Masalah Xiaomi Redmi Note 6 Pro Berdasarkan Keluhan Pengguna

Masalah Umum Xiaomi Redmi Note 6 Pro Sesuai Keluhan Pengguna ‒ Perilisan ponsel terbaru Xiaomi, Redmi Note 6 Pro berlangsung meriah di Tiongkok. Penjualan sejak awal dirilisnya Smartphone penerus Note 5 Pro ini juga cukup menjanjikan.

Walau demikian dari segi spesifikasi sangat disayangkan tidak ada perubahan signifikan. Peningkatan hanya ada di ukuran layar yang lebih lebar serta ditambahkannya poni alias Notch. Redmi Note 6 Pro dijual seharga mulai dari 2,9 Jutaan rupiah varian terendahnya.


Masalah Redmi Note 6 Pro.jpg
Redmi Note 6 Pro

Chipsetnya masih sama, begitu juga pilihan RAM dan ROM yang variannya 3/32 serta 4/6/64. Kapasitas baterai sama, ukuran layar, resolusi kamera, sistem operasi (OS) Android Oreo mungkin dapat update Android Pie 9.0, bahkan sensornya juga serupa dengan Redmi Note 5 Pro.

Tapi ya mau bagaimana lagi popularitas Xiaomi membuat produk terbarunya selalu dinantikan, setiap ada rilisan HP baru pasti laris diborong tengkulak alias calo konter bahkan saking lakunya sampai banyak yang sering kehabisan.

Lalu, bagi kamu yang sudah pakai Redmi Note 6 Pro apakah selama ini mengalami beberapa masalah berikut?

Masalah Redmi Note 6 Pro: Iklan

Iklan jadi salah satu pemasukkan Xiaomi. Bahkan di pengaturan ponsel Xiaomi yang pakai kustomisasi MIUI dapat ditemukan iklan sengaja atau tidak seringkali terpencet.

Masalahnya tidak semua orang suka dengan iklan, bahkan sebagian merasa terganggu dan dianggap cenderung mengurangi kinerja ponsel.

Kalau saja ada software semacam AdBlock untuk memblokir iklan Xiaomi di sistem MIUI, sudah berapa banyak yang menginstallnya?

Untuk mengatasi iklan di MIUI dan mencoba menghilangkannya silakan pakai cara berikut:
  1. Masuk ke Pengaturan / Settings 
  2. Menuju ke Pengaturan Tambahan / Additional Settings 
  3. Pilih Otorisasi / Authorization & Revocation 
  4. Ketuk Disable Ads / Nonaktifkan Iklan, beserta rekomendasinya.
Sudah Disable Ads tapi iklan tetap muncul? Ya cara alternatifnya harus melakukan akses Root agar semua iklan dibersihkan. Tapi lagi-lagi, tidak semua orang mau atau bisa Root HP Android. Baca juga: Realme vs Xiaomi Bagus Mana?.

Layar Redmi Note 6 Pro Screenburn / Shadow

Ini jadi pembahasan di grup Telegram Mi Fans Indonesia mengenai masalah layar Redmi Note 6 Pro yang mengalami Screenburn / Burn-in - Shadow pada layar berponi / notch tersebut.

Keluhan pengguna Redmi Note 6 Pro tersebut diduga berasal dari pemasok layar. Pasalnya bukan cuma ponsel ini saja, sebelumnya Samsung Galaxy J5 hingga Xiaomi Mi4 juga pernah ditemukan kasus serupa.

Ingat masalah Screen-bleeding Pocophone F1? Nah, itu pemasok LCD-nya ternyata juga hampir sama yakni Tianma.

Jenis panel LCD yang digunakan Redmi Note 6 Pro adalah Tianma. Kita tahu vendor layar Smartphone yang memakai LCD berjenis Tianma dan BOE itu kerap bermasalah entah layarnya atau dari kinerja Touchscreen, bercak hijau / biru, bergaris putih / ungu.

Keluhan Pengguna Redmi Note 6 Pro.jpg
Layar Redmi Note 6 Pro

Apabila kamu jadi salah satu yang kurang beruntung mengalami nasib seperti kerusakan layar Redmi Note 6 Pro. Coba dinonaktifkan ponselnya sampai 3 hari berturut-turut dengan keadaan baterai penuh.

Sedangkan kamu yang terlanjur pakai Redmi Note 6 Pro, untuk mencegah terjadinya kasus serupa sebaiknya hindari penggunaan kontras cahaya berlebihan. Gunakan Auto-Brightness, atau atur manual ke level terendah (Low), dan jangan terlalu sering pakai cahaya maksimal rata kanan.

Coba bawa ke Xiaomi Mi Authorized Service Center jika terlanjur bermasalah pada bagian layar itu pun kalau masa garansi masih berlaku.

Untuk mengetahui siapa vendor panel LCD yang digunakan pada HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro, coba cara berikut ini:
  1. Masuk ke Settings / Pengaturan 
  2. Pilih About Phone / Tentang Ponsel 
  3. Tap beberapa kali pada bagian Kernel Version / Versi Kernel lalu akan muncul menu baru 
  4. Terlihat informasi detail tentang LCD, Hardware, Konektivitas 
Namun tak semua info panel LCD tersedia di menu tersebut contohnya Xiaomi Redmi 3s Prime sehingga hal ini membuat pengguna kecewa.

Lagi, kalau mau menghilangkan / menyembunyikan poni Redmi Note 6 Pro pakai aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store, pastinya Notch sangat menganggu apalagi saat bermain game PUBG Mobile Mode Malam.

Masalah Baterai Redmi Note 6 Pro

Baterai merupakan faktor penting dalam Smartphone, penunjang aktivitas dan kinerja ponsel. Namun apa jadinya jika terdapat permasalahan pada sektor baterai Redmi Note 6 Pro, masalah paling sering terjadi.

Keluhan pengguna Redmi Note 6 Pro, jika baterai rusak berpotensi merambat ke komponen HP lainnya seperti USB tidak terdeteksi di PC Windows, sinyal sering hilang, sensitivitas layar sentuh tidak karuan, kartu microSD Card tidak terbaca, sampai baterai cepat panas (Overheat) itu sendiri dialami.

Redmi Note 6 Pro Cepat Panas Baterai Rusak
Mengaktifkan LED Notifikasi Redmi Note 6 Pro

Xiaomi membekali mayoritas ponselnya dengan kapasitas baterai jumbo hingga 4100 mAh. Namun itu semua bakal percuma kalau ternyata terdapat kerusakan di sisi batre hingga menyebabkan daya tahannya cepat habis dan panas (Overheating).

Solusi menghindari serta mengatasinya:
  • - Non-aktifkan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth saat sedang tidak digunakan. 
  • - Update firmware, pentingnya memperbarui piranti lunak perangkat. 
  • - Atur tingkat kecerahan layar secara manual jika berada di luar ruangan. 
Sekarang kamu sudah paham menghindari serta mengatasi baterai yang cepat panas. Lalu bagaimana dengan masalah charging Redmi Note 6 Pro?

Seorang pengguna akun Izal Muzali membagikan pengalaman pemakaian pribadi di grup Facebook, dia mengatakan pengisian baterai begitu lama hingga lebih dari 3,5 jam.

Padahal Xiaomi Redmi Note 6 Pro sudah ada pengisian daya cepat (Fast Charging) berbekal teknologi Qualcomm Quick Charge versi 2.0 yang memungkinkan pengguna mengisi baterai dari 5% ke 100% hanya dalam waktu 1 jam 50 menit saja.

Ternyata Izal Muzali menonaktifkan ponselnya saat mengisi ulang baterai. Dari sini dugaan muncul bahwa teknologi Fast Charging tidak bekerja saat ponsel dalam keadaan mati, jadi lebih baik dicas kondisi HP menyala namun Mode Pesawat diaktifkan.

Masalah Suara di Headset Redmi Note 6 Pro

Beberapa waktu belakangan keluhan pengguna Redmi Note 6 Pro terkait volume suara yang keluar dari headphone / headset / earpiece ponsel bermasalah.

Ciri-cirinya ketika tanpa speaker, suara yang keluar normal. Namun saat dipasangkan melalui headset, suara yang muncul dalam headphone cenderung turun dan drop bahkan saat level volume hampir rata kanan.

Dugaan bug-log tersebut sudah ditangani kata moderator forum. Tapi masalah ini hanya dialami beberapa pemakai saja, selebihnya menurut pengakuan Administrator tidak ada kerusakan berarti.

Kalau kamu menjadi salah satu yang mengalaminya, coba solusi: ganti headset, copot-pasang ulang headphone, atau restart ponsel.

Bonus: Mengaktifkan LED Notifikasi Redmi Note 6 Pro, sebenarnya dari bawaan ponsel telah tersedia. Untuk menyalakannya cukup atur lewat menu Setting.

Sedangkan mengatasi LED Notifikasi Redmi Note 6 Pro yang tidak responsif atau gagal menyala ketika mendapatkan pemberitahuan, maka gunakan aplikasi pihak ketiga semisal Notification LED Light Manager.

Begitulah kurang lebih 10 Masalah Xiaomi Redmi Note 6 Pro Berdasarkan Keluhan Pengguna Reno 6 Pro beserta solusi cara mengatasinya.