Menggunakan Google Camera di Xiaomi Redmi Note 5 Tanpa Root

Bagaimana cara menginstal dan menggunakan Google Camera di Xiaomi Redmi Note 5 tanpa root agar foto atau gambar hasil kamera lebih bagus. 

Salah satu ponsel yang sedang hangat jadi perbincangan dan diidam-idamkan masyarakat tanah air saat ini adalah Xiaomi Redmi Note 5. Dengan spesifikasi terbilang cukup wah untuk harganya (Rp3 jutaan) masuk kelas menengah namun performa rasa flagship menggunakan SoC Snapdragon 636 setara ponsel 5 jutaan Asus Zenfone 5.

Google Camera Redmi 6 6 Pro Plus Zenfone.png

Redmi Note 5 sejatinya sudah dirilis jauh hari dan bahkan beredar di pasaran. Namun karena stoknya sangat terbatas di awal perilisan membuat ponsel ini jadi langka hingga harganya naik tak masuk akal. Selain dua varian RAM 3GB dan 4GB Smartphone ini juga mendukung sensor Gyroscope, baterai hingga 4000 mAh dan dual kamera 12MP + 5MP. 

Dalam balutan MIUI 9, Xiaomi menjanjikan bakal memberikan update firmware hingga Android P mendatang dengan tambahan Security Patch rajin diberikan. Bahkan ketika MIUI 10 dirilis nanti sejumlah pengguna sudah dapat menikmati fitur terbarunya. 

Sayangnya walau telah dibekali dengan lensa kamera mumpuni bahkan membuat hasil foto lebih jernih daripada ponsel pesaingnya seperti Asus Zenfone Max Pro M1, namun sejumlah pengguna mengeluhkan sektor kamera.

Mereka menginginkan kamera dan fitur yang lebih baik dari Google Camera yang rilis awal 2014 itu. Sebab software buatan Google itu telah digunakan banyak orang bahkan meskipun ponsel mereka bukan termasuk dalam proyek Android One.

Software kamera yang diberikan oleh Xiaomi untuk Redmi Note 5 memang sangat berbeda signifikan apabila dibandingkan dengan Google Camera.

Menginstal & Menggunakan Google Camera di Xiaomi Redmi Note 5 Tanpa Root

Sebenarnya Google Camera tersedia di Play Store tapi sengaja disembunyikan oleh pengembangnya yakni Google LLC, kalau pun ditemukan ya pasti mayoritas dari Anda dikasih notifikasi "Perangkat Tidak Kompitabel" karena memang khusus HP dengan SoC Snapdragon 8xx. 

Lalu bagaimana cara memasang dan menggunakan Google Camera di Xiaomi Redmi Note 5 Tanpa Root? 

Google Camera Xiaomi Redmi Note 5 6A.png
  • Pertama: Install aplikasi Google Camera melalui situs pihak ketiga seperti APKMirror. 
  • Kedua: Cari folder tempat menyimpan aplikasinya di Smartphone Anda. 
  • Ketiga: Install dan Pasang, klik Selesai. Buka tulisan "Camera" di Homescreen atau App Drawer. 
Menggunakan Google Camera di Xiaomi Redmi Note 5 akan sedikit menghasilkan foto dan gambar lebih bagus daripada kamera bawaan. Hal ini karena sejumlah fitur keduanya berbeda. 

Keunggulan & Kelebihan Google Camera

Tampilan sederhana, praktis tapi menarik dan sangat user-friendly alias mudah digunakan. Beberapa tombol langsung dapat digunakan menikmati fiturnya antara lain Camera, Video, Lens Blur, Panorama, Photo Sphere. Dipadu beberapa pengaturan tambahan seperti Timer, Grid, HDR, dan Flash. 

Google Camera dilengkapi software dan sensor kecerdasan demi mendukung hasil foto terbaik. Misal efek background disempurnakan, hingga auto-focus lebih akurat.

Ada fitur bernama Face Retouch, fungsi lain dari Beautification pada ponsel Android lainnya. Dengan maksud mengenali wajah orang lalu diedit dalam parameter tertentu yang lebih canggih.

Namun jangan salah kaprah, aplikasi tersebut tidak serta-merta membuat kamera ponsel Anda jadi bagus seperti ponsel Google Pixel 2 XL yang dinobatkan Smartphone Android dengan Camera terbaik per 2018 oleh DxOMark.

Itulah tutorial singkat mengenai Cara Menggunakan Google Camera di Xiaomi Redmi Note 5 Tanpa Root. Mudah menginstallnya dan tinggal akses buat menikmati fitur lebih praktis serta menghasilkan gambar lebih jernih dari biasanya.