2 Cara Flash Xiaomi Mi Max 3 Flashing Gampang Pakai PC

Cara Flash Xiaomi Mi Max 3 Pakai PC - Rutinitas Flashing ponsel Android barangkali sudah jadi hal lumrah ya karena beberapa masalah serta kerusakan ringan hingga berat kadang-kadang untuk memperbaikinya pakai cara Flash Smartphone.

Cara-Flashing-Xiaomi-Mi-Max-3-Install-TWRP.jpg

Tidak terkecuali buat yang mengalami masalah pada Mi Max 3, tersedia beberapa metode baik menggunakan Mi Flashtool dengan keadaan Locked atau Unlocked Bootloader. Opsi cukup membantu sebab banyak dari pengguna ingin langsung flashing tanpa bongkar sana-sini terlebih dahulu.

Nah bedanya kalau HP Xiaomi Anda dalam kondisi Locked Bootloader tidak bisa flash pakai Mode Fastboot. Ada pun keuntungan / kelebihan flashing Mi Max 3 antara lain:
  • Memperbaiki Xiaomi Mi Max 3 Bootloop, Hardbrick, Mati total layar touchscreen error tidak berfungsi.
  • Mengatasi Xiaomi Mi Max 3 lupa pola kode, kata sandi / password, PIN.
  • Mi Max 3 nge-hang, lag, blank apalagi setelah root, restart sendiri.
  • Untuk custom ROM dari MIUI ke Stock Android murni misalnya.
  • Serta beragam manfaat lain dari Flashing.
Sebelum eksekusi, persiapkan bahan-bahan dibutuhkan agar proses Flashing berjalan lancar tanpa kendala, antara lain:
  1. Software / Firmware Xiaomi Mi Max 3 (Bebas sesuai selera, Global Stable Beta atau China ROM, tapi saya sarankan yang versi Global saja) Fastboot Recovery.
  2. Tools Mi Flash - Minimal ADB & Fastboot Driver.
  3. Mi Flashtool 
  4. Koneksi Internet stabil 
  5. Kopi, cemilan, cangcimen bacang aci permen 
  6. Berlaku juga untuk Flash Mi Max 3 Pro
Saya tidak akan membagikan link tautan menuju software dan bahan-bahan lainnya diatas karena satu & lain hal. Jadi silakan cari sendiri kalau sudah dapat filenya, lanjut kita eksekusi. 
Disclaimer: Segala proses flashing menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna (user). Pahami risiko / konsekuensi sebelum melaksanakannya, apabila ragu sebaiknya meminta bantuan pada ahlinya.

Cara Flash Xiaomi Mi Max 3 Flashing Pakai PC

Metode pertama ini khusus untuk ponsel yang keadaan Unlock Bootloader Mi Max 3.

1. Install ADB Driver serta Fastboot melalui PC Komputer atau Laptop Anda serta simpan di folder yang gampang ditemukan.

2. ADB & Fastboot merupakan driver tambahan, apabila sudah selesai lanjut dengan menginstall Mi Flashtool, masih di PC.

3. Kalau ada notifikasi meminta Allow Driver klik saja, OK / Next, lanjut seterusnya karena file ini cukup penting demi kelancaran proses flash Mi Max 3.

Cara-Flash-Xiaomi-Mi-Max-3-Flashing-Tanpa-PC.jpg

4. Jika kedua file driver telah berhasil terinstall, sekarang saatnya nonaktifkan ponsel Xiaomi Anda untuk sementara.

5. Setelah ponsel keadaan mati, tekan sambil tahan tombol Volume Down & Power secara bersamaan. Dari sini, Anda dialihkan ke Mode Fastboot. Ingat ini metode pertama buat yang Unlock Bootloader, kalau Locked nanti di proses metode kedua tanpa masuk fastboot.

6. Kalau HP sudah masuk mode Fastboot, hubungkan Mi Max 3 ke PC memanfaatkan kabel USB dalam kondisi normal disarankan pakai USB Cable bawaan dari kotak pembeliannya.

7. Jika telah terhubung ke pastikan kembali bahwa Smartphone terkoneksi dengan baik cek lewat Mi Flashtool lalu tekan Refresh, apabila tidak terdeteksi di desktop sebaiknya jangan lanjutkan proses ini dan cabut kabel.

8. Sudah terhubung / terdeteksi? Saatnya pilih Browse dan cari file ROM Fastboot yang telah Anda ekstrak serta install pada tahap nomor 1 tadi.

9. Akan muncul menu, tekan tombol Flash, sampai sini proses Flashing Mi Max 3 bakal berjalan otomatis.

10. Tunggu beberapa menit selama proses flashing jangan sampai tercabut kabel USB-nya. Apabila telah selesai silakan lepas kemudian nyalakan kembali ponselnya.

Sekarang mari kita ke metode berikutnya ini khusus Flashing Xiaomi Mi Max 3 Locked Bootloader. Jangan sampai tertukar.

Untuk tahapnya dari nomor 1 sampai 4 sama seperti Unlocked diatas tadi, jangan lanjut ke poin 5 karena kalau sistemnya Locked Bootloader tidak bisa masuk Mode Fastboot. Langsung saja ya:
  • Masuk ke mode edit dengan menggunakan dua opsi yakni EDL Test Poin atau pakai kabel DFC.
  • Setelah selesai pastikan lagi kalau ponsel Anda telah masuk ke dalam mode Fastboot / EDL.
  • Jika sudah, hubungkan HP ke PC dengan kabel USB.
  • Pada desktop kalau sudah terdeteksi ada tulisan Qualcomm HS-USB, silakan cari itu nama perangkat ponsel Xiaomi Anda.
  • Buka Mi Flashtool, klik Refresh maka device Anda akan terkoneksi / terbaca pada file.
  • Pilih Browse, buka file ROM Fastboot lalu tekan tulisan Flash.
  • Tunggu hingga proses flashing selesai dilakukan, kalau sudah tinggal nyalakan lagi HP-nya. Review kembali hasilnya, cek apakah sesuai.
Mana lebih baik? Sebetulnya metode Locked dan Unlocked Bootloader untuk flashing Mi Max 3 adalah opsi menguntungkan tergantung selera, tapi lebih mudah dalam kondisi Unlock karena praktis langsung masuk Mode Fastboot sudah bisa melakukan Flash TWRP, ROM, dan lainnya.

Ponsel Mi Max 3 merupakan idaman baru karena secara kualitas dan kuantitas terbilang mumpuni. Pakai user interface MIUI Global versi 9 panel layar berjenis IPS LCD 6 inch rasio 18:9 kerapatan densitas 350 ppi, dengan harga 3-4 jutaan rupiah sudah dapat kualitas hasil kamera bagus di foto alias gambarnya, spesifikasi prosesor gahar, kapasitas baterai besar.

Xiaomi Mi Max 3 berbahan bodi aluminium belakang dan kaca di depan menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 636 pilihan memori RAM 4GB & 6GB serta Internal Storage 64GB & 128GB baterai hingga 5500 mAh mendukung fitur Fast Charging (Quick Charge 3.0) tiga varian warna Hitam, Emas dan Biru. Kekurangan Mi Max 3 hanya sistem slot SIM Hybrid.

Ya begitulah kurang lebih Cara Flash Xiaomi Mi Max 3 Flashing Pakai PC yang berguna untuk memperbaiki dan mengatasi kerusakan atau masalah error pada ponsel tersebut.