Apa Itu Shark Cards GTA Online dan Cara Dapat Cash Gratis

Kalau kamu suka main Grand Theft Auto Online (GTA V) pasti menemukan yang namanya Cash Cards dengan menggunakan nama brand "Shark".

Apa Itu GTA Shark Cards Cash Gratis.png

Apa Itu GTA Shark Cards Cash?

Cash Cards atau disebut juga Shark Card adalah sebuah alat micro-transaksi opsional yang tersedia di GTA Online. Dengan menggunakan kartu ini Anda dapat membeli beberapa konten dan fitur unik. Mirip In-App-Purchase (IAP) gitu fungsinya kalau di game Android.

Dalam implementasinya, Rockstar memakai nama "Shark" untuk beberapa jenis level kartu dengan nominal berbeda mulai dari 50 ribuan sampai sejutaan dengan uang GTA$ dari 100 ribu dolar San Andreas sampai 8 juta.

Cash Cards ini juga dipromosikan lewat beberapa stasiun radio di Los Santos dengan sejumlah tipe SharkCards yang tidak tersedia untuk dibeli.

Awalnya hanya tersedia nominal kecil, namun dalam perkembangannya Rockstar menambahkan update beberapa jenis kartu hingga nominal GTA$ yang besar ketika melakukan update DLC. Pembelian Shark Cash Cards ini bersifat opsional.

Jenis Shark Cards di GTA Online
  • Red Shark: Nominal Uang di GTA / GTA$ $100,000 (Harga Asli $3,00 / Rp 40,000 - rate per April 2018.
  • Tiger Shark: $200,000 (US$5,00)
  • Bull Shark: $500,000 (US$10,00)
  • Great White Shark: $1,250,000 (US$20,00)
  • Whale Shark: $3,500,00 (US$50,00)
  • Megalodon Shark: $8,000,000 (US$100,00)
Penjelasan dan Fungsi GTA Shark Cards Cash.png

Beberapa penjual di situs belanja online menjajakan harga ada yang lebih murah atau bahkan terlampau mahal.

Baca pula:
Diprotes

Meskipun kesuksesannya telah memberikan banyak keuntungan berupa profit bagi Rockstar namun keberadaan Cash Cards ini diprotes oleh pengguna.

Kenapa? Ya mungkin karena ketidakseimbangan pemain dalam GTA Online. Dalam review negatif menyebutkan mereka tidak mau game ini seperti Point Blank yang harus beli voucher sana-sini buat dapat konten serta item fitur unik tambahan. Seperti mengurangi keseruan bermain.

Fakta Kartu

Saat pertama kali diluncurkan, Shark Cards didesain menggunakan mirip seperti kartu Maze Bank dengan tekstur berbeda.

Pertama diluncurkan cuma ada empat jenis kartu yakni: Red Shark, Tiger Shark, Bull Shark dan Great White Shark. Seiring berjalannya waktu ditambah dua yakni Whale Shark dan Megalodon Shark dalam update konten DLC pada Desember 2013 serta Maret 2014 atas permintaan sejumlah pihak.

Hal yang Wajib Diperhatikan

Harap perhatikan beberapa hal sebelum kamu beli kartu Cash Cards di GTA Online termasuk:
  1. Update Game dalam versi terbaru
  2. Akun PSN yang dipakai buat beli GTA Shark Cash wajib sama beserta region Game-nya.
Misalnya: GTA Region 3 Asia, cuma bisa pakai Add-On / DLC dan GTA Shark Cash yang dibeli menggunakan akun PSN Region 3 Asia yakni Indonesia, Hong Kong, Singapore.

Bagaimana cara mengetahui atau melihat jenis region akun PlayStation Network (PSN)?

Sign-in / Masuk ke PlayStation Store atau PlayMemories dan lihatlah mata uang di dalamnya. Berikut penjelasannya:
  • US$ / Dolar AS = Artinya Region 1 (Negara Amerika Serikat / US)
  • £ / Poundsterling = Eropa / Region 2 Europe (Britania Raya, Inggris / UK)
  • ¥ / Yen = Region 2 Asia Japan (Jepang) 
  • Rp / Rupiah, SGD / Singapore Dollar / HK$ Hong Kong = Region 3 Asia.
  • A$ / AUS = Region 4 (Australia)
Kalau kamu beli pakai akun PSN dengan region yang beda dengan region game, maka GTA Shark Cash tidak bisa dipakai setelah beli kartu. Jadi sekali lagi harap teliti sebelum membeli supaya tidak sia-sia.

GTA Shark Cards Cash Harga.jpg

Cara Membeli GTA Shark Cash DLC untuk PS3 & PS4 di PlayStation Store
  • Pastikan sudah Login, lalu masuk ke PlayStation Store.
  • Lewat fitur pencarian, ketik "Shark Cash".
  • Akan muncul tampilan konten dan cari fitur atau item yang mau kamu beli, lalu isi ulang saldo / wallet menggunakan PSN Card dengan nominal yang sama di harga item DLC atau lebih dikit, intinya yang mendekati.
  • Sudah? Lanjut, pilih "Add to Cart". Tinggal selesaikan pembayaran pakai instant wallet PSN. Dan konten yang kamu beli otomatis akan masuk ditambahkan ke Cart.
Nah untuk melihat apakah saldo Cash Card sudah masuk atau belum silakan main GTA Online dan cek rekening bank dalam karakter kamu.

Caranya ambil ponsel di karakter GTA Online dan masuk ke browser internet lalu ketik www.maze-bank.com nanti akan tampil saldo Shark Cash.

Q: Saya sudah beli Card, tapi kok saldo Shark Cash tidak ada di GTA Online?
A: Kalau belum muncul juga silakan hubungi Rockstar di tautan berikut https://support.rockstargames.com/hc/en-us/requests/new sertakan bukti pembelian entah berupa kode / ID / nomor invoice dan sebagainya jika ada.

Cara Beli Shark Cash GTA Online PC Lewat Steam

Khusus metode ini bagi kamu yang pakai Grand Theft Auto 5 versi Steam.
  1. Isi saldo Steam Wallet sesuai harga konten DLC di GTA V Online dan lakukan pembayaran dari item yang ingin dibeli setelah menambahkannya ke Cart.
  2. Untuk cek apakah sudah masuk atau belum, sama seperti diatas melalui browser HP karakter GTA kamu dan cek situs Maze Bank.
Bagaimana Cara Dapat Shark Cards GTA V Gratis?

Tidak ada main curang dalam hal ini. Kalian harus mengikuti event tertentu yang digelar Rockstar atau platform game seperti Sony PlayStation dan Microsoft Xbox. Biasanya Sony melalui fanpage di Facebook mengadakan kuis berhadiah Shark Cards GTA V hingga 200 ribu US dolar uang Grand Theft Auto.

Walau udah jarang main GTA Online, baru-baru ini saya sering ikutan kuis dari Rockstar San Diego yang lagi bagi-bagi saldo Shark Cards gratis setiap akhir pekan. Puncaknya pada ulang tahun Rockstar North Games beberapa pekan mendatang akan ada grand-prize melimpah.

Akhir kata di artikel Apa Itu Shark Cards GTA Online dan 5 Cara Dapat Cash Gratis sebaiknya segera nikmati saldo Grand Theft Auto Anda karena nanti ketika GTA 6 dirilis, server Rockstar untuk eidisi sekarang akan dinonaktifkan.
Apa Itu Shark Cards GTA Online dan Cara Dapat Cash Gratis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun