8 Masalah di HP Asus Zenfone Max Pro M1 dan Mengatasinya

Berbagai kerusakan fitur dan error malfungsi di HP Asus Zenfone Max Pro M1 ZB601KL (2018) yang gampang rusak serta solusi cara mudah mengatasinya.

Asus mengeluarkan seri Zenfone Max Pro (M1) nomor kode ZB601KL di range harga Rp 2 Jutaan ini memanaskan persaingan ponsel tanah air dengan Honor dan Xiaomi.

Masalah HP Asus Zenfone Max Pro M1.png

Secara spesifikasi yang ditawarkan untuk harganya memang terbilang fantastis. Dapur pacu Snapdragon 636, baterai 5000 mAh dengan support Fast Charging (Qualcomm Quick Charge 2.0) , UI Android Stock Oreo, mendukung fitur Gyroscope, RAM 3GB / 4GB / 6GB dan internal storage mulai dari 32GB sampai 64GB.

Mereka menjuluki HP Zenfone Max Pro (M1) dengan sebutan "Limitless Gaming" dan boleh dibilang tepat sasaran. Meski ada kekurangan dari segi kamera, namun itu bukan persoalan bagi saya pribadi karena saat dijual target market ponsel ini cuma buat mereka yang hobi main game, streaming video, dan multitasking, bukan untuk fotografi.

Jadi, ada sejumlah pengguna mengeluhkan kendala selama pakai Asus Zenfone Max Pro M1 dan dari yang Shukan Bunshun rangkum di grup Facebook, GSMArena atau XDA Developers berikut permasalahannya.

Masalah di HP Asus Zenfone Max Pro (M1) dan Solusi Cara Mengatasi

  1. Masalah Kontak Telepon
  2. Gambar Screenshot Tidak Bisa Disimpan 
  3. Google Play Store Blank
  4. Error Charging: Baterai Tidak Bisa Dicas
  5. Fingerprint Tidak Berfungsi
  6. Lampu LED dan Notifikasi Tidak Muncul
  7. Foto Hasil Kamera Tidak Dapat Menyimpan
  8. Cara Menyembunyikan Tombol Navigasi (Bar Navigation)
  9. Kesalahan Kamera 
  10. SIM Not Provisioned
Untuk solusi memperbaiki masalah diatas tidak semua kami bahas, tapi silakan ikuti tutorial dan lakukan masing-masing dari tips berikut berdasarkan pengalaman pemakaian:

#1. Masalah Pada Kontak Telepon

Kadang nomor telepon kontak si X tampil di atau malah muncul di kontaknya si Z bisa dibilang ini namanya duplikat.

Masalah ini juga sering terjadi di ponsel ber-OS Android dengan tampilan User Interface (UI) Stock / Murni.
Untuk solusinya: Hapus atau logout akun Google yang ada di perangkat Asus Zenfone Max Pro M1, kemudian login kembali.
Caranya: Buka menu Pengaturan / Settings > pilih Accounts / Sinkronisasi Akun > tap Google dan pilih akun lalu pada tiga titik di pojok kanan atas "Hapus Akun / Remove Account".

Lalu restart HP sejenak kemudian coba tukar posisi slot kartu SIM dari satu ke dua atau sebaliknya, setelah ponsel menyala lagi masuk / Login kembali menggunakan akun Google yang sama.

#2. Tidak Bisa Menyimpan Gambar Screenshot

Mungkin ada yang pernah mencoba capture foto atau screenshot namun hasil tangkapan layar tidak bisa tersimpan di galeri gambar setelah diambil.

Atau yang bisa disimpan tapi hasilnya tidak ditemukan di galeri alias hilang, bug macam apa ini.

Permasalahan tersebut sebenarnya dapat diatasi pakai aplikasi screenshot pihak ketiga namun akan menguras baterai, memori internal, serta RAM. Mending gunakan solusi lain.

Ada beberapa solusi mengatasinya yakni:
  • Restart HP
  • Atau hapus data cache aplikasi bawaan.
Sebaiknya gunakan cara kedua dahulu yakni menghapus data cache atau clear data aplikasi galeri seperti Google Photos, tentang foto tidak akan hilang hanya membersihkan sampahnya.

Caranya: Masuk Settings / Pengaturan > Apps / Aplikasi > Menu > Show Systems. Pilih app bawaan misal Google Photos intinya tempat menyimpan berkas video dan foto lalu tap Clear Data dan klik OK konfirmasi. Setelah itu baru restart / reboot ponsel.

#3. Google Play Store Blank Putih

Saat membuka Google Play Store hanya menampilkan layar putih / blank, tidak tampil aplikasi dan menu yang biasanya muncul.

Indikasi ini berdampak pada sulitnya memperbarui aplikasi, jadi tidak bisa update aplikasi yang tersedia.

Cara memperbaiki error tersebut dengan menghapus data aplikasi Google Play, mirip seperti poin nomor 2 diatas tadi.

Masuk Settings > klik Apps > pilih Google Play, cari menu "Hapus / Clear Data" dan tekan OK. Ini berfungsi membersihkan sampah dan menyegarkan kembali Play Store di Asus Zenfone Max Pro M1.

Setelah menghapus data, nyalakan ulang HP dan coba kembali.

#4. Charging Error: Tidak Bisa Dicas

Mengisi ulang daya merupakan hal terpenting dalam sebuah Smartphone tapi apa jadinya kalau ternyata HP Asus Zenfone Max Pro (M1) tidak bisa dicas (Not Charging).

Kasus ini mirip dengan yang dialami pengguna HP Samsung Galaxy J6. Ciri atau gejalanya berupa saat dalam kondisi charge (isi ulang) baterai malah berkurang, atau cuma bertambah 2-5% dalam waktu lebih dari satu jam.

Ada dua kemungkinan terkait kenapa masalah ini bisa terjadi:
  • Kepala charger rusak tidak berfungsi
  • Dicas dalam keadaan ponsel non-aktif
Cobalah isi ulang baterai dengan kondisi HP menyala, diamkan dan aktifkan mode pesawat untuk menahan berjalannya aplikasi yang membutuhkan koneksi internet di latar belakang / background.

Kalau Asus Zenfone Max Pro M1 rusak di charger biasanya kena air, terbanting, salah pemakaian, kerusakan pabrik dan sejenisnya. Silakan klaim garansi ke Service Center, itu pun hanya apabila kurang dari setahun pemakaian.

Sebab, masa berlaku garansi ponsel ini cuma 12 bulan saja. Jadi pastikan memeriksa tanggal pembelian, misalnya sudah habis atau kadaluarsa Anda tetap bisa ganti kepala charger namun diharuskan membayar biaya tambahan.

Harap diperhatikan kalau masalah ini terus dibiarkan maka baterai akan terus menyalurkan panas berlebih (Overheat) yang menimbulkan bahaya buat HP dan berdampak pada mainboard / hardware lainnya. Jadi solusi terbaik cari aman saja dengan mengganti chargeran.

#5. Cara Menyembunyikan Tombol Navigasi Asus Zenfone Max Pro M1 / Hide Navigation Bar

Mayoritas pengguna merasa terganggu akan keberadaan tombol navigasi di bawah layar berupa Back, Home, dan Recent Apps.

Menyembunyikan Navbar Navigasi Zenfone Max Pro M1.png

Tapi sekarang Anda bisa menyembunyikan navbar atau menghilangkan tombol navigasi Asus Zenfone Max Pro (M1), kita dapat menghapusnya gunakan metode Full Gesture yang membutuhkan akses Rooted & Xposed.

Catatan: Disini kita tidak akan kasih tahu cara root Asus Zenfone Max Pro M1 karena akan sangat panjang dan tentu membutuhkan akses Unlock Bootloader terlebih dahulu. Oke langsung ke tutorial hapus navigation bar / tombol menu navigasi.
  1. Pastikan Asus Zenfone Max Pro M1 dalam kondisi sudah Root
  2. Pada Xposed, install GravityBox
  3. Di Gravity Box masuk ke Display Tweaks
  4. Kemudian Setel Expanded Desktop Mode ke "Hide Navigation Bar"
  5. Balik lagi ke Xposed, lalu install "Xposed Edge"
  6. Selesai, dan tombol menu navigasi sudah hilang.
Sekali lagi, kalau mau Root dan UBL (Unlock Bootloader) pahami dahulu konsekuensinya seperti garansi hilang dan data akan terhapus setelah UBL berhasil dilakukan.

Update! Kini bisa menghilangkan navigasi bar Asus Zenfone Max Pro M1 Tanpa Root. Ikuti tips dan tutorial berikut:
  • Menuju ke Google, dan cari aplikasi XDA Navigation Gesture versi Pro lalu Install.
  • Cari Custom Navbar Full Gesture Option.
  • Silakan optimasi setting sendiri, kalau tetap muncul navbar maka hide navigation bar dan atur theme jadi invisible.

#6. Memperbaiki Bug Multitouch

Terdeteksi Bug Multitouch di HP Asus Zenfone Max Pro M1, hampir semua pengguna pernah mengalami karena memang error berasal dari UI Stock Android Oreo. Kendala akan dialami ketika memakai Touchscreen yang tidak berfungsi semestinya.

Ponsel ini kan pakai UI Android Oreo Stock, jadi solusi mengatasi Bug Multitouch dengan perbarui firmware versi terbaru. Sudah diberikan dari Asus, silakan cek berkala di menu Settings.

Ada solusi buat kamera jelek biar hasil foto jadi bagus?

Itu cukup sulit, karena memang bawaan kamera Asus Zenfone Max Pro M1 seperti ini standar dengan lensa aperture F/2.2 dan F/2.4 walau resolusi 13MP + 5MP. Ponsel ini ditujukan untuk bermain game sesuai tagline "Limitless Gaming". Bukan fotografi, jadi ya wajar untuk harganya dan target marketnya tidak mengandalkan kamera.

#6. Fingerprint Asus Zenfone Max Pro M1 Tidak Berfungsi

Sensor sidik jari merupakan salah satu keunggulan dari segala fitur pada Smartphone Zenfone Max Pro M1 tapi apa jadinya kalau ternyata Fingerprint tidak bisa digunakan?

Ada beberapa penyebab Fingerprint rusak atau error seperti:
  • Firmware belum update
  • Basah kena air
Perhatikan kalau firmware di HP Anda belakangnya angka 247 ada kemungkinan jadi penyebab fitur Face Unlock sekaligus Fingerprint tidak bisa aktif dipakai.

Segera update firmware terbaru yang angka ekor 252 ini sekaligus memperbaiki bug Multitouch Android Oreo, serta membuat baterai lebih awet & irit tidak boros.

Baterai SOT Screen on Time Zenfone Max Pro M1.png

Bahkan berdasarkan percobaan main PUBG / Mobile Legends tahan Screen on Time 7 jam 41 menit non-stop karena kapasitas baterai Li-Ion cukup besar yakni 5000 mAh, dan lama waktu pengisian ulang batre dari 5% ke 100% kurang lebih 2,5 jam.

#7. Kesalahan Kamera

Baru mau pakai mode blur justru muncul notifikasi kesalahan kamera berikut:

"Tidak Dapat Terhubung ke Kamera" 

Kesalahan Kamera Rusak Zenfone Max Pro M1.png

Masalah seperti ini membuat beberapa fitur dalam kamera bawaan jadi tidak bisa digunakan.

Solusi memperbaiki: Restart HP, kalau belum bisa juga silakan reset pabrik kemudian update firmware ke versi terbaru. Jangan lupa cadangkan / Back Up Data ke SD Card sebelum melakukan Factory Reset.

Waspada ya jangan utak-atik software apalagi hardware bawaan pabrik karena dapat menyebabkan Asus Zenfone Max Pro M1 Bootloop (stuck / mentok di logo) dan terpaksa Flashing, kalau Flash ulang data kemungkinan besar akan hilang dari HP.

#8. SIM Card Error 

Ini jarang dialami namun tetap akan saya bagikan sesuai pengalaman. Terkait SIM Card yang tidak bisa digunakan walau dalam masa aktif. Seperti misalnya, sinyal 4G tidak bisa diaktifkan

Permasalahan ini sebenarnya sudah dibahas, silakan baca artikel kami sebelumnya Cara Mengatasi SIM Not Provisioned disana telah diuraikan panjang penyebab serta solusi memperbaikinya.

Beberapa permasalahan diatas mungkin tidak dialami semua pengguna, tapi bila suatu saat mengalaminya silakan pakai cara-cara yang disebutkan tadi sebagai solusinya.

Buat pembaca yang menjadikan artikel ini sembari mewanti-wanti dan menjadikan pertimbangan mau beli Asus Zenfone Max Pro M1 atau tidak, jangan khawatir. Permasalahan yang dibahas tadi juga bergantung pada pemakaian masing-masing pengguna. Kalau mau beli HP ini bisa dicari di eCommerce seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Elevenia, JD ID, Blibli, JakMall, atau toko offline di Erafone Store tetapi karena awal perilisan stoknya terbatas baru dijual dalam bentuk Flash Sale. Asus konfirmasi awal Juni 2018 nanti stok akan lebih banyak dan bisa dibeli di konter terdekat.

Demikian artikel tentang masalah fitur yang cepat rusak ada di HP Asus Zenfone Max Pro M1 beserta solusi cara memperbaiki, sampai bertemu lagi di konten berikutnya.