Harga Baterai iPhone XS Max / XR dan Cara Menggantinya

Tutorial Cara Ganti Baterai iPhone XS Max / XR - Harga aksesoris seluruh perangkat Apple memang terbilang mahal karena mayoritas produknya eksklusif, tidak terkecuali biaya pergantian baterai baru untuk iPhone XS Max, XS dan iPhone XR yang berdasarkan riset pasar berkisar 200 - 450 ribu rupiah.

Mengganti baterai iPhone XS Max biasanya jika ada masalah kerusakan seperti kondisi batre kembung / mengembang / gendut. Apalagi yang mengalami masalah umum iPhone XR dan ingin segera melakukan pergantian agar tidak berimbas ke komponen lain.

Baterai iPhone XS Max XR Ganti_8

Bisa juga karena hal lain, faktor pemakaian ponsel misalnya semakin sering dan makin lama dipakai status baterai perangkat Apple cenderung menurun kinerjanya jadi tidak se-irit saat pertama baru beli.

Hal ini wajar, karena ada satu teknologi pada mayoritas Smartphone Android yang belum diterapkan oleh Apple untuk iPhone termasuk jenisnya apakah Non-Removable Li-Po atau Li-ion.

Walau tidak ada perbedaan signifikan, tapi baterai jenis Li-Po dianggap lebih bagus dalam hal pemakaian. Apalagi buat yang sering charging ponsel semalaman ditinggal tidur, berbeda dengan Li-ion yang disebut gampang kembung / mengembang bila overcharged.

Cara Ganti Baterai iPhone XS Max / XR Sendiri 

Disclaimer: Sebelum mempraktikan hal ini di rumah ada baiknya kamu memahami risiko besar. Segala konsekuensi ditanggung pengguna, jika ragu silakan meminta bantuan ahli terdekat. 
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum proses: 
  1. Baterai iPhone XS Max / XR baru, pastinya. 
  2. Obeng Philips 00 Plus Minus & Pentalobe. 
  3. Alat pelepas sekrup. 
  4. Cangkir buat menyimpan sekrup / mur / emur. 
  5. Kopi, teh, cemilan, cangcimen kacang aci semen, dll. 
Jika semua sudah siap mari kita eksekusi, diawali dengan cara membuka casing belakang iPhone XS Max / XR.
  • Langkah awal, non-aktifkan iPhone XS Anda. Slide to Power Off dengan menggeser layar ke arah kanan sesuai petunjuk. 
  • Gunakan obeng Pentalobe yang sudah disiapkan untuk melepaskan dua buah sekrup pada bagian bawah iPhone XR. Ingat, simpan baik-baik sekrup jangan dihilangkan kalau bisa tempatkan di cangkir agar tidak berceceran kemana-mana. 
  • Tepat pada bagian bawah iPhone XS / XR terdapat lubang yang memungkinkan pengguna melepaskan baut / sekrup agar bodi belakang terbuka. 
Catatan: Berhati-hati selama proses pembongkaran back-cover, pada tahap ini sejumlah konektor penghubung lubang charger pada celah akan ikut terlepas jika dilakukan ceroboh sehingga gampang rusak saat melakukan pengisian ulang baterai.

Buka Casing iPhone XR XS Max Mengganti Baterai_8

Baca juga: TrikTersembunyi iPhone XR Fitur Kode Rahasia.

Gunakan stampel, tempelkan bagian belakang iPhone XR sebagai alat pembantu melepaskan casing agar proses pergantian baterai juga mudah.

Atau jika ingin lebih berhati-hati manfaatkan obeg Philips 00 agar layar juga lebih aman ketika proses pelepasan bodi belakang angkat 90 derajat kurang lebih.
  • Cungkil ke atas, dan copot baut / sekrup yang menghubungkan antara kontak baterai di motherboard. Ini tampilannya berbeda antara iPhone XS Max dan iPhone XR. 
  • Lekatkan sebuah alat penyungkil dalam konektor baterai, lepaskan pengaman batre secara pelan-pelan tapi pasti juga ambil baterai masih pakai alat cungkil lakukan secara hati-hati sehingga tidak merusak komponen lain. 
  • Ambil baterai baru, pasangkan hati-hati sesuai posisinya khususnya pada bagian konektor penyambung warna kuning jangan sampai salah. Pasang sekrup dan baut, sambungkan segala macamnya seperti sediakala. 
Ganti baterai iPhone XS Max XR merupakan langkah rumit jika dilakukan sendiri butuh fokus, kesabaran, keahlian khusus. Karena jika Anda melakukannya dengan asal-asalan dapat berakibat fatal menimbulkan kerusakan pada komponen lain yang tak bersalah.

Dalam kasus dimana iDevice Anda masih bergaransi iBox namun baterai sudah rusak, silakan lebih baik klaim garansi agar dibawa ke Official Apple Service Centre Exchange and Repair di Singapore.

Begitu menurut kami Harga Baterai iPhone XS Max / XR dan Cara Menggantinya sendiri di rumah sesuai pengalaman, alat yang dibutuhkan juga sederhana