Tentang Sony PS5: Harga Spesifikasi dan Kapan Jadwal Rilis?

Jadwal Kapan Tanggal Rilis, Bocoran Spesifikasi dan Kelebihan yang dijanjikan Sony untuk PS5 - Agaknya terlalu berlebihan kalau bicarakan game console PlayStation 5 di tahun 2018 ini disaat PS4 sedang hangatnya mengucurkan profit bagi Sony dan menantikan beberapa game unggulan seperti Red Dead Redemption 2 untuk dirilis dalam waktu dekat.

PS4 Fat White Controller with BD Games PlayStation
Sony PlayStation 4 Fat White
Jika Anda bertanya-tanya kapan PS5 bakal dirilis, apa kelebihan dan se-powerful bagaimana PlayStation 5 nantinya. Kami merangkum dari berbagai sumber mulai pengamat game, analisis pasar elektronik, sampai beberapa situs pembocor yang punya reputasi terpercaya dalam beberapa bahasa telah kami terjemahkan.

Kenapa belakangan rumor seperti ini begitu menyeruak? Mungkin melihat dari sejarah bagaimana Sony setidaknya 6-7 tahun sekali memperbarui Next-Gen Console.

Detail perinciannya memang belum ada yang mengejutkan. Maklum, sepanjang 2018 ini Sony masih akan memanjakan para pemilik console PS4 dengan menghadirkan beberapa kejutan lain seperti game terbaru sampai fitur tak terduga.

Kapan Realistisnya?

Bila melihat dari track-record Sony merilis satu gaming console utama mereka ke yang lainnya maka ada gap atau jarak sekitar minimal 6 tahun.
  • Original PlayStation / PS1 / PSOne: 1994 (Amerika Utara)
  • PS2: 2000 (Jepang)
  • PS3: 2006 (Global)
  • PS4: 2013 (Amerika)
  • PS5: Rumor 2020 / 2021 ideal & realistisnya.
Dengan asumsi per kuartal kedua 2018 ini Sony sedang dalam tahap proses, riset dan mengembangkan PS5, lalu kapan idealnya PlayStation 5 bakal dirilis?

Mengutip dari ucapan seorang analisis industri perangkat ternama Michael Pachter, dia mengklaim PS5 paling cepat rilis tahun 2020 dan paling ideal 2021. (Pachter awalnya mengatakan 2019, namun ia merevisi ucapannya).

Teori adalah teori, tapi selalu menarik memantau prediksi yang diucapkan para analisis industri seperti Michael sebab reputasi prediksinya beberapa tahun belakangan selalu tepat.

"Perkiraan tahun 2019 adalah paling cepat bagi Sony buat merilis console game PlayStation generasi berikutnya mengingat posisi PS4 saat ini cukup kuat dari pesaing (Nintendo Switch & Xbox One X), tapi 2020 jauh lebih masuk akal." kata Michael Pachter.

Pachter sembari menambahkan bahwa ia memprediksi PS4 Pro yang sudah lebih powerful dan telah mendukung resolusi 4K tersebut adalah rilisan terakhir Sony untuk seri PS4 setelah Original PS4 Fat dan PS4 Slim.

Sony PS4 Pro DualShock 4 PlayStation

"Kami juga harus menunggu dan melihat situasi tahun depan, jika Sony masih nyaman mengungguli pesaingnya di 2019 maka 2021 adalah paling ideal buat rilis PS5. Just wait and see." tambah Pachter.

Beberapa situs pengulas game seperti Kotaku, IGN, dan GameSpot juga mewawancarai sejumlah analisis, pengamat sampai leakers. Hasilnya tidak jauh berbeda dari apa yang diucapkan Michael Pachter. Mereka semua memprediksi PS5 atau Xbox generasi selanjutnya tidak ada di 2018, peluang 15% di 2019 dan realistisnya bisa jadi 2020.

Sedangkan bocoran dari situs leakers Jepang (Jiin115 dot com) melansir bahwa Sony mulai memproduksi massal chip yang disiapkan untuk PS5.

"Masalahnya, baik Sony dan Microsoft kini sangat waspada akan perilisan PS5 maupun Xbox. Kedua pihak memantau satu sama lain." lanjut Pachter. .

Sementara website GamingBolt dan ComicBook akhir April kemarin menuliskan bahwa perusahaan chip yang dipercaya Sony untuk PlayStation 5 telah bekerja secara massal demi produksi PS5 lebih cepat.

Chip yang digunakan dari perusahaan teknologi asal Taiwan dengan sistem fabrikasi 7nm buat hardware lebih powerful namun semakin hemat daya, sejauh artikel ini diterbitkan bahkan belum ada prosesor Smartphone mahal sekalipun yang pakai fabrikasi 7 nanometer, paling mentok baru 14nm. Akankah PlayStation 5 jadi yang pertama? Dengan harapan besar chip yang dipakai Sony bisa menyetarakan spesifikasi PS5 seperti next-gen PC Gaming.

PS4 Masih Profitable

Jika kami boleh menaruh prediksi, maka PS5 akan dirilis pada kuartal ke-4 tahun 2020 atau tepat 7 tahun setelah PS4 rilis. Tentu bukan tanpa alasan karena selama ini Sony selalu merilis game console di Q4 pada tahun perilisan.

Bila Sony memutuskan rilis PS5 lebih cepat dari prediksi kami (Q4 2020) maka akan jadi surprise besar, jika lebih lama dari itu masih dianggap wajar dan normal. Sebab Research and Development (R&D) yang dilakukan perusahaan sebesar Sony tidak pernah main-main dan hasilnya selalu terbilang inovatif.

November 2020 jadi waktu yang ideal bagi Sony mengeluarkan PS5 dengan pertimbangan Microsoft ikutan juga keluarin Xbox terbaru andalannya.

Jadi untuk menjawab beberapa pertanyaan:

➜ Apakah PS5 bakal rilis tahun 2018? TIDAK. Kecuali Sony menyimpan kejutan besar. Namun tampaknya PlayStation 5 belum akan diluncurkan kali ini.

➜ Bagaimana dengan 2019? MUNGKIN. Walau saat ini Sony sedang melakukan proses penelitian dan pengembangan (R&D), namun akhir tahun 2019 nampaknya paling cepat.

➜ Kalau 2020? Inilah saat dimana paling tepat dan memungkinkan. Sony bisa saja bikin kejutan dengan merilis lebih awal, tapi tahun 2020 rasanya paling realistis mengingat posisi penjualan PS4 masih cukup kuat sekarang dan terus meningkat secara masif dalam beberapa bulan belakangan.
Lonjakan pengguna terdaftar di PlayStation Network (PSN) sejak era PS4 juga bertambah lebih dari 60% dibanding saat era PS3 dulu.
Ditambah PS4 yang masih berjalan mulus tanpa adanya masalah rusak hardware maupun software kesalahan pabrik seperti kasus YLOD di PS3 yang menggemparkan dunia gaming-console dan membuat pelanggan Sony beralih ke Xbox 360.

Pergerakan para pesaing juga pasti akan mempengaruhi kinerja Sony. Bagaimana Microsoft dengan Xbox dan perangkat Nintendo yang kini juga jadi idaman gamers setelah meluncurkan Nintendo Switch Online.

PS5 PlayStation Xbox Two Gameplay.png

Bila ada keajaiban yang membuat popularitas Xbox dan Nintendo tiba-tiba menanjak mengalahkan PlayStation, maka PS5 kemungkinan besar dirilis lebih cepat.

Laporan dari ekspert media online Semiaccurate adalah satu-satunya media yang memprediksi bahwa Sony bakal merilis PS5 akhir tahun 2018. Sementara ini tampaknya agak tidak masuk akal mengingat kekuatan PS4 sekarang dan semua pakar industri lainnya percaya bahwa PlayStation V akan tiba tidak lebih awal dari 2018, ini tentu saja prospek yang menggiurkan.

Gampangnya gini, lihat gerak-gerik Sony sepanjang kuartal ketiga 2018 nanti jika tidak ada indikasi apapun dari perusahaan asal Jepang itu mengenai next-gen console maka PS5 tidak dirilis tahun ini.

Wccf Tech juga mewawancari Pachter dan kawan-kawannya. Katanya 25% PS5 tahun 2019 dirilis, 75% di 2020.

Begitu juga situs Kotaku yang berdasarkan reputasi punya narasumber paling akurat melansir bahwa kapan kemungkinan tanggal rilis PS5, 2018 mustahil, 2019 jangan berharap banyak, 2020 paling masuk akal.

Digital Foundry baru-baru ini mengunggah sebuah video analisis mengenai Sony PS5 membahas tentang perilisan, kinerja, spesifikasi serta harga yang kemungkinan dibawah PS4 PRO. Pihak DF juga meyakini tahun ini belum ada next-gen console.

Jagat console dibuat heboh lagi semenjak kabar mengenai penjualan PS4 justru membuat frustrasi. Sony ingin setidaknya target 160 juta unit PlayStation 4 terjual sebelum PS5 dirilis, atau melebihi rekor PS2 yang berhasil dijual sebanyak 157 juta perangkat selama 14 tahun kiprahnya.

Hasilnya, Sony gencar melakukan penjualan pakai sistem bundling game populer dengan banderol harga diturunkan sedikit untuk mencapai target penjualan PS4 sebanyak 160 juta unit lebih cepat pada kuartal keempat 2018 nanti.

Seorang video-game tipster bernama Marcus Sellars membocorkan Sony sudah mulai bekerja dengan pengembang pihak ketiga (Third-Party Developers) per awal 2018 yang terlibat mengenai rancangan PS5.

Marcus pun membuat rumor ini semakin panas. Jika apa yang dinyatakan Sellars benar adanya, maka akhir 2019 Sony bisa merilis PS5.

Tapi, berdasarkan pantauan Shukan Bunshun di Streaming GDC 2018 bulan Maret kemarin Sony tidak hadir dan belum ada indikasi lebih lanjut mengenai keriuhan PS5 sebagaimana gemuruh setahun jelang perilisan PS4 beberapa tahun silam di event yang sama.

Selain itu, para leakers atau pembocor desain gadget yang kredibel pasti sudah beraksi mulai sekarang apabila PS5 benar-benar dirilis 2019. Sebagaimana jelang perilisan PS4 dan PS4 Slim / Pro dulu.

Dan apabila Sony memastikan tahun 2020 adalah waktu untuk rilisnya PS5 maka kuartal ketiga 2019 keriuhan itu sudah mulai ada. Mereka bisa menjiplak gaya Microsoft ketika melakukan perilisan Xbox One X Scorpio.

Game di PS5 - Yang Pertama Datang

Sejumlah pengembang video-game yang dekat dengan Sony seperti Rockstar, Ubisoft hingga Treyarch secara teori akan jadi developers yang siap meramaikan industri BD Games PS5 ketika pertama rilis nanti.

Sebab beberapa pengembang game populer sudah mendapatkan rincian mengenai PlayStation 5 beta developer version.

Lepas dari itu, game unggulan di PS4 akan dilanjutkan serinya di PS5 seperti Horizon Zero Dawn 2, Uncharted 5, Battlefront dan The Last of Us Part 2 dengan tambahan Gran Turismo 7 terbaru akan lebih memeriahkan PlayStation 5.

Berapa Harga PS5 Idealnya?

Biaya realistis dengan mempertimbangkan harga Sony PS4 sebelumnya ketika pertama kali dirilis 2013 silam dibanderol $399. Lalu versi Slim dikeluarkan September 2016 dengan harga $299 diikuti PS4 Pro yang lebih powerful setara harga PS4 Fat awal yakni nyaris $400 untuk Amerika Serikat.

Sony juga telah belajar bagaimana pengalaman mereka menjual PS3 versi awal dengan harga tinggi sekitar $599 (60GB). Nampaknya PS5 nanti tidak akan semahal itu lagi.

Kesimpulan

Terlepas dari kapan Sony akan merilis PlayStation 5, mengikuti perkembangan, bocoran dan segala rumor tentang spesifikasi, harga, serta perilisan PS5 adalah sesuatu yang selalu menarik diikuti setidaknya bagi saya pribadi.