Masalah di HP Samsung Galaxy J6 Fitur yang Gampang Rusak

Beberapa Masalah Fitur HP Samsung Galaxy J6 SM-J600F yang Gampang Rusak dan Solusi Cara Mengatasi Error-nya.

Ketika ada wacana Samsung Galaxy J6 bakal dirilis, rupanya saat itu juga sambutan hangat dari fanboy bertebaran. Samsung ingin mewarnai persaingan ponsel di range harga Rp 2 Jutaan setelah sebelumnya Xiaomi dengan Redmi Note 5 lalu Asus merilis Zenfone Max Pro M1 yang sempat bikin heboh.

Review Samsung Galaxy J6 Indonesia Pengalaman.png

Namun yang dibahas kali ini bukan bagaimana penjualan HP Samsung Galaxy J6 berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 5 serta Zenfone Max Pro M1 melalui sistem Flash Sale sampai banyak sekali yang tidak mendapatkan ponselnya.

Tapi mengenai fitur di Galaxy J6 yang dialami pengguna. Berdasarkan pemakaian pribadi untuk keperluan review di YouTube, banyak juga yang mengalami sejumlah kendala.

Beberapa Masalah Samsung Galaxy J6 (2018) 

  1. Layar Bergaris Warna Ungu dan Biru
  2. Lampu Indikator LED Notifikasi Rusak
  3. Tidak Bisa Mengaktifkan Sinyal 4G
  4. Tidak Dapat Melakukan Screenshot
  5. Charging Error

#1. Layar Garis Berwarna Ungu dan Biru di Samsung Galaxy J6

Saat saya mampir ke forum XDA Developers, Android Authority dan halaman Opinion Section di GSMArena rupanya banyak pengguna Galaxy J6 yang mengalami layar ponsel mereka muncul garis warna ungu dan biru pada bagian tepi, baik sisi kiri atau kanan.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh pihak resmi bahwa kendala layar Samsung Galaxy J6 tersebut memang benar adanya. Seperti diketahui ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED meski sudah dilindungi kaca Corning Gorilla Glass 3.

Untuk solusi benerin kerusakan tersebut sampai saat ini Samsung belum memberikan jawaban. Sementara paling realistisnya dengan mengganti layar LCD yang harganya tentu tidak murah, panel Super AMOLED itu cukup mahal bahkan boleh dibilang bagian termahal dari segala komponen yang ada di Galaxy J6.

Dari kelemahan J6 ini diketahui penyebabnya ada beberapa faktor seperti:
  • Hardcase - Pelindung berbahan keras
  • Overheat - Suhu panas berlebih
Case bukan tidak diperbolehkan, tapi dalam kasus masalah layar di Samsung Galaxy J6 ada baiknya mencegah dengan beralih menggunakan Softcase / Jellycase, bukan yang jenis Hardcase. Sebab daya tekanan pada fisik HP cenderung lebih tinggi ketika memilih pakai Hard-case dan bisa berimbas pada layar.

Sedangkan Overheat atau panas berlebihan pada suhu HP manapun wajib dihindari. Cek suhu lewat dial *#*#4636#*#* > Informasi Baterai, lihat pada bagian "Suhu Baterai" apabila diatas 45 derajat celcius sebaiknya hentikan aktifitas ponsel. Lalu diamkan di tempat sejuk dengan kipas angin atau ruangan ber-AC supaya suhu kembali stabil di bawah 38°C.

Baterai Samsung Galaxy J6 2018 Battery

#2. Lampu Indikator LED Notifikasi Rusak Tak Berfungsi di Samsung Galaxy J6

Rincian mengenai kendala lampu indikator LED yang tidak berfungsi dialami pengguna terutama setelah update pada firmware versi terbaru dari Samsung Galaxy J6. Bukan cuma satu dua orang mengalaminya tapi banyak, salah seorang YouTuber India dalam video Review juga membahas masalah ini.

Ciri-ciri: Saat keadaan charging, LED yang biasanya menyala mendadak hilang. Lalu lampu indikator tadinya nyala ketika mendapatkan notifikasi masuk dengan posisi layar standby, kini tidak lagi berfungsi.
Solusi memperbaiki pertama: Masuk ke halaman Setting / Pengaturan lalu pilih Display dan coba utak-atik bagian LED Indikator barangkali ada yang tidak cocok maka sesuaikan.
Karena penyebab utama masalah ini berasal dari update firmware, jika solusi belum terselesaikan mengatasi persoalan tersebut maka terpaksa menunggu pembaruan software lagi dari Samsung.

#3. Sinyal 4G Tidak Bisa Diaktifkan di Galaxy J6

Ini mirip pada masalah di Samsung Galaxy J4. Kartu sudah 4G, paket internet berisi kuota 4G juga banyak, tapi kenapa sinyal 4G LTE di HP Galaxy J6 tidak bisa aktif? Cara mengaktifkan-nya bagaimana?

Ada beberapa kemungkinan dari masalah Lock 4G kali ini:
  1. Provider belum mendukung jaringan 4G di wilayah pengguna
  2. Pengaturan pada ponsel masih salah
Solusi pertama cek Pengaturan / Settings masuk ke bagian Data Seluler pada Mode Jaringan pilih 4G. Kalau masih error juga ada kemungkinan area pengguna belum terjangkau sinyal 4G dari operator seluler yang bersangkutan.

#4. Tidak Dapat Melakukan Screenshot Samsung Galaxy J6

Masalah lain ketika pembaruan firmware yakni tidak bisa screenshoot. Jenis permasalahan bukan hanya ketika melakukannya tapi:
  • Hasil Screenshot Tidak Tersimpan
  • Gambar Hasil Foto Kamera Tak Bisa Dibuka
Biasanya kalau di HP lain cara mengambil screenshot itu pakai tombol Power + Volume Down, tapi di Samsung sedikit berbeda yakni pakai Power + Home Button tekan secara bersamaan.

"Couldn't capture screenshot. Storage may be in use."

Notifikasi tersebut bermaksud bahwa penyimpanan / storage di Galaxy J6 bermasalah, meski persoalan utama bukan hanya karena penuh ROM-nya.

Untuk solusi bisa coba beberapa tahap seperti: Restart HP, Hapus Cache, Pakai Aplikasi Pihak Ketiga dari Play Store.

Namun tenang saja, permasalahan ini hanya dialami sedikit pengguna sebab memori internal Galaxy J6 sudah cukup lega kapasitas 32GB.

#5. Charging Error

Saat melakukan pengisian ulang, daya baterai Galaxy J6 lama penuh atau bahkan tidak kunjung 100% setelah dinyalakan justru restart sendiri ponselnya lalu tidak bisa nyala lagi. Kadang juga saat dicas jumlah persentase batre nggak bertambah.

Nah, soal error ini ada beberapa penyebab antara lain: Akibat menggunakan kabel / kepala charger yang bukan original asli dari Samsung (biasanya terdapat pada kotak penjualan). Atau bisa juga karena kerusakan di bagian hardware.

Seperti diketahui spesifikasi baterai Samsung Galaxy J6 cocok di harga yakni sekitar 3010 mAh. Kan tidak mungkin baru dicharger penuh langsung lowbat dalam waktu 2 menit.

Samsung Galaxy J6 Indonesia Bootloop Hasil Foto Kamera.png

Ingat! bila baterai rusak untuk memperbaiki cukup sulit karena statusnya Non-Removable, harus dibawa ke tukang servis yang ahli melepas batre.

Solusi kedua memperbaiki hal ini pakai cara flash / flashing.

Setelah melakukan berbagai cara untuk masing-masing permasalahan namun tetap tidak menyelesaikan masalah, jangan coba-coba mengutak-atik hardware / software bawaan sebab bisa mengakibatkan ponsel Samsung Galaxy J6 Bootloop (hanya stuck / mentok sampai di logo).

Permasalahan diatas mungkin hanya sedikit dan belum semua teruraikan.

Namun, jangan membuat Anda panik dan enggan membeli gawai tersebut sebab soal kerusakan balik lagi pada intensitas pemakaian masing-masing pengguna. Kalau mau beli silakan bisa lewat toko offline / konter, atau eCommerce Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, Lazada, Blibli sudah tersedia dengan range harga baru sekitar Rp2,6 Jutaan keatas dan bekas / second mulai dari Rp2,4 juta.

Samsung Galaxy J6 didukung Android Oreo, dengan kustomisasi TouchWiz UI. chipset buatan pabrik mereka sendiri yakni Exynoss 7870 memang terkesan mahal untuk harganya mengingat sekarang sudah tahun 2018. Tapi karena Smartphone ini mengandalkan kekuatan sektor kamera beresolusi 13MP dengan lensa aperture F/1.9 membuat hasil foto lebih jernih serta sudah ada dukungan NFC, bisa Fast Charging (Quick Charge 2.0).

Demikian beberapa permasalahan fitur yang gampang rusak di HP Samsung Galaxy J6 (2018) dan solusi cara memperbaikinya.
Masalah di HP Samsung Galaxy J6 Fitur yang Gampang Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun