Mengatasi IGTV yang Error Tidak Bisa Upload Video Instagram

Bagaimana solusi gagal posting dan cara mengatasi IGTV yang Error Tidak Bisa Upload Video ke Instagram TV. 

Fitur paling terbaru dari Instagram bernama IGTV telah dirilis dan digadang-gadang bakal bersaing langsung dengan situs berbagi video terpopuler milik Google yakni YouTube.

Instagram IGTV Logo

Namun, Instagram merilisnya tidak dalam bentuk fitur bawaan melainkan pengguna harus menginstal aplikasi secara terpisah apabila ingin menggunakan.

IGTV dapat Anda install lewat Google Play Store untuk Android dan App Store buat iOS. Dalam 3 jam setelah dipublikasi resmi, tercatat sudah lebih dari 10 ribu instalasi oleh pengguna.

Sama seperti YouTube, aplikasi IGTV akan memakan banyak kuota internet selama pemakaiannya karena basis konten bentuknya video bukan lagi hanya foto-foto saja. Tapi begitu Anda unggah maka resolusi otomatis berubah jadi HD memanfaatkan fitur konversi.

Kadang kami menemui pengguna kesulitan atau gagal unggah video, ada sejumlah penyebab dan telah ditemukan beberapa solusi memperbaikinya.

Simak pula: Cara Menyimpan Video IGTV Save ke Galeri HP

Solusi Cara Mengatasi IGTV Error Tidak Bisa Upload Video

Mengunggah video jadi salah satu kegiatan utama pengguna IGTV. Tapi bagaimana solusi jika tidak dapat upload karena masalah tertentu seperti error notifikasi?

Hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum unggah video dan bisa jadi penyebab error adalah:
  • Pengguna biasa hanya bisa upload video minimal 15 detik serta maksimal 10 menit dengan ukuran paling mentok 650MB.
  • Sedangkan cara upload video IGTV durasi 1 jam cuma untuk akun terverifikasi atau bisnis account yang followersnya banyak.
  • Ukuran video berdurasi satu jam maksimal 5GB.
  • Format video harus berbentuk MP4, bukan MKV atau 3GP.
Perlu diketahui kalau videonya diunggah dalam bentuk 3GP, MKV, atau format selain MP4 akan menyebabkan gagal upload.

IGTV Error Upload Tidak Bisa

Penyebab lain masalah gagal upload video IGTV yakni:
Video tidak dalam bentuk vertikal, biasanya harus direkam atau dari Smartphone dengan aspek rasio 9:16 (sembilan banding enam belas).

Catatan lainnya, video yang diunggah tidak boleh mengandung hak cipta. Misalnya, Anda bisa saja mengambil video dari situs lain seperti YouTube, Twitter, Facebook tapi Anda tidak tahu siapa pemiliknya dan sang empunya langsung menggugat ke Instagram, akun Anda jadi terancam kena Disabled / Suspended.

Mengenai aspek rasio, rata-rata Smartphone masa kini sudah minimal berasio layar 16:9. Jadi cobalah unggah video hasil rekaman kamera HP Anda setidaknya durasi 20 detik.

Dengan menginstal aplikasi IGTV pengguna tidak hanya bisa upload tapi juga menonton video milik orang lain yang terlihat dalam tabel Explore.

Berbeda dengan aplikasi Tik Tok yang dapat mengedit tampilan visual beserta musik (suara). Sedangkan di IGTV hanya sebatas unggah video apa adanya dari HP Anda.

Jika YouTube merupakan situs berbagi video berbentuk Horizontal, maka IGTV mengutamakan aspek vertikal menyesuaikan layar ketika pakai  Smartphone memanfaatkan banyaknya pengguna ponsel saat ini.

Sementara Cara Menggunakan IGTV dan Upload Video cukup mudah, ketika selesai install, bukalah aplikasi kemudian login pakai akun Instagram biasa.

Sekarang masuk ke kesimpulan kenapa video gagal diunggah atau error upload di IGTV:
  1. Pastikan format video MP4.
  2. Ukurannya maksimal 650MB (berdurasi 10 menit), dan 5,3GB (1 jam).
  3. Upload video dalam bentuk vertikal saja.
  4. Akun biasa belum bisa unggah video durasi lamanya 1 jam, khusus verified atau business account.
Nah apabila ketika mau menonton video orang lain tetapi tidak bisa diputar ada beberapa kemungkinan seperti jaringan atau sinyal internet Anda lemah, format video mereka salah, tidak sesuai aspek rasio atau telah dihapus karena melanggar hak cipta (Copyright Claim).

Lain lagi masalah kalau aplikasi IGTV Force Close bakal dapat pemberitahuan berikut:

"Sayangnya IGTV Telah Berhenti" 

Itu biasanya kendala pada Smartphone, cobalah untuk menghapus cache kalau perlu data juga. Tutup aplikasi tidak terpakai, restart ponsel dan buka kembali.

Begitulah kurang lebih solusi Mengatasi IGTV yang Error Tidak Bisa Upload atau Unggah Video ke akun. Bahkan untuk solusi memperbaikinya juga mudah sesuaikan dengan tips diatas tadi.