Pengalaman Pakai Advan G3, HP Android Lokal Paling Bagus?

Review, Pengalaman Pakai Advan G3 - Advan mengeluarkan ponsel terbarunya dengan kode nama Advan G3 yang diluncurkan sekitar satu minggu yang lalu dengan patokan saat artikel ini terbit. Kesan pertama saat saya mencoba HP Android merek lokal sekarang lumayan dibuat terkejut.

Asik juga, karena ternyata HP Advan yang selama ini dipandang sebelah mata oleh masyarakat mulai berbenah diri. Termasuk penggunaan bodi berbahan kaca di bagian belakangnya.

Review Advan G3 Indonesia Pengalaman Menggunakan_7

Awalnya saya berpikir kalau bodinya cuma kaca-kacaan yang sering dipakai sebagai gimmick seperti pada mayoritas ponsel di harga serupa. Tapi dalam sesi konferensi pers ada seorang wartawan bertanya mengenai hal tersebut dan orang Advan bilang kalau bodi Advan G3 bahan kaca asli.

Masih di bagian belakang tepatnya di bawah, kita bakal menemukan sebuah tulisan yang agak bikin mikir yakni "Sound by Harman Kardon", menarik juga rasa penasaran pun semakin menjadi-jadi.

Mungkin belum tahu, kalau Harman Kardon merupakan salah satu perusahaan yang bergerak memproduksi audio. Kualitasnya memang terbaik di dunia, boleh dibilang produknya di sektor penjualan speaker itu sangat laris.

Fokus audio pada Advan G3 tidak tanggung-tanggung, mereka memberikan bonus sepasang in-ear-monitor merek JBL langsung didapatkan dalam kotak penjualan. JBL juga produk bagian dari Harman Kardon yang tahu lah ya hampir semua pecinta audio menyukainya.

JBL Speaker Advan G3 Harman Kardon_6

Lewat Advan G3, sebuah merek lokal memang terbilang ingin all-out soal urusan audio yang jadi nilai jual utama Smartphone dua jutaan ini. Posisi speaker ponsel ini juga boleh disebut memuaskan karena berada gepat di depan atas dan bagian depan bawah.

Buat saya pribadi penempatan posisi speaker seperti itu cukup penting, alasannya pertama efek stereo jadi lebih terasa sebab dua speaker sekaligus. Kedua karena speaker tersebut berada di depan, suaranya jadi langsung mengarah ke telinga pendengarnya.

Misalnya speaker berada di bawah belakang HP kan suara yang dihasilkan jadi kurang maksimal, ya jika diibaratkan punya perangkat speaker berkualitas tinggi namun dihadapkan ke arah dinding / tembok kan sangat disayangkan kebanyakan ponsel Android 2 jutaan punya masalah di bagian penempatan lubang speaker.

Sejauh ini belum ada Smartphone rentang harga dua jutaan rupiah yang punya dua speaker mirip Advan G3, makanya saya kali ini agak salut dengan Advan yang berani tampil totalitas buat mengunggulkan audio sebagai nilai jual utama G3.

Untuk melengkapi kualitas audio yang luar biasa tadi, Advan G3 telah memakai layar lumayan lebar 5,9 inci dengan rasio 18:9 resolusi HD Plus alias 1440 x 720 piksel. Semakin meyakinkan fokus ponsel ini benar-benar ke sektor entertainment banget.

Bicara soal spesifikasi, Advan G3 pakai:
  1. MediaTek MT6750T Octa-core 
  2. RAM 4GB 
  3. ROM 64GB 
  4. Kamera Belakang 16MP 
  5. Kamera Depan 8MP 
  6. Baterai 3500 mAh [Fast Charging?] 
  7. Android 7.1 Nougat Kustomisasi IDOS 7.32
Advan G3 Spesifikasi Gaming PUBG Fortnite_7

Mengenai kamera Advan G3 sudah dilengkapi mode Artificial Intelligence (AI), bisa mendeteksi obyek apa saja yang sedang atau akan kita foto. Dan setelah jepretan kelar, dia otomatis mengeluarkan opsi menu yang cocok buat editing hasil gambar tersebut jelas suatu kelebihan tersendiri.

Sepertinya fitur AI kamera memang seolah jadi barang wajib buat Handphone zaman sekarang. Kesan pertama saya soal Advan G3 rasanya agak beda buat HP lokal namun dalam konteks positif.

Jarang ditemukan ponsel Android lokal Rp2 Jutaan yang punya audio bagus, bodinya terbuat dari kaca terasa elegan dan premium. Sebagai penutup, dari tadi kan saya sebut ini HP dua jutaan soalnya agak bingung juga nyebutnya bagaimana karena ponsel G3 harga normalnya 2,999 juta.

Tapi ada harga khusus buat Anda yang berstatus mahasiswa yakni Rp 1,999 juta, untuk dapatkannya bisa cek detail dulu cukup mengakses situs Advan.