Bagaimana Cara Menyimpan Video IGTV Orang Lain ke Galeri HP

Tutorial bagaimana cara menyimpan video dari IGTV orang lain dan sendiri ke Galeri HP Android atau iOS pakai metode Instagram Save to gallery.

Instagram baru-baru ini merilis layanan IGTV yang memungkinkan pengguna dan kreator lebih leluasa dalam berbagi aktivitas, kreatifitas, dan segala macam konten dalam bentuk video.

Logo IGTV Instagram Save Video.png

Setelah perilisan IGTV, Mark Zuckerberg selaku big bos Facebook, Instagram dan WhatsApp itu langsung berhasil meraup keuntungan senilai Rp24 triliun.

Berbeda dengan Insta Stories dan IG Video, IGTV ini mampu menampung perekaman hingga satu jam buat akun terverifikasi atau bisnis. Dan maksimal 10 menit untuk akun pengguna biasa, Instagram berharap kreator bisa berbagi langsung tanpa harus mengunggah ke YouTube.

Tentunya ada banyak konten video dengan topik menarik yang pasti sangat sayang buat dilewatkan atau tidak diabadikan. Terkadang kita juga mau berbagi postingan orang lain ke media sosial selain Instagram.

Untuk nembagikan atau share video IGTV yang ada di akun orang lain ke media sosial seperti Facebook, Twitter, atau WhatsApp, belum ada menu khusus. Nah jalan satu-satunya dengan simpan terlebih dahulu kemudian kita unggah ulang di medsos lain.

Tapi, apakah ada cara menyimpan video IGTV ke HP tanpa dipublikasikan sebagaimana Tik Tok dari draft?

Tentu bisa disimpan video orang lain dan buatan sendiri ke galeri smartphone kalau telah dihapus atau tak sengaja terhapus. Tersedia dua pilihan metode, pertama menggunakan situs pihak ketiga atau cara alternatif pakai aplikasi perekam layar.

Baca juga: Mengatasi IGTV Error Tidak Bisa Upload Video

Cara Menyimpan Video IGTV Save ke Galeri HP

Pertama kita pakai metode URL dan situs pihak ketiga yang tersedia di Google.
  1. Copy / Salin Link atau URL dari postingan video yang mau disimpan. 
  2. Menuju ke situs IGTV Video Saver.
  3. Paste tautan atau link yang sudah Anda salin tadi.
Namun kekurangannya situs pihak ketiga penyimpan video IGTV itu belum sepenuhnya maksimal karena baru dibuat.

Solusi alternatif menggunakan aplikasi perekam video yakni AZ Screen Recorder khusus pengguna OS Android, yang dapat berfungsi merekam segala aktivitas pada layar HP.

Save IGTV Video to Phone Cara Simpan ke HP.png
  • Lihat pada gambar diatas, tekan tombol merah buat mulai merekam.
  • Ikon akan muncul di status bar bagian atas layar HP selama proses perekaman berlangsung, untuk menghentikan recording cukup usap layar ke bawah dan tekan Stop / Berhenti.
  • Video yang telah direkam dari IGTV tadi muncul di galeri ponsel Anda, cek untuk melihatnya. 
Kelebihan dari aplikasi ini, pengguna dibuat leluasa menentukan fitur frame rate, resolusi video, konfigurasi audio, hingga hitung mundur (countdown) sebelum memulai perekaman.

Jadi ketika menonton video Anda bisa aktifkan A-Z Screen Recorder dan keraskan volume suara Smartphone agar hasilnya lebih maksimal.

Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store untuk Android versi Gingerbread ke atas sudah kompitabel.

Update, untuk aplikasi perekam layar tidak harus menggunakan AZ Screen Recorder karena itu cuma sekadar rekomendasi kami. Tersedia banyak pilihan lain apps serupa di Play Store tinggal cari yang cocok sesuai selera.

Begitulah dua tips Bagaimana Cara Menyimpan Video IGTV Orang Lain ke Galeri HP bisa diterapkan juga pada akun sendiri, save ke gallery dan muncul di folder memang untuk Android lebih mudah daripada iOS yang harus JB dulu.