2 Cara Menonaktifkan Video Chat di Instagram Notifikasi Call

Notifikasi fitur terbaru VC mengganggu. Menonaktifkan Video Chats Instagram Call jadi salah satu cara menghindarinya.

Video Call baru dirilis oleh Instagram beberapa hari lalu bersamaan dengan layanan IGTV. Namun, fitur ini kurang banyak disukai karena secara default menampilkan logo VC dalam kolom inbox / DM (Direct Message).

Jadi setiap orang yang mengikuti akun kita bisa langsung dan mudahnya mengajak video chat dengan menekan logo kamera di pojok kanan atas pada kolom inbox.

Terkadang, ada saja orang yang tidak dikenal tiba-tiba mengajak video call. Itu antara bingung siapa dan menakutkan ya kan? Mau diangkat tapi nggak kenal, kalau tak diangkat takutnya urusan penting. Pemberitahuan berikut akan muncul apabila Anda menerima VC dari akun orang lain.

"Incoming Video Chat From ...(username)..."

Nah, karena IG menyediakan fitur ini secara default aktif ke semua orang. Disini cara menonaktifkan video call Instagram berdasarkan pengalaman, ikuti tutorial berikut:

Cara Menonaktifkan Video Chat Instagram - Mematikan Fitur V-Call IG

Disini pakai dua metode, cara pertama paling simple yakni memblokir akun tersebut sedangkan tahap kedua dengan menonaktifkan pemberitahuan / notifikasi melalui menu Settings (Pengaturan).
  1. Masuk ke Instagram
  2. Menuju ke Pengaturan / Settings
  3. Pilih Push Notification / Notifikasi
  4. Scroll ke bawah, pada Video Chats pilih OFF

Cara Menonaktifkan Video Chat Call Instagram IG

atau kalau hanya mengizinkan Video Call dari orang yang Anda ikuti silakan pilih saja "From People I Follow".

Update! Cara alternatif dengan melakukan Mute Account dengan tujuan sama menonaktifkan notifikasi video call dari akun Instagram orang asing atau mantan misalnya.

1. Pada kolom chat, tap username "pelaku" akan dialihkan ke Details.
2. Muncul pilihan Mute Video Chats, aktifkan sampai berubah jadi warna biru. Seperti pada gambar berikut.

Instagram Video Chats Cara Blokir Notifikasi Call

Jika memilih OFF, dengan ini akun mana pun akan percuma melakukan Video Chats karena Anda tidak akan menerima notifikasi tersebut dari Instagram, nggak merasa terganggu lagi.

Kalau pilih From People I Follow, Anda hanya dapat terima notifikasi Video Call dari akun yang Anda ikuti (Following).

Sedangkan opsi From Everyone, semua akun dapat melakukan panggilan video bersama Anda. Kecuali akun yang diblokir.

Rasanya gengsi, kalau kita mau blokir bisa jadi itu akun teman, kerabat kerja, klien, atau orang yang biasa ditemui di kehidupan nyata tapi merasa terganggu dengan tingkahnya yang lebay di media sosial.

Yang harus dipahami, cara diatas tidak menghilangkan tombol video call dari kolom chat pada Instagram. Tapi hanya memblokir notifikasi VidCall masuk.

Keterangan dan Penjelasan Istilah di Video Chat Instagram: 
  • Didn't Join: artinya yang diajak Video Call-an tidak mengangkat atau menolak panggilan. 
  • Can't Join Your Video Chat: ini berarti akun tersebut otomatis memblokir VC masuk. Biasanya terjadi pada Verified Account memang yang terverifikasi itu selalu mendapatkan perlakuan istimewa dari Instagram. 
  • No One Joined: ketika melakukan Video Chat lebih dari satu orang, namun tidak ada yang menerima / mengangkatnya. 
  • Calling...: saat Anda coba lakukan video chat orang lain tapi terlalu lama "Calling..." lebih dari satu menit tanpa respon IG atau yang bersangkutan, bisa jadi akun Anda di-Mute.
Lagian Instagram aja-aja ada segala fitur medsos lain ditambahin semua ke platform mereka. Tapi ya mau bagaimana lagi demi bisnis, toh semenjak dua fitur tersebut dirilis kekayaan CEO Facebook Mark Zulkarnaen meningkat 23 triliun rupiah, sahamnya juga naik.

Demikian Cara Menonaktifkan Video Call di Instagram Chat pakai dua metode paling mudah sejagat raya.