7 Selebtwit Indonesia Terkaya dan Sukses Lewat Akun Twitter

Siapa Selebtwit dengan Penghasilan Tinggi? Berapa Pendapatan Twitter Seorang Selebtweet Paling Kaya di Indonesia?

Twitter yang jadi salah satu media sosial era milenial awalnya beli server jutaan dolar cuma buat wadah untuk memberikan orang lain kebebasan dalam beropini, candaan, curhat sampai caci maki.

Selebtwit Indonesia Terkaya

"Pemilihan kata Twitter terdengar sempurna. Secara definisi merupakan celotehan burung serta populernya informasi tidak penting. Memang itulah produk Twitter pada dasarnya." kata Jack Dorsey, pendiri sekaligus CEO medsos berlogo burung.

Ucapan Jack digaris bawahi adalah "Celotehan Burung" atau kabar burung yang terkadang juga cukup penting kalau pandai memilih-memilah informasi.

Twitter dibuat memang untuk berkeluh kesah, menyampaikan curahan hati penggunanya dan mengeluarkan unek-unek dengan batas awal 140 karakter sebelum akhirnya ditingkatkan jadi 280.

Menampilkan kegalauan, cari perhatian, hingga berlaga sok bijak adalah fungsi lain dari media sosial bernama Twitter.

"Kalau mau riya dan pamer barang berharga atau jalan ke luar negeri, jangan disini deh. Nanti kena timpuk Warganet. Mending di Instagram saja." tulis akun @munfess.

Zaman sudah lebih modern dimana media sosial jadi bagian yang sulit terpisahkan dari kehidupan manusia di bumi saat ini. Untuk meraup popularitas pun seakan bisa dilakukan.

Kicauan tidak penting dan sama sekali tak bermakna juga bisa membuat seorang pengguna jadi lebih populer. Orang yang terkenal di Twitter dan banyak followers yang sering me-retweet cuitannya disebut Selebtwit.
Layaknya apa yang dibilang Arman Dhani dalam buku berjudul "Dari Twitwar ke Twitwar", kalau mau jadi Selebtwit sebenarnya gampang. Komentarin lewat Tweet tentang topik apa saja yang lagi hangat, buat mengetahui isu yang sedang populer tinggal buka tab Trending.. 
"Kalau mau jadi selebtwit itu harus konsisten baik dalam bentuk teks, video atau foto. Konten kita bakal selalu dinantikan oleh followers." lanjut Dhani dalam bukunya.

Tidak, Anda nggak perlu akurat, mikir keras dan sok bijak, apalagi yang masuk akal. Tweet saja apa yang ada di pikirian Anda soal topik yang lagi trending, bisa jadi cuitan Anda dapat menuai sensasi dan mengundang ratusan hingga ribuan jumlah Retweet.

Dengan opini Anda yang terus dikeluarkan selama masih dalam etika pasti followers hal yang mutlak didapatkan. Kalau pengikut sudah banyak, penghasilan akan datang sendirinya.

Jadi Selebtwit Perlu Centang Biru? Nggak harus! Apalagi kini Verified Account sudah bisa dibeli, sebuah akun terverifikasi belum tentu layak diikuti.

"Untuk sekarang Twitter itu sudah jadi trendsetter. Bahkan media online, cetak sampai televisi sering ambil bahan referensi sampai sumber dari sana. Jadi siapapun bisa viral dengan cepat, sengaja dan disadari secara langsung maupun tidak." imbuh Debby, mahasiswi asal Bandung yang rajin bermain Twitter.

Berapa Penghasilan Selebtwit?

Sebagai influencer, potensi penghasilan Selebtwit bergantung pada diri Anda sendiri. Pada dasarnya rata-rata Selebtweet populer bukan cuma dari cuitan, tapi juga karya lain seperti buku, video, film, gambar dan lain sebagainya.

Perusahaan akan memanfaatkan influencer seperti Selebtwit untuk mempromosikan produk. Dengan harapan brand mereka bisa lebih dikenal banyak orang khususnya tertarget pada rerata identitas followers sang Selebtweet.

Mayoritas perusahaan akan mempertimbangkan layak atau tidaknya seorang influencer mempromosikan mereka dengan melihat data serta statistik sebuah akun Twitter melalui beberapa situs seperti Klout Score, SocialBlade dan lainnya.

Kan bisa saja punya 1 juta followers tapi 80% palsu, yang rugi nanti pengiklan.

Kisah model kelas dunia sekaligus bintang acara varietas, Khloe Kardashian pernah membongkar tarifnya satu cuitan berpromosi bernilai US$15,000 atau setara Rp 211 Juta. Nilai itu menjadikan Khloe sebagai Selebtwit dunia yang punya bayaran tinggi pada masanya.

Siapa Selebtwit Terkaya di Indonesia? 

Dahulu kita mengenal @Poconggg yang diketahui merupakan sebuah akun Twitter misterius, jenaka dan guyonan lucu namun kini sudah lebih dikenal identitas aslinya sebagai Arief Muhammad.

Arief dalam satu artikel media online pernah blak-blakan mengungkapkan tarif promosi per-twit seharga $350, itu masih di kisaran tahun 2012-2013 saat akun @Poconggg sedang dalam puncak kejayaannya dan kurs dolar pada rupiah masih kisaran Rp 11 ribu.

Selebtwit yang juga berkarya dalam industri hiburan seperti Raditya Dika punya followers belasan juta. Buat promosi di akunnya Radit, Anda harus menyiapkan biaya setidaknya 12 juta rupiah untuk satu cuitan.

Namun Radit lebih dikenal sebagai penulis dan pemain film. Dari perannya itu dia semakin terkenal di kalangan remaja labil soal percintaan ABG masa kini.

Saat kinerja mulai menurun entah karena sibuk serta aktivitas kerja di dunia nyata atau hal lain, namun tawaran politik datang. Anda bisa menerimanya yang membuka jalan kembali pada pemulihan popularitas di Twitter. Dalam kata lain: Jadi buzzer partai politik saat musim kampanye.

Selain Arief dan Raditya, ada lima nama Selebtwit lain punya penghasilan cukup besar dari Twitter yakni:
  1. Zarry Hendrik
  2. Dwitasaridwita
  3. Joko Anwar
  4. aMrazing
  5. Benakribo
Joko Anwar merupakan sutradara film asal Indonesia, sedangkan selebtwit seperti Dwita Sari lebih dikenal murni karena cuitan menggalaunya populer medio 2012 - 2014. Ia sampai berkarya dalam bentuk buku yang dirilis beberapa judul berbeda.

Anda juga bisa, siapapun punya peluang jadi selebtwit. Namun sekarang Anda dituntut lebih kreatif, apapun bentuknya (Teks / Video / Foto). Passionnya dimana?
  • Selebtwit Lucu 
  • Selebtwit Politik 
  • Selebtwit Bola 
  • Selebtwit Percintaan Remaja Labil 
  • dan lainnya.
Contoh, Nurfadli pemilik akun @tahilalats yang populer berkat karya komik berciri khas. Selain sering mendapatkan tawaran promosi di Twitter juga pernah direkrut sebuah perusahaan.

"Intinya sih saya jalanin ini semua murni berawal karena passion, awalnya hanya unggah di Facebook pribadi dan yang bisa like / komentar itu cuma teman-teman dekat saya. Kalau soal uang itu urusan belakangan dan anggap sebagai bonus dari hobi yang menghasilkan." kata Nurfadli sebagaimana dikutip dari Hai Magazine Online.

Dari kreatifitasnya dalam bentuk komik, Nurfadli kerap dipanggil beberapa perusahaan besar untuk menggunakan jasa dan keahliannya [Freelance]. Penghasilannya kini sudah bisa beli rumah sendiri.

Begitulah kira-kira 7 Selebtwit Indonesia Terkaya dengan Penghasilan Twitter paling besar. Tertarik buat jadi selebtweet? Selamat berkreasi, Good luck!