Cara Mengubah Kuota Social Chat Smartfren Jadi Reguler

Bagaimana Cara Mengubah Kuota Social Chat Messaging Smartfren Jadi Reguler Biasa - Smartfren belakangan ini baru merilis paket data dalam bentuk voucher dengan harga terjangkau mulai dari 3GB hingga 16 GB.

Namun, dalam rinciannya paket tersebut ternyata dibagi menjadi kuota utama, midnight dan kuota Sosial Chatting, ini mirip dengan Bonus Akses Messaging.

Apa Itu Kuota Social Chat Smartfren?

Kuota Social Chat Smartfren adalah internet data yang hanya bisa digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp, dan LINE Messenger.

Voucher data Smartfren terbaru ini dibanderol mulai dari Rp 10,000 untuk 3GB hingga Rp 60,000 dapat yang 16GB, pembagiannya masing-masing 50% kuota utama reguler dan midnight, sosial chat dapat berupa FUP.

Mengubah Kuota Sosial Chat Smartfren

Menurut situs resmi Smartfren, voucher data murah ini dirilis agar pengguna tidak lagi pakai kartu perdana sekali pakai mengingat sekarang ada aturan baru dari Kemkominfo soal pembatasan kepemilikan kartu prabayar.

Untuk bisa menikmati voucher data tersebut, hanya pengguna dengan kartu prabayar yang bisa dan masing-masing voucher memiliki masa aktif sesuai harga yang dipatok.

Nah, kalau masa aktif periode kartu sudah habis namun kuota utama atau chat masih tersisa maka tidak akan diakumulasikan.

Kalau beli dua voucher sekaligus bagaimana? Masa aktifnya digabung atau tidak? Jawabannya, tidak diakumulasi.

Misalnya pelanggan sedang menggunakan paket Unlimited 4G Data Plan namun ingin juga pakai Voucher Smartfren yang baru ini, maka yang terpakai duluan adalah kuota dari Voucher.

Masalahnya, tidak semua orang suka dengan pembagian kuota tersebut.

Ada yang ingin paketnya utuh jadi reguler bisa mengakses layanan lain seperti browsing, buka streaming YouTube dan lain-lain.

Beruntung saat ini ada aplikasi karya anak bangsa, yaitu KPN Tunnel Revolution yang dapat mengubah kuota Social Chat Smartfren jadi reguler biasa untuk browsing.

Aplikasi KPN Tunnel Rev juga sebelumnya bisa digunakan untuk trik mengubah kuota iFlix Super Nonton XL serta VideoMax Jadi Flash Reguler.

Trik Cara Mengubah Kuota Social Chat Smartfren Jadi Reguler Biasa 

Disini kita pakai metode KPNTunnel Rev, karena fitur akun SSH telah mendukung sistem SSL / TLS jika dibandingkan versi biasa.

Pertama: Install aplikasi KPN Tunnel Revolution di Google Play Store, Gratis!

Kedua: Buka, isi kolom Server Spoof dengan bug host berupa v.whatsapp.net kemudian bagian Tipe Proksi pilih SSL/TLS Direct pada Port Lokal biarkan di angka 2323..

Ketiga: Cek menu di pojok kanan atas KPN Tunnel Rev dan pilih bergambar garis horizontal untuk masuk ke Pengaturan.

Keempat: Pilih SSH Tunnel dan centang, kemudian isilah dengan akun SSH milik Anda masing-masing yang support SSL

Isilah hanya bagian Server SSH (IP/Host, Port, Port Udpgw) dan Akun Pengguna (Nama Pengguna, Kata Sandi), untuk pengaturan lain biarkan default / sesuai bawaan.

Kalau masih bingung bagaimana cara mendapatkan akun SSH SSL TLS gratis, coba cek Google dengan kata kunci 'Create SSH SSL'.

Setiap akun SSH biasanya memiliki masa aktif 3 sampai 7 hari, jadi dalam rentang waktu tersebut Anda harus buat ulang akunnya di situs tempat pembuatan akun favorit Anda.

Kurang lebih seperti itulah Cara Mengubah Kuota Social Chat Messaging Smartfren Jadi Reguler biasa, bisa menggunakan data tersebut untuk browsing atau streaming.