Oppo F9 Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Fitur

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F9 Beserta Harga serta Spesifikasi - Pertengahan kuartal ketiga tahun 2018 Oppo memang sedang gencar-gencarnya merilis produk terbaru mereka, terakhir inovasi terbarunya mengguncang jagat perponselan tanah air dengan teknologi canggihnya di Smartphone unggulan Oppo Find X.

Oppo F9 Kelebihan Kekurangan Harga Spesifikasi.jpg

Kini Oppo F9 dengan tagline #F9BreakTheLine dirilis semakin memperketat persaingan pangsa pasar industri gadget, ponsel flagship generasi penerus F7 series. Memang masih tetap menyematkan layar berponi alias Notch, namun lebih presisi ke tengah kali ini serupa seperti pada Smartphone Essential Phone.

Gawai unggulan Oppo F9 kali ini membawa fitur yang tidak kalah keren dari sesepuhnya, tetap mengedepankan faktor kualitas kamera. Di sisi lain dalam segi penyimpanan tak jauh berbeda daripada F7 series namun ada satu hal menarik lainnya.

Ponsel Oppo F9 bakal jadi Smartphone Android pertama yang menggunakan teknologi pelindung layar terbaru bernama Corning Gorilla Glass 6, versi enam proteksi alias Screenguard alami tersebut juga baru dirilis beberapa waktu lalu dan sebagai penyuplai, Corning Materials membanggakan produk baru mereka itu menjanjikan pengalaman lebih mengedepankan aspek keamanan pada layar ponsel.

Sebelum beli dan melihat harga baru atau harga bekas Oppo F9 sebaiknya mengulik fitur apa saja serta jeroan Smartphone yang digadang-gadang bakal laris di pasaran ini.

#1. Hardware - Menjanjikan Performa Powerful 

Secara garis besar spesifikasi Oppo F9 menggunakan dapur pacu SoC Chipset MediaTek MT6771 Helio P60, dipadu CPU prosesor Octa-core 4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53 lalu GPU Mali-G72 MP3. Yang sangat disayangkan ternyata chipsetnya sama persis seperti di Oppo F7 yakni Helio P60.

Sejujurnya kalau dari harga tak jauh berbeda, ya tidak masalah. Tapi kemungkinan masyarakat akan mempertimbangkan cukup matang kalau Oppo F9 jauh lebih mahal dari banderol F7 yang dirilis belum lama ini. Dengan catatan, mereka memperhatikan detail CPU tersebut demi kelancaran kinerja atau performa multitasking bahkan gaming.

Sedangkan pada memori tersemat kapasitas RAM dalam dua varian 4GB dan 6GB, lalu penyimpanan internal storage antara 64GB serta 128GB. Tidak sampai disitu saja, pengguna dapat leluasa menambahnya lewat eksternal Micro SD Card hingga 256 Gigabyte yang kini telah berstatus Triple Slots (Non-Hybrid).

Maksudnya non-Hybrid, pengguna dapat memakai dua kartu SIM sekaligus ditambah satu Micro SD Card, istilahnya Dedicated slot. RAM 6GB mungkin telah jadi standar ponsel unggulan alias Smartphone flagship saat ini mengingat aplikasi Android zaman sekarang sudah mulai menguras cukup banyak kinerja HP.

Balik lagi ke Chipset, fanboy Snapdragon pasti bakal kecewa karena Oppo F9 masih dan lagi-lagi pakai Mediatek yang selalu mereka remehkan. Padahal, harus dicatat bagus atau jeleknya CPU bukan berdasarkan dibuat oleh siapa tapi menyesuaikan kebutuhan dan merek Chipset tersebut.

Misal mau main PUBG / Fortnite Mobile jelas Mediatek Helio P60 lebih lancar dalam memproses dibanding Snapdragon 212. Tapi yang namanya fanboy selalu ada alasan untuk membantah segala asumsi serta opini bahkan fakta sekalipun, kita cuma bantu meluruskan agar tidak terlalu fanatik pada suatu produk. Lanjut!

#2. Kamera - Produksi Kualitas Hasil Foto / Gambar dan Video 

Satu hal yang menarik Oppo F9 dilengkapi dual kamera utama beresolusi 16MP dan 2MP dengan lensa bukaan aperture F/1.9. Software bawaannya ada PDAF, Depth sensor, LED Flash, HDR - High Dynamic Range, Panorama, touch-focus, phase detection autofocus, dan dapat merekam video 1080p@30fps.

Sedangkan di kamera depan Oppo F9 resolusinya 25 Megapiksel berlensa aperture f/2.0. Fitur bawaannya juga tidak berbeda seperti di F7 bahkan cenderung adanya sedikit peningkatan di segi Artificial Intelligence / AI Beauty Technology, kedalaman sensor termasuk menghasilkan kualitas foto ketika efek bokeh diaktifkan.

Bicara soal kamera Oppo memang tidak main-main, sekali rilis resolusi jumbo diberikan terutama di produk unggulan mereka. Tapi pengguna harus cerdas bahwa foto bagus dihasilkan semata-mata bukan cuma karena Megapiksel tapi faktor lain seperti pengambilan gambar, lensa bukaan, dan hal-hal lainnya.

Fotografer profesional pakai HP dua jutaan seperti Oppo A3s bisa menghasilkan foto lebih bagus dibanding masyarakat awam pakai ponsel belasan juta tapi asal jepret mengharapkan hasil gambar sempurna. Maunya instan.

#3. Daya Tahan Baterai Terjamin Awet 

Baterai yang disematkan Oppo F9 berkapasitas cukup 3500 mAh dapat digunakan berlama-lama untuk kebutuhan main game, multitasking, chatting, streaming. Dukungan fitur Fast Charging (support Qualcomm Quick Charge 3.0) juga membuat pengisian ulang daya batre semakin cepat.

Sayangnya belum ada Wireless Charging merupakan suatu kekurangan Oppo F9 tersendiri, karena ponsel flagship saingan sekelasnya semua telah menyematkan fitur tersebut.

#4. Layar dan Fitur Lainnya 

Oppo F9 menggunakan panel LTPS IPS LCD Capacitive touchscreen berukuran 6,3 inci resolusi 1080 x 2280 piksel serta aspek rasio 19:9 dengan kerapatan densitas 400 ppi bikin mata tidak pusing, multitouch dukungan sampai 10 jari.

Nah seperti tadi sudah dibahas di awal artikel, bahwa proteksi layar terbaru Corning Gorilla Glass 6 diimplementasikan sekaligus jadi kelebihan Oppo F9 sebagai ponsel pertama yang menggunakan teknologi pelindung layar Smartphone terbaik sejauh ini.

Sementara tampilan antarmuka (UI / User Interface) sudah paling baru Android 8.1 Oreo, dengan catatan ketika F9 dirilis Android P belum resmi keluar. Namun UI tersebut telah dikustomisasi ala ColorOS versi 5,2.

Lagi-lagi saya temukan kekurangan Oppo F9 rupanya masih pakai microUSB 2.0 disaat yang lain sudah menggunakan USB Type-C seakan mereka rela jauh tertinggal. Mungkin pengguna awam tak terlalu mempermasalahkan hal ini. Tapi sudah bisa pakai USB On The Go (OTG).

Sedangkan sensor tersedia seperti sidik jari (Fingerprint) hingga Gyroscope dalam bentuk dua Software sekaligus Hardware bikin pengalaman bermain game atau menonton film jadi makin asyik berkat Virtual Reality.

Untuk multitaskting, berselancar media sosial, berkomunikasi lewat chatting, nonton film streaming, boleh lah Oppo F9 recommended. Sesekali main game ringan juga lumayan, terlebih Helio P60 sudah bisa menjalankan PUBG Mobile.

Berikut Spesifikasi dan Kelebihan Oppo F9 Lengkap beserta harga baru dan bekasnya.

Jaringan
KoneksiGSM / HSPA / LTE
SIM Nano dan Dual SIM Standby
Sinyal4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 19.1/4.58 Mbps
GPRSYa
EDGEAda
Platform
SistemAndroid OS, v8.1 (Oreo) || Customed UI ColorOS 5
ProsesorOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
Chipset / CPUMediatek MT6771 Helio P60
GPUMali-G72 MP3
Bodi
Dimensi184 x 78.4 x 8.7 mm
Berat183 gram
WarnaRed (Merah) / Blue (Biru) / Gradient (Gradasi)
Layar
JenisLTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran6,3 inci
Resolusi1080 x 2280 piksel (Full HD+), Rasio 18:9
MultitouchYa
ProteksiCorning Gorilla Glass 6
SensorAccelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass
Memori
EksternalmicroSD Card, hingga 256GB
Internal Storage64GB / 128GB
RAM4GB / 6GB
Kamera
BelakangDual 16MP + 2 MP, autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging, touch focus, HDR, face detection, AI Beauty, panorama
Video1080p@30fps
Depan16MP
Multimedia
MusikYa
RadioFM Radio
GamesJelas Bisa
PenandaMP3, WAV ringtones
LoudspeakerTentu Saja
3.5mm jack audioTersedia
Baterai dan Power
JenisNon-Removable / Tidak Bisa Dilepas Li-Ion 4000 mAh battery / Quick Charge 3.0
Talk time 3G12 Jam
Perilisan
Diumumkan2018
Harga
Harga BaruRp 4,6 Jutaan
Harga BekasRp 4,1 Juta (2018)

Keunggulan / Kelebihan Oppo F9 
  1. RAM super jumbo 6GB varian. 
  2. Proteksi layar terbaru Corning Gorilla Glass 6. 
  3. Kamera depan dan belakang terbaik di kelasnya. 
  4. Sudah mendukung teknologi AI Beauty Tech. 
  5. Triple SIM - Dedicated Slot.
  6. Pengolah grafis tercanggih Mali-G72 MP3 
  7. Layar pakai panel LTPS IPS LCD. 
Kelemahan / Kekurangan Oppo F9 
  1. Masih pakai Micro USB. 
  2. Bluetooth belum versi 5, transfer data tidak secepat itu. 
  3. Tidak tersedia port infra merah 
  4. Bobot cukup berat 
  5. Belum ada sertifikasi IP68 Tahan Air / Debu. 
Oppo F9 bakal tersedia di Indonesia dan jual garansi resmi harga mulai Rp 4,6 Jutaan mungkin kalau bisa Anda dapatkan banderol lebih murah lewat Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak dalam varian warna Merah dan Biru. 

Demikian pembahasan terkait Oppo F9 Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Fitur yang diberikan.