Melindungi Akun Facebook Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor

Facebook masih jadi media sosial nomor satu di dunia dan Anda tidak akan bisa membantahnya. Belakangan marak kasus pengguna gagal mengakses akun medsos panggilan FB tersebut, jika akun yang dimaksud tidak terlalu penting misal hanya untuk sekadar cari bahan lelucon maka bukan masalah tinggal buat akun baru.

Tapi sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang menjadikan akun Facebook sebagai aset digital mereka seperti membangun nama brand, memperluas jangkauan merek, jual-beli online di Marketplace FB, sampai sarat kepentingan politik.

Ketika akun hilang akses bukan karena lupa kata sandi, itu akan terasa seperti sebuah petaka yang benar-benar disesalkan. Beruntungnya banyak pengguna tersadar Pasca Skandal Cambridge Analytica kemarin.

Menggunakan Google Authenticator Akun Facebook IG Twitter

Tidak dapat dipungkiri banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab berusaha mengambil alih akses akun Facebook Anda demi kepentingan jahat misalnya untuk penipuan. Mereka bakal lakukan segala upaya agar Anda Login di sebuah laman web yang tampilannya mirip seperti Facebook.

Padahal sejatinya halaman masuk itu untuk merekam dan mencatat data penting akun Facebook seperti Email / Nomor HP dan Password. Ahli menyebut istilah ini dengan sebutan Phiisinng.

Facebook sudah memperingatkan pengguna serta memberitahu berbagai cara agar akun terhindar dari jebakan semacam itu. Salah satunya dengan memberikan opsi mengaktifkan autentikasi dua faktor (two-factor authentication / 2FA).

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing dengan 2FA. Karena bukan cuma Facebook, beberapa situs besar lainnya termasuk startup lokal yang berhubungan pada aset digital menggunakan data pribadi, mata uang kripto, dokumen / file, dan lainnya juga menerapkan hal ini.

Yang menarik adalah, autentikasi dua faktor Facebook pakai sistemnya Google Authenticator. Aplikasi bentukan raksasa teknologi tersebut seperti alat atau generator buat hasilkan kode enam digit didapatkan secara acak entah berupa hanya angka, huruf atau kombinasi keduanya yang dipakai buat masuk akun / login.

Contoh kalau Anda mengaktifkan 2-factor authentication setiap kali login Facebook. selain harus memasukkan email dan kata sandi (password) juga wajib menginput kode enam digit yang telah Anda buat lewat aplikasi Google Authenticator tersebut.

Sekilas memang terkesan agak ribet. Misalnya mau login FB di HP harus buka aplikasi Facebook disaat yang sama wajib buka aplikasi Google Authenticator hanya untuk mengetahui kode unik yang tersedia. Ini hanya akan menjadi masalah untuk Smartphone bermemori internal minim dan RAM 1GB / ke-bawah karena kerap otomatis memuat ulang (auto-reload) setiap berpindah aplikasi lewat Recent Apps.

Walau demikian, Anda mungkin harus tetap menerapkan metode keamanan tersebut. Karena 2Fa merupakan cara paling jitu menghindari hilangnya akun Facebook dan berpindah tangan ke orang lan. Jika diibaratkan, Anda punya rumah dan kunci masuk diambil orang tak dikenal. Lalu pintu rumah Anda ternyata ada gembok khusus cadangan yang kuncinya tetap Anda pegang.

Cara Membuat Autentikasi Dua-Faktor di Akun Facebook?

Sebenarnya cukup mudah. Pertama pastikan aplikasi Facebook sudah diperbarui ke versi terkini lewat Google Play Store > cek menu Aplikasi & Game Saya, pada tab "Pembaruan" silakan klik "Update" jika ada opsi memperbarui aplikasi FB.

Facebook Update Terbaru Fitur

Sambil menunggu update dan install selesai, cari aplikasi bernama Google Authenticator masih di Play Store juga. Ciri-ciri aplikasinya dengan logo huruf G berwarna abu-abu.

Jika installasi Facebook sudah selesai diperbarui, masuk ke akun Anda seperti basa. Apabila Anda menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge di PC, masuk ke menu pengaturan akun FB sudah tahu? Tinggal klik ikon segitiga ke arah bawah dan pilih Settings.

Apabila halaman pengaturan sudah dibuka, pilih "Keamanan dan Info Login" pada bagian sisi kiri layar, klik "Gunakan Autentikasi Dua Faktor". Akan muncul tombol "Start / Mulai", klik saja dan Anda akan dialihkan ke sebuah jendela munculan (Pop-up) yang menampilkan dua opsi apakah ingin menggunakan alat autentikasi berupa pesan singkat (SMS) atau Aplikasi Otentikasi terdapat 2 pilihan yakni Duo Mobile serta Google Authenticator.

Kalau pilih SMS, masukkan nomor HP yang aktif dan usahakan selalu dipakai karena jika menggunakan kartu perdana sekali pakai lalu buang nanti ribet sendiri.

Setelah nomor telepon dimasukkan maka Facebook akan mengirimkan kode unik setiap Anda melakukan login. Datangnya kode tergantung masing-masing operator seluler, ada yang butuh 1 menit langsung masuk, ada juga yang lama bisa sampai 5 menit terlambat. Nah, agar lebih praktis dan cepat lebih baik pilih pakai aplikasi saja.

Kami menyarankan Google Authenticator, singkat cerita Anda telah memilih opsi tersebut dan langsung menampilkan kode QR serta 24 huruf kombinasi kode yang harus Anda masukkan ke aplikasi Google Authenticator yang tadi sudah Anda unduh. Aktifkan pemindai barcode (Scanner), sehingga lebih mudah setiap login Facebook.