✓ Cara Mengatasi Sinyal Realme Hilang Tanpa Root

Tips Mengatasi Sinyal Realme Hilang – Sebuah Smartphone jika tanpa sinyal seolah tidak ada gunanya selain buat kalkulator. Memang agaknya menyebalkan bila HP Realme mendadak No Signal, selain mengganggu aktivitas Mobile, juga dapat membuat baterai ponsel jadi panas karena terus bekerja keras mencari jaringan stabil.

Cara mengatasi sinyal hp realme hilang jaringan solusi

Bayangkan lagi asik browsing, nonton video YouTube, chatting sama gebetan di WhatsApp, sampai stalking Instagram mantan eh tiba-tiba koneksi terputus dan sinyal Realme sering hilang tak karuan. Sudah mencoba solusi yang diberikan oleh Customer Service provider pun masalah tetap belum terselesaikan.


Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP Realme Hilang

Fakta berdasarkan riset Counterpoint, kehilangan sinyal di HP Realme menjadi jenis keluhan paling sering dilontarkan oleh pengguna Smartphone asal Indonesia. Maklum, kita menjadi salah satu negara dengan kualitas jaringan seluler terburuk di Asia. Itu pun karena berbagai macam faktor seperti sulitnya akses buat membangun infrastruktur.

Terlepas dari pembangunan menara canggih yang kerap menyalurkan konektivitas kepada pelanggan agar bisa internetan, ada banyak alasan kenapa sinyal Realme hilang, tidak stabil, kurang efektif, gagal terhubung, hingga tak bisa digunakan dengan lancar.

Masalah Provider

Faktor terbesar dan paling umum yang menjadi penyebab sinyal HP Realme hilang ternyata memang bukan dari kerusakan ponselnya. Operator seluler menjadi alasan klasik mengapa pengguna mengalami masalah jaringan internet, baik Telkomsel (simPATI, Kartu AS / Halo), XL Axiata, AXIS, Indosat IM3 Ooredoo Mentari, Smartfren 4G, Tri / Three.

Bagaimana kita bisa mencari tahu bahwa persoalan tersebut disebabkan oleh provider? Sebenarnya tips begini amat mudah, cukup lepaskan kartu SIM dari ponselmu dan pindahkan ke HP lain apakah sudah stabil? Atau bisa periksa akun media sosial operator yang bersangkutan seperti Twitter dan Facebook, biasanya informasi terkait gangguan atau maintenance akan diposting.

Solusi: Jika akar masalahnya ada di provider maka yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu jaringan lebih stabil. Tunggu dan biarkan petugas memperbaiki sinyal Realme yang hilang, toh mereka tudak akan membiarkan hal ini terjadi untuk jangka waktu panjang supaya tidak ditinggalkan pelanggan setia.

Settingan Jaringan

Ini lumayan lucu dan pernah terjadi pada rekan admin Shukan Bunshun, karena dia mau sinyal Realme stabil pada koneksi 4G LTE sehingga memaksa mengubah pengaturan menjadi set 4G Only. Begitu diubah ternyata sinyal Realme hilang dadakan, apa penyebabnya?

Setelah ditelusuri, ternyata sinyal 4G Realme belum memasuki wilayah yang kami kunjungi waktu itu saat traveling. Ketika kami bertanya pada CS juga mereka menginformasikan bahwa daerah yang kami maksud belum tercover 4G sama sekali.

Tidak hanya 4G, begitu pula 5G dan bahkan 3G / H+ sekali pun akan mengalaminya. Kalau area tidak terjangkau jaringan operator seluler, maka sinyal Realme yang hilang terus terjadi setiap saat kapan pun tidak muncul satu batang signal.

Solusi: Silakan masuk ke Settings handphone kamu, dan ubah menjadi 2G/3G/4G ini berfungsi agar membiarkan ponsel dan SIM Card mencari sinyal apa pun yang didapat paling stabil di daerahnya praktis membantu mengatasi sinyal Realme hilang.

Cek Software

Kalau yang begini sih paling bahaya dan kadang ditemui masalah sinyal hilang HP Realme diakibatkan oleh virus yang menjangkit peranti lunak. Khususnya orang awam, alih-alih mencari aplikasi hasil modifikasi gratis yang bisa dipasang dari Google Search malah membawa virus ke ponselnya.

Jika berbagai metode sudah diterapkan namun belum bisa mengatasi sinyal HP Realme yang hilang ada kemungkinan terjadi error pada sistem. Serangan malware bisa mengerubuti memori internal storage (ROM), dan biasanya akibat pemasangan aplikasi pihak ketiga bukan lewat Play Store.

Solusi: Kalau kamu mengalaminya, terpaksa harus melakukan Flashing HP Realme dan mengharuskan user buat mengganti ROM Software atau update firmware. Cek: Masalah Realme 5 Pro.

SIM Card Rusak

Cobalah duduk di samping temanmu yang pakai provider serupa. Cek HP doi apakah mengalami kendala kehilangan sinyal, jika baik-baik saja sementara ponselmu bermasalah sinyalnya, maka ada kemungkinan yang rusak itu SIM Card milikmu.

Kerusakan kartu SIM bisa disebabkan berbagai macam faktor, mulai dari gesekan pada chip kuningan, ini sering terjadi kalau kamu hampir tiap hari lepas pasang SIM Card menyebabkan goresan, lecet, jatuh terinjak sehingga chip yang sensirif menjadi tidak terdeteksi di Smartphone Realme kamu.

Solusi: Kasus ini mirip dengan provisioning issue, coba baca dimari: Cara Mengatasi SIM Not Provisioned Error. Atau kamu lap pakai kain fiber yang halus polos bersih untuk membersihkan SIM Card supaya sinyal Realme terbaca kembali.

Periksa Hardware

Apabila empat langkah solutif di atas tadi belum juga membantu mengatasi sinyal Realme hilang, maka dapat dipastikan terjadi kerusakan pada perangkat keras. Jelas, salah satu komponen hardware yang meski tidak ada hubungannya sama jaringan, kalau rusak ya bisa berpengaruh pada fitur lainnya.

Solusi: Jalan pamungkas adalah dengan memperbaiki sinyal Realme yang hilang ke tukang servis Smartphone. Kalau masa aktif garansi masih tersedia alangkah baiknya membawa ponsel ke pusat perbaikan resmi.

Jelaskan pada staf jika ditanya, bahwa sinyal HP Realme sering hilang padahal sudah coba berbagai tips yang kami berikan tadi. Cukup bawa perangkat / unit saja, nanti dicek nomor IMEI buat klaim garansi tanpa membawa kartu apa pun.

Sepertinya begitulah solusi yang bisa dilakukan Mengatasi Sinyal Realme Hilang. Metode tadi bisa diterapkan pada semua tipe seperti Realme 2 Pro series / Realme 3 Pro series / Realme 5 Pro / Realme 5s / Realme C1 C2 C3 C5 / Realme X / Realme XT / Realme X2 Pro / X3 sampak Realme 7 Pro berbasis Color OS, semoga berhasil.