintendo yang tercatat membayar untuk berlangganan akun premium. Tapi, Anda bisa berbagi fitur yang terdapat di seluruh Nintendo Switch Online dengan berlangganan Family Membership (maksimal 8 user).

Q: Bagaimana cara membuat Family Group di Nintendo Switch? 
A: Mulai Mei 2018, Anda sudah bisa membuat akun Nintedo Family Group melalui akun Nintendo Anda di bagian pengaturan / settings. Dan Anda dapat menambahkan 7 akun lainnya agar dimasukkan ke dalam Family Group.

Q: Kalau misalnya ada teman saya masih dibawah 18 tahun bisakah dimasukkan ke dalam Family Group Membership? 
A: Bisa, setiap akun Nintendo yang dimasukkan ke dalam Family Membership dapat menikmati fitur premium. Namun orang tua tetap disarankan mengawasi penggunaan game online. Pembatasan dalam aplikasi Nintendo Online Service pada Smartphone adalah tanggung jawab Anda.

Q: Apakah Fitur Nintendo Switch Online Bisa Dinikmati di Wii U dan 3DS? 
A: Tidak bisa, layanan ini mutlak hanya untuk sistem perangkat Nintendo Switch.

Q: Apabila saya tidak berlangganan Nintendo Switch Online, apakah perangkat Switch saya dapat menikmati fitur online? 
A: Ya, fitur online termasuk Nintendo eShop, Registrasi Pertemanan, manajemen perangkat, serta berbagi hasil screenshot ke media sosial, sampai update software. Namun tentu saja yang premium akan mendapatkan hak-hak istimewa seperti penyimpanan data cloud.

"Dengan ditambahnya fitur main online ke game lawas dan klasik, Anda kini dapat bersaing dan berkompetisi bersama teman secara langsung, membagikan pencapaian Anda ke media sosial serta berkomunikasi melalui fitur Voice Chat di aplikasi Nintendo Switch pada Smartphone."

Situs Kotaku melansir, ini menjadi ancaman serius bagi Sony yang bersiap merilis PlayStation 5 sekaligus Microsoft yang ingin menambahkan fitur Live di Xbox.

Itulah pengertian Apa Itu Nintendo Switch Online serta cara menggunakannya. Bagi yang mengalami masalah mengenai pembayaran saat akan berlangganan akun premium Anda bisa menghubungi tim support lewat laman kontak di situs resmi.