Alasan Lidya, Ikha dan Naomi Kompak Graduate dari JKT48

Belum lama dikejutkan keputusan graduate Made Devi Ranita, JKT48 kembali ditinggalkan sekaligus tiga anggotanya dan semuanya dari generasi kedua yakni Riskha Fairunissa (Ikha), Lidya Maulida Djuhandar dan Shinta Naomi Prasetya.

Lidya Graduate JKT48 Shinta Naomi Riskha Ikha Keluar

Dua anggota Team KIII dan satu Team J tersebut memutuskan mengumumkan kelulusannya di acara "3rd Announcement Event Pre Sousenkyo", setelah menyatakan ketidak-ikutsertaan mereka dalam ajang pemilihan member single ke-20 JKT48 mendatang.

Acara yang dipimpin kapten grup Shania Junianatha tersebut disiarkan secara langsung menggunakan media platform situs berbagi video YouTube lewat kanal resmi JKT48, Jum'at (17/8) sore di mal fX Sudirman.

Baik Lidya, Ikha maupun Naomi sama-sama mengutarakan alasannya selama pengumuman yang merupakan bagian dari proyek Re:Boost itu.

Shinta Naomi Graduate Karena Bosan

Naomi yang sudah berkecimpung di JKT48 selama hampir enam tahun merasa dirinya harus menerima kenyataan buat keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru tanpa harus meninggalkan industri hiburan.

"Aku bahagia bisa sejauh ini jadi member JKT48, pastinya nggak gampang. Tapi berkat dukungan, doa dan kepercayaan teman-teman, fans sampai keluarga juga aku bertahan sampai sekarang." kata Naomi.

"Tapi aku berpikir sekarang sudah saatnya buat cari pengalaman baru dan lebih mengembangkan bakat terpendam. Keputusan ini sudah dipikirkan sejak jauh hari, terima kasih banget buat semuanya." lanjutnya.

Sementara Lidya Maulida yang satu angkatan dengan Shinta Naomi dan Riskha Fairunissa sebelumnya tak mengetahui bahwa kedua rekannya tersebut juga bakal mengejutkan penggemar.

Lidya keluar dari JKT48, beralasan ingin lebih mendalami ilmu yang sedang ditekuninya. Saat ini ia berkuliah di STIKOM London School of Public Relation (LSPR) Jakarta Pusat.

Di sisi lain, Ikha memohon maaf pada penggemar atas keputusannya keluar karena dirinya juga mulai fokus di bidang Advertising. Riskha baru merayakan wisuda bulan Juli lalu dari kampusnya Universitas Paramadina sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi.

Ikha Lulus JKT48 Grad Keluar Riskha Fairunissa.jpg

Dengan lulusnya Ikha, Lidya serta Naomi total hanya ada kurang lebih 52 member JKT48 bersaing demi mencapai kursi panas Senbatsu Sousenkyo. Sebelumnya Dwi Putri Bonita sudah lebih dulu umumkan kelulusannya.

Karier Naomi JKT48

Bergabung sebagai anggota generasi kedua dengan adiknya, Sinka Juliani, Shinta Naomi diajak ke Jepang November 2012 buat bertemu produser Yasushi Akimoto bersama member seangkatan lainnya untuk diperkenalkan usai gagal ketika mengikuti audisi generasi pertama.

Penampilan debut on-air nya disiarkan langsung saat menghadiri acara musik dahSyat RCTI. Naomi dipromosikan ke Team KIII saat baru dibentuk, Juni 2013 juga langsung ditunjuk jadi kapten tim. Dua tahun kemudian ditransfer ke Team J sebelum akhirnya balik lagi pada ajang JKT48 Grand Shuffle 2016.

Empat kali partisipasinya di Senbatsu Sousenkyo, Shinta Naomi hanya meraih peringkat tertinggi posisi ke-23. Tahun lalu rankingnya terlempar dari 32 besar alias Not Ranked, sedangkan Sub-unit yang melibatkan dirinya "JKT48 Dangdut" sampai kini juga terlantar.

Karier Ikha di JKT48

Sama seperti Naomi, Ikha gabung dan debut barengnya beserta Lidya. Di JKT48, Riskha Fairunissa sempat menjuarai kompetisi "Calendar Senbatsu 2016" membuatnya tampil di kalender spesial bulan Januari.

Sebelum ditransfer ke Team J, Ikha sempat satu tim dengan Naomi dan Lidya di Team KIII. Senbatsu Sousenkyo JKT48 edisi kedua merupakan raihan tertingginya sejauh ini, Riskha menempati peringkat ke-11 membuatnya masuk jajaran 16 member terbaik.

Beriringan dengan keputusan lulus tiga anggotanya, JKT48 lanjutkan program Re:Boost dengan beberapa pengumuman diantaranya:
  1. Gelaran JKT48 Theater 6th Year Anniversary
  2. JKT48 Circus Luar Pulau Jawa, Segera!
  3. Kompetisi baru bertajuk "JKT48 1st Sport Competition 2018" digelar di Gelanggang Olahraga Pertamina Simpruh melibatkan seluruh tim.
Shania Junianatha menutup acara pertemuan sore itu dengan berterima kasih pada penggemar dan meminta terus dukungannya buat JKT48.