Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Twitch Monetisasi

Game Streamer YouTube banyak yang beralih ke Twitch Live Stream tapi bagaimana cara mereka monetisasi agar menghasilkan uang? 

Sejumlah platform tengah berupaya dikembangkan dengan maksud menyaingi situs berbagi video sebesar YouTube. Salah satu diantaranya adalah Twitch, yang biasanya menimbulkan pertanyaan juga: Dapat uang dari hobi bermain video game?

Menghasilkan Uang dari Twitch Monetisasi

YouTube telah dikenal sebagai ladang penghasil uang untuk kreator. Banyak pembuat video memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan dunia nyata demi totalitas mengelola channel yang dianggap lebih menguntungkan dalam segi pemasukan Google Adsense.

Tapi bukan kabar baru bagi mereka yang telah berkecimpung di Twitch dalam kurun waktu empat tahun belakangan.

Twitch menjadi idaman baru bagi streamer, tercatat per Mei 2018 situs layanan media streaming itu menjadi nomor 4 dengan trafik tertinggi di jam prime-time hanya kalah dari Google, Netflix, dan Apple.

Yep, Anda bisa bermain video-game sembari live streaming dengan menjadikannya sebagai pekerjaan full time. Tapi bagaimana cara menghasilkan uang dari Twitch? Berapa banyak hasil monetisasi bisa didapatkan? Seperti apa sistem dan cara kerjanya?

Cara Menghasilkan Uang dari Twich Streamer dengan Monetisasi

Anggaplah tahap dasar sudah dilewati seperti membangun channel Twitch Stream dan memiliki sejumlah Subscribers. Selanjutnya tingkatkan engagement dengan:
  • Berupaya meningkatkan popularitas channel.
  • Rajin melakukan Live Stream setiap hari, makin sering semakin bagus reputasi.
  • Promosikan ke media sosial demi menarik minat audiens baru.
  • Konsisten pada satu niche (topik) bahasan, misal kalau streaming game ya game saja, atau kegiatan sehari-hari ya fokus di vlog. Kalau dicampur, penonton bakal kabur kebingungan.
  • Kalau bisa bikin konten bermanfaat dan menambah edukasi yang bikin audiens punya alasan untuk selalu menyaksikan Anda saat Live Stream.
Salah seorang streamer paling sukses di Twitch bernama Steven Bonnell berbagi pengalaman mengenai kisah pemilik akun berusername Destiny selama karirnya di layanan streaming tersebut.

Twitch secara publik menjelaskan detail bagaimana setiap pengguna berhak memonetisasi channelnya. Seperti YouTube, mereka juga tidak secara spesifik memberikan kepastian berapa nominal penghasilan yang masuk ke rekening bank para streamer.

Bonnell memulai dari nol, di tengah perjalanan karir dia sempat lelah karena minimnya peminat dan penonton. Pria yang dijuluki Casual Streamer itu kini menjelma jadi direct partner Twitch.

Dan apa saja syarat yang dibutuhkan agar kanal Twitch dapat dimonetisasi?

Syarat Monetisasi Akun Twitch

  1. Minimal rata-rata viewers: 500
  2. Setidaknya live stream 3 kali seminggu
  3. Apabila sudah punya channel YouTube dengan minimal views 15,000 per video dan lebih dari 100,000 subscribers makin mudah lolos.
YouTube juga punya syarat yang makin ketat setidaknya harus punya 1000 Subscribers buat daftar Adsense itu juga harus ditinjau lagi. Pun demikian Twitch, memastikan kelayakan akun streamer dimonetisasi jadi hal lumrah.

Kalian harus sering melakukan Live Stream, tiga kali dalam satu minggu itu sudah minimal. Dan rata-rata penonton setiap melakukan streaming adalah 500 viewers.

Keuntungan Monetisasi & Jadi Partner Twitch

Ada sejumlah benefit yang bakal Anda dapatkan ketika memutuskan jadi partner Twitch, beberapa diantaranya:
  • Tersedia fitur Broadcast Delay, yang memungkinkan Anda Streaming turnamen game tanpa pemain curang (Cheaters) dengan transparansi aktivitas lawan.
  • Bisa dapat subscribers lebih banyak.
Namun dibalik itu semua dari uang yang dihasilkan, Twitch mematok harga $5 untuk fitur tambahan khusus akun monetisasi aktif seperti Private Chat, Exclusive Emoticons, dan hal lain yang tidak didapatkan streamer non-monetized.

Sayangnya beberapa pertanyaan timbul seperti: Berapa banyak uang dihasilkan dari Twitch? Seperti apa jenis iklan yang tayang selama streaming? Terlebih, saat ini penggunaan AdBlock semakin marak.

Melanjutkan diskusi, Bonnell menambahkan bagaimana cara menghasilkankan uang dari Twitch versi dia sendiri dari setiap Live Stream yang dilakukannya.

Kini pemilik akun Destiny itu telah mencapai total 62,021,645 viewers keseluruhan. Pendapatan Bonnell agak sedikit berbeda dari streamer lain, dia memiliki sebuah website yang mampu mengelola perbedaan dan jenis subscribers dalam berbagai tingkatan.

"Sejujurnya tidak pasti, tapi agar disama-ratakan saya bisa hasilkan uang sekitar $1000 per bulan dari Twitch. Itu pun dengan total rerata 200-500 jam per bulan melakukan streaming." kata Bonnell.

Sebagai tambahan, Bonnell memiliki rata-rata 2,500 viewers / penonton di Twitch setiap kali melakukan Live Stream. "1000 USD itu hanya dari iklan, belum termasuk endorse dan panggilan kerja off-air lain." tambah Bonnell.

Twitch Live Stream Monetisasi Cara Menghasilkan Uang.png

Hal menariknya yaitu Bonnell bekerja 60 jam per minggu. 20 jam lebih lama daripada Anda dan rata-rata pekerja reguler biasa. Dia pun tidak berpikir akan mencari pekerjaan lainnya.

Pertanyaan dilontarkan reporter Medium Network, berapa penghasilan terendah yang pernah didapatkan dari Twitch? Mengingat pengguna makin banyak menginstal AdBlocker pasti akan berpengaruh terhadap pendapatannya.

"Itu pasti, walau saya tidak yakin AdBlock jadi faktor utama menurunnya penghasilan. Estimasi dari pihak Twitch melansir efek AdBlocker 70 sampai 80 persen. Selebihnya diluar kendali saya." kata Bonnell.

Selain dari Twitch, Bonnell juga menghasilkan uang secara terpisah lewat Subscribers-nya. Tidak tahu berapa angka pastinya, namun perkiraan dia bisa $5000 (Rp70 Juta) per bulan.

Jadi secara keseluruhan Bonnell rerata mengumpulkan $6000 - $7000 (83 juta - 90 jutaan rupiah) per bulan. Angka yang fantastis mengingat Twitch belum sepopuler YouTube.

Bonnell menarik mayoritas uang yang dihasilkannya menjadi Cash. Sisanya dia simpan dalam rekening digital, PayPal untuk keperluan seperti membayar langganan fitur premium Twitch, hosting & domain website, service, kebutuhan dll.

Subscribersnya langganan dalam berbagai variasi level. Mulai dari bayar $5 hingga $40 per bulan, fitur yang didapatkan juga berbeda mulai dari Screening, kustomisasi emoticon eksklusif, dan kenikmatan mendukung streamer favorit yang menggelar Live Stream 7-10 jam per hari.

Selain itu, Bonnell juga membuka donasi. Ia kerap menerima beberapa dolar dari penonton selama berlangsungnya Stream, bahkan diakuinya sebagai bagian dari pendapatan terbesar dia saat ini.

Baru-baru ini Bonnell membuka akun Twitch terbaru dikhususkan untuk turnamen yang dia gelar sendiri, dia menambahkan dari hasil donasi bisa mengumpulkan $500 sampai $2700 per bulan.

Baca juga: Cara Cepat Mencapai 4000 Jam Tayang 'Watch Time' YouTube 

Akhirnya, dia punya penghasilan tambahan dari yang bisa meningkatkan pendapatannya per tahun.
  1. Google AdSense (Website),
  2. YouTube Channel,
  3. Sponsor,
  4. Amazon (Induk organisasinya, karena Twitch perusahaan terintegrasi),
  5. Dan program afiliasi marketing lain (total $1200 per bulan.
Medium Network melansir total penghasilan Steve Bonnell mencapai $120,000 dan terdapat peningkatan setiap tahunnya. Angka tersebut bisa terus bertambah bila dia mencoba hal yang menarik minat Subscribers baru.

Sekarang Anda tahu berapa estimasi penghasilan Streamer terkenal di Twitch. Take Lirik, punya 900 ribu followers. Kami coba berbicara dengan pemilik akun "Twitchnotify" yang kerap melakukan Subscribe ke sebuah akun.

Dari sebuah log aktivitas, kami temukan semua Subscribers si Take Lirik per April 2018 sekitar 7100 pelanggan baru. Lirik dapat pemasukan dari periklanan, donasi, sponsor yang bisa membuatnya meraup $216,000 per tahun. Sayangnya, angka tersebut belum dikonfirmasi.

Jadi ya itulah Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Twitch Monetisasi pada dasarnya mereka terkenal dulu di platform lain seperti YouTube, tapi Anda bisa memulai dari nol. Setelah membuat akun, lalu mulailah mendapatkan audiens yang sesuai dengan menayangkan (Stream) hobi dan kesukaan, soal pendapatan atau penghasilan akan berjalan mengalir murni.