Fakta SGO48 Saigon Sister Group AKB48 di Vietnam

SGO48 akan berbasis di Saigon, nama lain kota Ho Chi Minh. Dan jadi idol group bergenre J-Pop pertama di Vietnam.

SGO48 Saigon Members Vietnam

AKS mengumumkan peresmian sister group AKB48 terbaru bernama SGO48 Saigon yang akan bermarkas di kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Fakta SGO48 - Saigon

Penunjukan regional Saigon alias di Ho Chi Minh terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Hanoi dan Da Nang.

Mereka juga mengumumkan dua orang staf yang langsung bekerja. Perekrutan member generasi pertama akan dimulai pada pertengahan Juli 2018 mendatang.

"(Kami) dengan senang memperkenalkan SGO48 yang akan jadi grup saudari AKB48 pertama di Vietnam." ujar seorang staf ketika dipantau melalui Live Streaming.

Saigon atau kota Ho Chi Minh, dan pertama kalinya sister group luar negeri AKB48 tidak menunjuk ibukota negara sebagai basis grup.

"Ekspansi ini tidak hanya sebatas bisnis tapi diharapkan dapat memperkuat hubungan diplomatik Vietnam dengan Jepang. Kami juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan hiburan terbaik khususnya bagi masyarakat Ho Chi Minh." lanjutnya.

Dalam prsentasi perkenalan grup, staf tersebut diduga sempat menyindir SNH48 Group dan Siba yang notabenenya kini jadi rival AKB48 di Asia. 

"Berekspansi tidak melulu soal bisnis. Apa yang Anda dapatkan bakal lebih dari hanya materi saja. Kami juga mengharapkan adanya perkembangan dan daya tarik wisata untuk kemajuan ekonomi lokal." ungkapnya.

Terbentuknya SGO48 tidak mengherankan sebab antusiasme penggemar AKB48 Group di Vietnam sangat tinggi, tak jauh berbeda dengan Thailand.

"Hanya masalah waktu dan akhirnya kami mendapatkan apa yang kami layak dapatkan." kata Tran Nguyen pemilik blog VOZ48.

Detail mengenai audisi member generasi pertama SGO48 Saigon sekaligus anggota AKB48 Group yang ditransfer ke Vietnam akan diumumkan lebih lanjut bulan depan. Sementara penampilan debut dijadwalkan secepatnya paling lambat November - Desember 2018.

Ekspansi ini juga diharapkan mampu mempererat tali persahabatan negara-negara ASEAN. Mereka pun menjulukinya sebagai persatuan SEA48.

Tahukah Anda, SGO48 merupakan idol group atau girl-group musik bergenre J-Pop pertama dalam sejarah musik Vietnam. Saigon merupakan ucapan dalam bahasa Inggris yang diambil dari dua kata Sai dan Gon.

"Yang terpenting adalah kami tidak ingin SGO48 hanya sekadar numpang lewat. Diumumkan, punya member, debut, lalu tenggelam tanpa kabar. Ingin menjadikan penggemar BNK48 sebagai contoh bahwa mendukung idola dengan totalitas karena impactnya akan ke kami juga sebagai penikmat." lanjut Nguyen dalam status panjangnya.

Selain itu, perusahaan YAG Entertainment dipercaya akan menaungi idol group ini selama kiprahnya di industri hiburan.

Fakta lain, warna logo SGO48 pink tua diambil dari warna bunga teratai lambang Vietnam juga serupa dengan yang ada di BEJ48. Saigon jadi basis kota ke-7 sister group AKB48 luar negeri setelah MNL48 Manila, BNK48 Bangkok, TPE48 Taipei, MUM48 Mumbai, Team SH Shanghai dan JKT48 Jakarta.