Membuka Casing Belakang Redmi Note 7 Pro dan Mengganti Baterai

Tutorial cara membuka casing bodi belakang HP Xiaomi Redmi Note 7 Pro dan tips mencabut serta mengganti baterai tanam bongkar pasang backcover. 

Buka Casing Redmi Note 7 Pro Ganti Baterai

Sebenarnya metode cara buka casing belakang Smartphone Redmi Note 7 Pro hampir sama dengan Xiaomi ReNo 6 Pro, beda dengan ponsel semacam Oppo R17 Pro, Huawei Nova 4 atau Vivo Y91 yang mengharuskan melepaskan lem pelekat pada frame lebih terkesan sulit.

Berdasarkan pemantauan ShukanBunshun.com terdapat perlindungan pada konektor yang menghubungkan LCD Assembly tentu saja tanpa merusak desain internal tapi lebih gampang dibongkarnya.

Selain itu Redmi Note 7 Pro didesain dengan penempatan pelindung layar yang dapat menghindari kasus terjadinya burn-in shadow, warna kekuningan, Screen-bleeding, seperti dialami oleh pengguna Pocophone F1 dan atau Mi 8 Lite.

Untuk membongkar dan melihat isi jeroan ponsel Redmi Note 7 Pro ada baiknya mempersiapkan peralatan atau tools kit yang dibutuhkan seperti:

  1. Prying Tool 
  2. SIM Tray Ejector 
  3. Spudger 
  4. Pinset 
  5. Obeng Phillips #00 (Plus) berukuran 1,5 - 2,1 milimeter 
  6. Kopi hangat segelas
  7. Cangcimen Bacang Aci Semen, dll.

Jadi kalau belum punya disarankan meminjam pada tetangga, kerabat, sanak keluarga atau membelinya lewat toko martial terdekat dari rumah Anda.

Cara Membuka Casing Belakang Redmi Note 7 Pro

Sebelum masuk ke praktek upayakan menonaktifkan HP dengan mematikan daya (Turn Off) caranya seperti biasa tekan tombol Power beberapa detik hingga muncul opsi matikan daya.

Ambil SIM Tray Ejector, tahu kan? Itu lho alat yang mirip peniti buat mencabut / mengeluarkan kartu SIM dan memori eksternal (SD Card).

Redmi Note 7 Pro Membuka Casing Backcover

Kemudian gunakan alat Prying Tool yang dapat berfungsi membantu ketika Anda mau mencabut casing belakang serta harus mencungkil bodi yang melekat dan harus melepaskan seluruh pengait terkait.

Perlahan saja geser ke seluruh arah hingga ke titik awal pencungkilan casing sampai semuanya terlepas dari bodi belakang. Tapi JANGAN dicabut dulu!

Ketika buka casing bagian belakang harap berhati-hati dan perhatikan bahwa terdapat kabel Flexible terpaut ke Fingerprint Sensor menghubungkannya ke motherboard Smartphone.

Tahap ini harus teliti, karena jika fatal akibatnya akan merusak sensitifitas pemindai sidik jari bahkan cenderung tidak berfungsi lagi nantinya kalau ada kesalahan. Jadi congkel saja konektor pelan-pelan pakai alat Spudger sampai semua terlepas dari pengait.

Lepas-Baterai-Redmi-Note-7-Pro

Nah, setelah konektornya sudah lepas semua termasuk komponen Fingerprint Scanner tadi barulah backcover alias casing belakang dapat dipisahkan keseluruhan dari bodi HP Redmi Note 7 Pro.

Pada tahap ini kalian baru membuka casing belakang saja atau Back-cover, untuk melepas baterai yang tertanam serta menggantinya dengan batre baru coba lah metode lanjutan berikut ini.

Cara Mengganti Baterai Redmi Note 7 Pro

Ketika casing terbuka, kita dapat melihat penampakan baterai jumbo yang tertanam paten pada bodi bagian belakang ponsel ReNo 7 Pro. Agar bisa diganti tentu saja Anda harus melepas dulu baterainya dengan membuka atau lepaskan bracket besi yang mengelilingi komponen utama batre Redmi Note 7 Pro.

Untuk itu Anda perlu alat Obeng Phillips Plus #00 yang sudah disiapkan tadi, guna melepas tiga baut atau sekrup terikat dan bikin kencang kuat bracket.

Mengganti-Baterai-Redmi-Note-7-Pro

Apabila ketiga sekrup baut sudah terlepas silakan simpan di tempat aman jangan sampai hilang karena bakal dipakai lagi nanti buat memasang baterai baru.

Kemudian ambil Spudger, dan lepaskan konektor penghubung baterai ke bodi HP silakan congkel perlahan saja. Tapi jangan langsung mencabut baterai.

Masih ada perekat disebut Pull-tab yang membuat baterai Redmi Note 7 Pro menempel pada bodi belakang, Anda harus mencopot dulu dengan cara menariknya supaya lem pelekat bisa tersingkirkan.

Ambil Pinset, dan tarik pelan-pelan dua Pull-tab berwarna putih di sisi bawah baterai ke arah atas.

melepas baterai redmi note 7 pro

Jika dua kertas pull-tab tadi sudah berhasil dicopot, maka baterai akan lebih gampang dilepas dari bodi Smartphone Redmi Note 7 Pro.

Sekarang ganti dan masukan baterai baru yang telah disiapkan pastikan barang original produk asli, karena kalau pakai batre KW (Palsu) tidak bagus buat jangka panjang justru bisa merusak komponen lain di HP Xiaomi Redmi Note 7 Pro.

Untuk spesifikasi baterainya berkapasitas besar yakni 4000 mAh berjenis Non-Removable Li-Polymer sudah mendukung fitur Fast Charging (Qualcomm Quick Charge 4.0) lensa kamera resolusi 48 Megapiksel.

Demikianlah artikel Shukan Bunshun tentang panduan singkat Cara Membuka Casing Belakang Redmi Note 7 Pro dan Mengganti Baterai Xiaomi asli.