Masalah Umum iPhone XR Sesuai Keluhan Pengguna iOS

Masalah Umum iPhone XR Sesuai Keluhan Pengguna yang sering terjadi - Apple merilis iPhone XS Max, XS, dan iPhone XR banderol harga paling murahnya berkisar Rp 11 jutaan (varian terkecil / 64GB), kemungkinan bisa lebih terjangkau atau justru naik mahal ketika masuk Indonesia setidaknya 3 bulan usai perilisan.

Kini kita fokuskan ke iPhone XR, sebuah Smartphone yang tidak diduga-duga menurut penggemar, dalam hal penamaan akhirnya dipakai juga oleh Apple untuk branding. Secara spesifikasi tidak jauh berbeda dengan dua sahabatnya yakni XS dan XS Max, chipsetnya pun serupa.

iPhone XR Keluhan Pengguna

Desain mewah, terkesan premium dan mahal. Software paling kekinian, teknologi terdepan, sering ditiru produsen Smartphone lainnya, harga selangit itulah Apple.

Tapi ya balik lagi, semahal dan mewah apa pun perangkat elektronik akan terlalu sulit dibantah jika pemakaiannya ceroboh pasti bakal rusak juga kecuali kerusakan tersebut memang murni kesalahan bawaan pabrik.

Masalah Umum iPhone XR Sesuai Keluhan Pengguna 

iPhone XR sebagai perangkat telepon seluler Apple seharga $749 berupaya berikan yang terbaik buat pengguna setianya. Sayangnya, begitu perilisan ponsel ini justru mendapatkan ejekan produk gagal karena tidak jauh berbeda dengan iPhone X, mereka menilai kejayaan Apple yang dikenal inovatif sudah berakhir.

#1. Baterai Boros iPhone XR Cepat Panas & Habis 

Jarang sekali baterai iDevice itu boros. Perangkat Apple terkenal dengan efisiensi daya tahan batre walau kapasitas baterai iPhone XR 2710 mAh tapi secara normal mampu bertahan hingga 5 jam Screen-On-Time (SOT).

Namun sejumlah pengguna merasakan hal aneh pasca pembaruan iOS 12 versi update / terbaru. Mulai dari sensitivitas layar kurang responsif hingga baterai makin boros dan panas walau hanya buka aplikasi ringan media sosial.

Ini adalah suatu kekurangan iPhone XR ketika kapasitas baterai kurang dari tiga ribu mili-ampere, saat mengalami masalah yang timbul akibat bug sistem maka Anda hanya bisa menunggu Apple memberikan upgrade firmware terbaru.

Sebagai solusi pertolongan pertama cobalah untuk tidak membuka lebih dari 5 aplikasi sekaligus, itu merupakan saran sementara menurut para pengamat.

Ada lagi kasus dimana pengguna merasa hal aneh saat mengisi ulang daya baterai iPhone Xr yakni persentase batre tidak kunjung bertambah walau ponsel sedang tidak dalam pemakaian. Proses charging biasanya harus pastikan kabel dan adaptor terhubung dengan sempurna.

Saran:
Jangan di-cas sambil ditinggal tidur. Paham, bahwa Smartphone masa kini sudah canggih dan fitur teknologinya dapat memutus aliran yang tersambung ke iPhone secara otomatis ketika kondisi baterai penuh 100%.
Tapi karena baterai iPhone Xr berjenis Li-ion wajar jika cepat panas, habis / boros baterainya dan disarankan tidak charging dalam keadaan ditinggal bobo. 
Beda dengan Li-Po pada mayoritas ponsel Android yang lebih bagus. Teknologi baterai jenis Li-ion memiliki kelemahan yaitu kurang adaptasi terhadap suhu panas berlebih, dan itu bisa bikin sel-sel pada batre mengalami proses oksidasi.

Proses oksidasi jika terjadi, berpotensi merusak baterai, menurunnya daya tahan dan apabila terus dibiarkan bisa berdampak buruk pada komponen lainnya di iPhone XR. Biaya pergantian baterai iPhone Xr cukup mahal berkisar Rp 650 ribuan di Apple Store resmi Singapore, kalau mau ganti di toko distributor terdekat bisa 80% lebih murah tapi rentan cepat rusak lagi.

Nah, bagi Anda pengguna iPhone Xr sebagai upaya mencegah terjadinya kerusakan baterai sebaiknya pahami sirkulasi udara saat melakukan proses isi ulang. Apalagi yang suka pakai pelindung bodi (Casing), lepas selama charging / ngecas.

Masalah iPhone XR Kerusakan Baterai

#2. Kamera iPhone XR Error Jepret Foto 

Gambar dan foto hasil kamera iPhone XR memang menakjubkan, bagaimana tidak sejumlah piranti lunak (software) pendukungnya saja cukup mewah selain lensa aperture, mode portrait, super HDR.

Namun berdasarkan testimoni laman komentar GSM Arena, pengguna menyesali keberadaan bug system di sektor kamera sering terjadi. Khususnya ketika membuka aplikasi bawaan tersebut ciri-cirinya malah muncul notifikasi "Warning! Camera Failed", gagal dibuka malah layar blank putih akhirnya restart / reboot otomatis.

Selain iPhone XR, bug tersebut bahkan muncul di perangkat lainnya seperti iPhone X, 8, XS Max, 7 series, iPad 2018. Kemungkinan besar masalah berasal dari sistem iOS 12.

Solusi memperbaiki masalah ini, karena bug juga ada di mode portrait ketika diaktifkan justru seolah-olah kamera depan terus bekerja otomatis sehingga berdampak error pada bagian kamera belakang.

Agar tidak terjadi kembali, sementara jangan pakai portrait mode sambil menunggu update software dari Apple. Sementara bagi Anda yang tidak mengalami masalah ini tetap gunakan fitur sebagaimana fungsinya.

#3. Mematikan iPhone XR Hard Reset / Factory Reboot 

Springboard freeze error kembali terjadi kali ini dialami oleh pengguna iPhone Xr, kasus tersebut menyebabkan ponsel sulit diakses bahkan responsivitas layar menjadi terganggu akibatnya jika terus dibiarkan akan merusak komponen lain.

Walau pun iOS terkenal Smooth, lancar, cepat, tapi bukan berarti Anda bebas membuka 10 aplikasi berat sekaligus tanpa menutupnya kembali. Mereka berjalan di latar belakang (Background), dan memakan seluruh sumber daya pada iPhone XR.

Imbasnya, iPhone Anda melemah. Stuck di Logo Apple, aplikasi membeku tidak dapat digunakan, layar blank terus menyala dipencet tombol apapun tidak merespon, lalu panik. Ini harus dihindari, apalagi jika perangkat dalam keadaan Jailbreak iPhone XR kemudian menginstall aplikasi lewat Cydia berlebihan.

Jika masalah itu terlanjur Anda alami, jangan buru-buru bawa ke tukang servis karena selain harga tidak akan murah, ada salah satu upaya awalnya bisa dengan melakukan Hard Reset iPhone Xr.

Metode ini memang terkesan sedikit memaksa iPhone melakukan Reboot / Restart. Namun bukan Factory Reset Pabrik, tapi lebih kepada soft-reboot tanpa menghilangkan data & dokumen penting dalam Smartphone.

iPhone XR Harga Masuk Indonesia

Berikut Cara Hard Reset iPhone Xr: 
  • Tekan dan Tahan Tombol Power intinya agar muncul tampilan "Slide to Power Off", geser dan biarkan layar iPhone Xr nonaktif. 
  • Masih ditahan tombolnya jangan dilepas bahkan setelah layar perangkat mati, tunggu kembali hingga iPhone kembali menyala dan muncul logo Apple. 
  • Apabila logo Apple telah tampil kembali di layar, silakan lepas tombolnya. Sampai sini selesai, biarkan iPhone Xr memulihkan diri loading yang memakan waktu 5-10 menit. 
Cukup mudah bukan mengatasi masalahny? Kalau Factory Reset iPhone Xr berbeda lagi caranya dan sebelum menerapkannya pun disarankan mencadangkan / backup data penting.

#4. Error Konektivitas iPhone Xr 

Terdapat bug system dalam konektivitas Wireless pada iPhone Xr. Masalah demikian dialami pengguna asal Singapura, yakni Wifi dan Bluetooth tidak mau menyala, terdeteksi, dan terhubung / tersambung.

Hal tersebut diduga terdapat bug konektivitas sehingga Wifi / Bluetooth tidak berfungsi semestinya. Solusi memperbaikinya cukup dengan mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode) selama beberapa menit, dan nonaktifkan lagi lalu coba kembali nyalakan wifi, GPS, dan Bluetooth.

#5. LED Notifikasi iPhone XR Tidak Menyala 

Salah satu fitur penting setiap Smartphone adalah lampu indikator atau LED Notification. Dia akan menyala ketika menerima notifikasi pesan masuk, panggilan tak terjawab, pesan SMS, Email, dan aplikasi chatting messenger lainnya bahkan termasuk ketika mengisi ulang baterai iPhone Xr.

Namun apa yang dialami Matt Hemsworth asal Inggris mengecewakan dirinya, ketika LED Notifikasi iPhone XR tidak menyala, biasanya kedap-kedip lampu indikator berwarna namun kali terdapat masalah serius pada pemberitahuan LED.

Hingga kini belum ada informasi lebih lanjut oleh Apple. Sebagai solusinya, cobalah gunakan aplikasi pihak ketiga agar LED notifikasi tetap berfungsi walau sedikit ada unsur pemaksaan tapi tidak akan berimbas buruk pada iPhone XR Anda.

#6. Audio Rusak - Speaker iPhone Xr Tidak Keluar Suara 

iPhone XR punya sertifikasi tahan air dan debu yakni IP67. Tapi sangat disayangkan karena banyak sekali pengguna yang sial setelah mengajak iDevice mereka menyelam berulang kali kemudian mengalami masalah bagian audio atau Speaker.

Hati-hati terhadap IP67, walau tahan air tapi jika memaksa membawa iPhone Xr buat ditenggalamkan dalam air terlalu sering berpotensi merusak Speaker.

Akibatnya mulai dari audio yang dikeluarkan jadi tidak maksimal, sampai speaker tidak bisa mengeluarkan suara bahkan sampai muncul notifikasi "Moisture Detected".

Solusi: Gunakan Hairdryer atau alat pengering serupa dan keringkan di bagian lubang speaker audio selama kurang lebih 3-5 menit. Lalu reboot kembali iPhone Xr.

Harga dan Spesifikasi iPhone Xr 

Jaringan
KoneksiGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
SIM Dual, Nano SIM & e-SIM
Sinyal5G ready / 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 39.2/4.51 Mbps
GPRSYa
EDGEAda
Platform
SistemiOS 12, planned upgrade to iOS 13, 14, 15
CPU / ProsesorHexa-core
ChipsetApple A12 Bionic
GPUApple GPU 4-core grafik
Bodi
Dimensi148.7 x 73.4 x 7.9 mm (6.15 x 3.17 x 0.42 in)
Berat194 gram
SertifikasiIP67 Tahan Air & Debu, Apple Pay
WarnaHitam, Biru, Merah, Kuning, Coral Edition
Layar
JenisIPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran6,12 inci
Resolusi828 x 1792 piksel (HD+)
Rasio19.5:9
MultitouchYa
ProteksiScratch-resistant glass, oleophobic coating
SensorFace ID, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Kompas, Barometer
Memori
EksternalTidak Ada
JenisDual SIM
Internal64GB / 128GB / 256GB Storage
RAM3GB
Kamera
BelakangSingle 12 MP F/1.9, autofocus, Quad-LED flash
Fitur1.4µm, OIS, PDAF, Geo-tagging, touch focus, HDR, face detection, AI Beauty, panorama, true depth sensor
Video1080p@60fps, HDR, Sound-stereo rec
DepanSingle 7 MP f/2.2
Multimedia
MusikYa
RadioTidak
GamesTidak
NFCAda
BrowserHTML5 Safari
PenandaMP3, WAV ringtones
Loudspeaker - StereoTentu Saja
3.5mm jack audioNggak Ada hahaha
AudioNormal
Baterai dan Power
JenisLi-ion Non-Removable / Tidak Bisa Dilepas
Kapasitas2790 mAh
Talk time 3G10 Jam
Fast ChargingYa, Quick Charge 55% dalam 40 menit
USBUSB Type-C 2.0, Qi Wireless Charging
Perilisan
DiluncurkanSeptember 2018
Harga
Harga BaruRp 11 Jutaan (6/64)
Harga BekasRp 10,1 Juta (2018)

Kapan iPhone XR masuk Indonesia? Tergantung apakah mau beli lewat distributor ilegal atau resmi di iBox. Jika di iBox menunggu waktu sedikit lama berkisar 5-6 bulan usai perilisan, kalau mau lebih cepat silakan membeli pakai jasa distributor yang garansinya akan sulit dibantu klaim ke Apple Service Center ASEAN di Singapore.

Itulah kurang lebih pembahasan Masalah Umum iPhone XR Sesuai Keluhan Pengguna terkait kelebihan / keunggulan, dan kelemahan / kekurangan.