11 Tips dan Trik Aplikasi Tik Tok Fitur Rahasia yang Berguna

Sekitar 11 Tips dan Trik Fitur Rahasia yang Ada di Aplikasi Tik Tok  - Sebuah aplikasi pemutar, editor dan berbagi video yang sedang populer sekarang bernama Tik Tok digemari millenials. Berdasarkan data lansiran TechCrunch, untuk wilayah Indonesia saja tercatat sekitar 20 juta pengguna aktif sejauh ini menggunakan TikTok.

Trik Rahasia Tik Tok Aplikasi.png

Angka tersebut meningkat secara signifikan membantu ekosistem penggunaan Tik Tok dari hari ke hari. Hingga beberapa kejadian viral diambil dari video Tiktok.

Dan tiktok seakan menjelma jadi kebutuhan generasi millenials pemilik gawai agar dapat berkreasi atau bahkan berkomunikasi dalam bentuk video. Mulai dari hanya iseng belaka, beradu kreatifitas, sampai mengasah kebutuhan editing sehari-hari banyak dipakai. Orang pun berbondong-bondong menginstal aplikasi Tik Tok ya minimal supaya tidak ketinggalan zaman.

Sampailah pada poin utama artikel ini tentang fitur baik tersedia atau tersembunyi dan rahasia yang ada di Tik Tok mungkin belum banyak diketahui orang, dan bisa saja bermanfaat bagi sebagian pengguna.

Inilah 11 Tips dan Trik Fitur Rahasia di Aplikasi Tik Tok

  1. Menghemat Kuota Tik Tok 
  2. Memantau Penyimpanan 
  3. Meminta Data Akun Sendiri 
  4. Menyimpan Video Tik Tok ke Galeri HP
  5. Cadangkan / Backup Video 
  6. Aktifkan Verifikasi Masuk 
  7. Tambahkan Pintasan 
  8. Akun Verified / Terverifikasi 
  9. Mengetahui Siapa yang Bisa Lihat Informasi Pribadi Kita 
  10. Menggunakan Tik Tok di PC Komputer / Laptop Windows 
  11. Manfaatkan Tik Tok Buat Mengirim File Video ke Komputer 

Menghemat Kuota Internet di Aplikasi Tik Tok 

Terkadang adanya unduhan otomatis ke dalam sebuah penyimpanan di Tik Tok, walau jarang terjadi. Tentu saja akan membuat kuota internet boros dan cepat habis karena pakai aplikasi seperti ini.

Beruntung, kini Anda bisa menonaktifkan melalui menu Pengaturan > Penyimpanan. Pada bagian Penggunaan Data terdapat pilihan "Undduh Otomatis Video" lalu centang "Saat Pakai Data Seluler" sebuah tampilan jendela munculan datang berisi video, kemudian hapus seluruh centang dan pilih "OK".

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Twitch Monetisasi

Pantau Penyimpanan Memori Internal

Terlalu asik main Tik Tok kadang lupa bahwa memori Internal Storage di HP cukup terbatas apalagi ponsel dengan kapasitas ROM 16 GB. Untuk itu kita harus sering memantau berapa penyimpanan yang tersisa.

Caranya: Masuk ke Menu "Penyimpanan" di bagian atas terdapat pilihan "Penggunaan" bisa digunakan untuk memantau jumlah Cache terpakai, cara tersebut juga dapat melihat pemakaian kuota internet seperti pada poin nomor 1 diatas tadi.

Selain itu Anda juga dapat mengetahui faktor apa saja biang keladi yang bikin memori internal cepat penuh pada aplikasi TikTok.

Minta Data 

Ketatnya regulasi data privasi terbaru (GDPR) membuat hampir seluruh layanan digital memperbarui kebijakannya mulai dari WhatsApp, Google, Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan kita juga bisa meminta semua data pribadi ke Tik Tok.

Caranya gampang cukup masuk ke Pengaturan > Akun > Minta Info Akun. Data akan masuk ke memori internal dalam format Zip berisi seluruh informasi pribadi akun Anda, aktivitas postingan sampai video juga ada.

Aplikasi Paling Banyak App Store.png

Back Up Data Akun Tik Tok 

Untuk sebagian orang cadangkan atau back up data sebuah akun sangat penting sebagai upaya antisipasi. Tik Tok sendiri sebenarnya dapat otomatis backup dalam bentuk Cloud Storage (Penyimpanan Awan) melalui database mereka.

Hanya saja kita diberikan opsi apakah ingin mengirim data hasil backup ke email milik sendiri atau punya orang lain (Transfer Data).

Caranya juga cukup mudah tinggal menuju Setelan > Video > Riwayat kemudian pilih video mana saja yang mau dicadangkan atau dikirim. Sayangnya harus memilih satu persatu tidak bisa sekaligus, nah selanjutnya Tik Tok bakal kasih pilihan mau seluruh data didalamnya termasuk teks atau cuma video saja. Setelah memilih, lalu Anda dialihkan ke aplikasi Email di HP.

Save! Menyimpan Video Tik Tok ke Galeri HP 

Suka sama kreasi video orang lain tapi bingung cara simpannya? Kini Anda dapat menyimpan karena selain unggahan, Tik Tok juga menyediakan opsi simpan ke galeri Smartphone.

Caranya pun simple: Masuk ke video yang ingin disimpan, pada menu Lainnya di sisi kanan layar HP pilih "Save Locally" dan secara otomatis akan menyimpan video ke memori internal ponsel dan Anda dapat memutarnya tanpa koneksi internet.

Aktifasi Verifikasi Masuk Dua Langkah 

Mengaktifkan verifikasi masuk sebagai upaya mengamankan akun Tik Tok ketika digunakan di perangkat berbeda. Dengan aktifnya verifikasi ini mewajibkan pengguna memasukkan nomor PIN tambahan, mirip seperti Pinterest dan LinkedIn.

Bagaimana Menggunakan Aplikasi Tik Tok di PC Komputer / Laptop 

Setelah pembaruan, Tik Tok kini mendukung Windows OS artinya dapat digunakan di PC (Komputer) atau Laptop. Saran kami, pada perangkat mendukung kamera jadi untuk menggunakannya semakin praktis. Anda bisa install TikTok for Windows PC di situs resmi atau melalui Microsoft Store

Dan itulah 11 Tips dan Trik Aplikasi Tik Tok Fitur Rahasia yang berguna bagi nusa bangsa generasi micin.
11 Tips dan Trik Aplikasi Tik Tok Fitur Rahasia yang Berguna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun