Masalah Realme A1: NFC, Fast Charging, Gorilla Glass, Tahan Air?

Harga dan Spesifikasi HP Oppo Realme A1 Apakah Bagus dan Layak Beli atau Jelek Bermasalah serta Tidak Direkomendasikan?

Realme berhasil memikat pengguna gadget tanah air. Sejak kemunculan perdananya di Indonesia mereka sudah digadang-gadang jadi kandidat perusak dominasi Xiaomi yang menguasai pangsa pasar Smartphone entry-level hingga mid-range sekaligus memanaskan persaingan industri perponselan di NKRI. 

Kini Realme A1 dirilis, sebuah ponsel yang lagi-lagi bisa dibilang worth it jika melihat spesifikasi dengan banderol harga yang ditawarkannya. Menggunakan chip kekinian dan teknologi dual kamera disertai kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI). 

Realme A1 Review Indonesia Pengalaman Pemakaian_4

Sementara untuk urusan desain, tampak depan ponsel Realme A1 disematkan poni kecil setetes air (Teardrop Notch) pada bagian atas area layar. Sempat ada rumor bakal menerapkan sistem Android Stock UI seperti halnya Mi A1 namun akhirnya terbantahkan setelah tetap setia bersama Color OS ala Oppo. 

Lalu apa lagi fitur yang menarik dari Smartphone Realme A1? Apakah ada tips serta trik tersembunyi mungkin belum diketahui banyak pemakai? Bagaimana dengan keluhan pengguna, benarkah ada masalah umum menimpa HP sejutaan ini?

Tanya Jawab Seputar HP Realme A1

Daya Tahan Baterai

Q: Apa Jenis Adaptor / Kepala Charger Realme A1?
A: Dari kotak penjualan kamu akan mendapatkan kabel berjenis Micro USB 2.0. Belum USB Type-C. Tapi hal ini dirasa wajar mengingat harganya memang mengincar segmentasi menengah ke bawah.

Q: Kisaran Kapasitas Baterai Realme A1 Berapa?
A: Di website GSM Arena tertulis 3300 mAh, sementara situs resmi 3700 mAh. Namun jika ragu, kamu bisa cek sendiri pakai aplikasi penguji ponsel semacam AIDA64 atau CPU-Z. 

Q: Apakah Realme A1 Support Fast Charging dan Sudah Mendukung Pengisian Daya Cepat?
A: Yap. Namun untuk versi berapa Qualcomm Quick Charge yang dipakai belum diketahui, sudah banyak saat ini HP dengan chip non-Snapdragon juga menggunakan QC milik mereka. 

Q: Berapa Lama Waktu Ngecas Mengisi Ulang Baterai Realme A1?
A: Pengisian memakan waktu kurang lebih 2 jam, posisi persentase dimulai dari 5% hingga penuh status Full 100% Charged. 

Q: Ngecas Pakai Chargeran HP Lain pada Realme A1 Aman kah?
A: Charging itu diusahakan menggunakan batok casan bawaan saja. Ini meminimalisir terjadinya ketidakcocokan antara charger ponsel lain dengan Realme A1 sehingga isi ulang baterai bakal terasa lebih lama dari biasanya. 

Q: Berapa Lama / Jam Ketahanan Masa Pakai Baterai Realme A1?
A: Kalau untuk pemakaian gaming yang non-stop alias tanpa henti bisa mencapai angka 6 jam, sementara apabila cuma kegiatan multitasking media sosial, chatting, email, browsing bisa bertahan sampai 10 jam lebih. 

Q: Realme A1 Sudah Wireless Charging Nirkabel Belum?
A: Tidak, ponsel tersebut belum support Wireless Charging. Jadi tiap mau ngecas tetap kudu cari stop kontak dan pakai kabel casan bawaan ya. 

Q: Apakah Realme A1 Tersedia Mode Penghemat Baterai? Bagaimana Cara Mengaktifkannya?
A: Sudah ada. Setiap ponsel dengan menggunakan kustomisasi tampilan antarmuka Color OS ala Oppo sudah disediakan fitur buat hemat daya tahan baterai. 

Q: Apakah Realme A1 Support USB OTG?
A: Kurasa tidak. Karena ketika launching mau pun saat percobaan sendiri tidak aktif fitur OTG aka On The Go. 

Q: Masalah Baterai Realme A1 Cepat Panas dan Boros?
A: Sebenarnya baterai boros dan cepat panas itu tergantung pemakaian pribadi setiap pengguna yang memang berbeda-beda. Ada yang cuma main game PUBG, Mobile Legends, Fortnite, Free Fire terus-terusan, ada juga cuma buat medsos browsing, atau diperuntukkan streaming film maraton semua dapat mengonsumsi daya baterai berbeda. 

Q: Realme A1 Sudah Memiliki Fitur VR dan Ada Infrared atau Tidak?
A: Tentu saja. Meneruskan seniornya yakni Realme C1, Realme A1 pun telah didukung Infrared hanya untuk software VR sampai saat ini belum diketahui apakah beneran ada atau tidak alias hanya gimmick fanboy. 

Q: Panduan Cara Mengaktifkan Fast Charging di HP Realme A1?
A: Fast Charging / Quick Charge / Pengisian Daya Cepat, tidak bisa diaktifkan secara manual oleh pengguna Realme A1. Ketika isi ulang baterai begitu adaptor dicolokkan ke stop kontak otomatis mengisi dengan durasi cepat dari biasanya, agar proses cas lebih ngebut disarankan menonaktifkan data seluler dan mengaktifkan mode pesawat. 

Desain Bodi Realme A1

Q: Apa Jenis Bahan Material yang Dipakai Bodi Realme A1?
A: Realme A1 menggunakan bodi dengan bahan serupa pada Realme C1 yakni plastik polikarbonat. Seolah-olah mirip seperti ponsel berbahan kaca yang memantulkan rona cahaya warna pada bodi belakang.

Q: Apakah Realme Memiliki Sensor Fingperprint Scanner?
A: Tidak. Seperti ponsel sejutaan pada umumnya Realme A1 belum dilengkapi pemindai sidik jari. Namun jangan khawatir kalian dapat menggunakan Double Tap to Screen ON OFF, caranya silakan baca: Mengaktifkan Double Tap To Wake di Semua HP Realme.

Q: Soal Tombol Menu Navigasi Realme A1 di dalam Layar atau Kapasitif Backlit?
A: Karena layarnya sudah Full View Display artinya ponsel ini tak lagi mengadopsi konsep dagu, jadi hampir semua sisi depannya berisi layar maka tombol menu navigasi (Back - Home - Recent Apps) juga ikutan pakai On-Screen Button.

Q: Apakah Realme A1 Dual SIM Hybrid atau Dedicated Slot / Triple Slot SIM?
A: Kabar baiknya bagi Anda calon pengguna Realme A1 Smartphone tersebut sudah pakai Dedicated Slot, artinya kamu bisa gunakan 2 kartu SIM sekaligus satu memori eksternal (MicroSD Card) tambahan.

Q: Bobot Berat HP Realme A1 Berapa?
A: 159 gram.

Q: Apakah Realme A1 Memiliki LED Notifikasi?
A: Lampu indikator memang ada di Realme A1, untuk cara mengaplikasikannya cukup simak artikel kami sebelumnya: Mengaktifkan LED Notifications HP Realme. 

Q: Jenis Port Realme A1 USB Type-C atau MicroUSB 2.0?
A: Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa Realme A1 belum Type C alias masih menerapkan Micro USB 2.0 yang lumayan lawas maklum.

Q: Benarkah Build Quality Realme A1 Bagus ?
A: Memamerkan kokohnya kualitas bodi benar-benar jadi bahan presentasi yang baik selama acara peluncuran ponsel Realme A1. Mereka sangat yakin akan ketangguhan Smartphone andalan terbarunya. 


Cara ganti font Realme A1 tema

Q: Apakah Dapat Bonus Softcase / Jelly Casing dan Tempered Glass di Kotak Penjualan?
A: Pembeli Realme A1 hanya dikasih bonus berupa Jelly Case tambahan, tidak ada pelindung layar sejenis Tempered Glass atau anti gores lain termasuk earpiece.

Q: Apakah Realme A1 Anti / Tahan Air dan Debu?
A: Sayangnya tidak. Memang belum. 

Q: Realme A1 Sudah Bisa 4G LTE atau Belum?
A: Jelas, hampir semua Smartphone Android keluaran 2015 ke atas dapat menggunakan jaringan / sinyal 4G seluruh provider (Operator Seluler) di Indonesia. 

Multimedia dan Kamera Realme A1

Q: Apakah Realme A1 Memiliki Fitur Face Unlock / Recognition?
A: Tidak Ada. Realme A1 belum support pemindai wajah sebagai sistem keamanan sejauh ini baru tombol power sama Double Tap. 

Q: Apakah Kamera Realme A1 Bisa Hasilkan Efek Bokeh Selfie?
A: Ya! Untuk kamu pengguna Realme A1 tidak perlu khawatir akan kehilangan ide memotret selfie. Karena dukungan Depth-Sensor serta LED Flash memungkinkan kamu mengambil foto selfie ditambah efek bokeh apalagi reso megapiksel cukup mumpuni. 

Q: Bagaimana Merekam Video Resolusi 4K / Full HD di Realme A1?
A: Mohon maaf Realme A1 hanya bisa rekam video resolusi maksimum 1080p@30fps dan belum dapat merekam hingga 4K seperti Realme 2 Pro. 

Q: Apakah Kamera Realme A1 Sudah Memiliki Fitur OIS / EIS?
A: Optical Image Stabilization atau OIS dan sejenisnya EIS merupakan penyetabil dapat menyeimbangkan hasil foto video sebuah kamera ponsel otomatis tanpa harus diaktifkan secara manual, sayangnya di HP Realme A1 tidak ada OIS EIS. 

Q: Bisakah Realme A1 Mengambil Perekaman Video Slow Motion?
A: Relam video dalam mode slow motion sangat jarang disematkan ke fitur HP sejutaan. Tapi alternatif utama kamu bisa manfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia gratis lewat Google Play Store. 

Q: Pengaturan Kamera Realme A1 Memaksimalkan Kinerjanya?
A: Misalnya menambahkan fitur dalam software, hingga memasang atau mengaktifkan tulisan Watermark Shot On Realme A1, serta bagaimana menggunakan mode profesional sehingga hasil foto / gambar nampak lebih keren. 

Q: Kualitas Kamera Realme A1 Bagus? Ada Contoh Gambar Hasil Foto?
A: Bagus banget ya nggak, jelek juga tidak. Standar hasil kamera Smartphone sejutaan memang terkesan realistis saja. 

Contoh Foto Hasil Kamera Realme A1 Jepretan

Q: Apakah Realme A1 Sudah Memiliki Sensor Gyroscope?
A: Belum ada. Gyro biasanya dapat dimanfaatkan untuk bermain game dengan mode Virtual Reality pakai hardware tambahan namun sayangnya Realme A1 tidak memiliki sensor Gyroscope..

Layar Realme A1

Q: Apakah Realme A1 Sudah Dilengkapi Jenis Perlindungan / Proteksi Layar Corning Gorilla Glass?
A: Ya, pelindung layarnya berjenis Corning Gorilla Glass versi 4 layaknya Realme U1. Tahan terhadap goresan kuku juga. 

Q: Jenis Panel Layar yang dipakai Realme A1 ?
A: Sebagaimana HP Realme pada umumnya, masih menerapkan panel IPS LCD Capacitive Touchscreen, IPS nggak buruk-buruk amat memang harus diakui masih kalah dari Super AMOLED milik Samsung atau OLED Apple iPhone XS Max. 

Q: Kerapatan Densitas Piksel?
A: Density 329 ppi. Semakin besar angkanya makin rapat dan bakal menghasilkan kualitas warna layar yang bagus. 

Q: Resolusi dan Aspek Rasio Berapa?
A: 740 x 1440 piksel dengan aspect 18:9 kekinian membuat bodi walau secara spek lebar tapi ketika digenggam justru standar mirip gawai berukuran 5 inci. 

Q: Apakah Realme A1 Ada Fitur Kecerahan Otomatis (Auto Brightness) atau Belum?
A: Sejak pertama kali dirilis semua HP Realme memiliki pencerahan layar Auto Adaptive, termasuk Realme A1. Terima kasih untuk Color OS. 

Q: Bagaimana Cara Mengambil Screenshot di HP Realme A1?
A: Tangkapan Layar atau Screen-capture pada Realme A1 bisa pakai opsi tiga jari, tombol power + volume down, serta gestur atas bantuan aplikasi pihak ketiga. 

Q: Cara Mengaktifkan Picture in Picture Pada Realme A1?
A: Sayangnya kita pengguna di Indonesia sejauh ini tidak diberikan fitur PiP, sementara khusus pemakai Android di Amerika Serikat saja yang dapat mengaktifkan serta menikmati Picture in Picture. 

Q: Trik Mengunci Aplikasi di Realme A1 Pakai Sensor Wajah?
A: Masuk ke menu Settings, klik Face and Passcode, pilih Lockscreen Password, menuju ke opsi Face dan Private Safe pilih aplikasi tertentu yang ingin dikunci. 

Q: Cara Kunci Layar dan Mengaktifkan Pola di Realme A1 ?
A: Masuk ke Pengaturan, pilih Keamanan dan Privasi, klik Pengunci Layar dan Kata Sandi, silakan pilih opsi apakah berbentuk PIN / Pola / atau Password. 

Kinerja Performa Realme A1

Q: Berapa Kapasitas RAM dan ROM Realme A1?
A: Memori 2GB / 3GB (India) dan Penyimpanan berupa varian Internal Storage 16GB / 32GB / 64GB. Terpotong oleh ruang sistem mencapai 5-10%, misal kapasitas 16GB sisanya 9-10 Gigabyte saja. 

Q: Apa Chipset dan GPU yang Digunakan Realme A1?
A: Tergantung rilisan dan varian, apakah India atau Indonesia. Ada yang pakai Qualcomm Snapdragon 636 / SD 450 ada juga MediaTek Helio P35 / P60. 

Q: Jenis atau Versi Android OS Pada Realme A1 dan Kustomisasinya?
A: Realme A1 versi India sudah memakai Android Pie 9.0 sementara keluaran Indonesia masih Oreo 8.0 namun tidak menutup kemungkinan dibukanya jalur Upgrade. 

Q: Apakah Realme A1 Cocok Buat Main Game?
A: Pemakaian gaming kasual seperti game ringan, tanpa mementingkan FPS dan kinerja selebihnya ya boleh lah. 

Q: Apakah Realme A1 Bisa Buat Main Game Berat Seperti PUBG, Ashpalt 8, Nova Legacy, Mobile Legends, AOV, Garena Free Fire, Modern Combat 5, HAGO, Hitman, ?
A: Sangat bisa. Tapi kamu harus bersikap realistis mengenai kualitas grafik apalagi game berat, jangan terlalu berharap banyak. 


Gaming Realme A1 PUBG Mobile Legends

Q: Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Realme A1 (Bloatware) ?
A: Menekan ikon aplikasi beberapa detik hingga muncul pilihan Uninstall atau Tanda Silang (X) kemudian klik dan lihat hasilnya. 

Q: Apakah Realme A1 Kebagian Update OS Android Pie 9.0?
A: Belum dipastikan ada atau tidaknya upgrade firmware dan software Android Pie di Realme A1. Tapi kamu bisa coba metode berikut: Cara Update Pie HP Realme. 

Q: Apakah Realme A1 Bisa Pakai Sinyal 4G VoLTE Kartu Smartfren?
A: Tentu saja. Sistem VoLTE dapat digunakan pada Realme A1 jadi jangan khawatir menerima panggilan telepon disaat menggunakan jaringan 4G. 

Q: Apakah Realme Memiliki Radio FM?
A: Ya, ada aplikasi bawaan berupa Radio. Mendengarkan segala macam musik siaran langsung stasiun radio di sekitar kota kamu.

Q: Apakah Realme A1 Ada Fitur NFC?
A: Sensor NFC belum tersemat di HP Realme A1, seperti kebanyakan vendor menganggap orang Indonesia masih jarang yang pakai NFC. 

Keluhan Pengguna Masalah Realme A1

Q: Cara Mengatasi Masalah Realme Lupa Pola / PIN atau Password?
A: Langkah awal gunakan fitur Forgot Password kemudian minta kata sandi baru yang dikirim ke email Anda. Kalau tidak bisa, cara pamungkas dengan Factory Reset. 

Q: Tips Cara Membedakan Realme A1 Asli dan Palsu (Original vs Replika / KW)?
A: Realme A1 bisa dicek keasliannya menggunakan nomor IMEI. Masuk ke www.imei.info, submit pada kolom input nomor IMEI yang ingin dicek dalam hal ini adalah HP Realme Anda.

Q: Bagaimana Cara Cek IMEI Realme A1?
A: Masuk ke menu aplikasi telepon bawaan menekan *#06# otomatis muncul 16 digit angka tertera itulah imei Anda. 

Q: Memperbaiki  Bootloop, Hardbrick, Rusak eMMC?
A: Beberapa pengguna alami masalah kerusakan yang mengharuskan mereka melakukan Flash, Install TWRP, (root, ubl unlock bootloader, twrp install, flash). 

Q: Kode Rahasia Realme A1 Masuk Fitur Tersembunyi?
A: Trik & Tips Realme A1 menggunakan dial number sudah pernah kami bahas sebelumnya. Silakan baca, ikuti dan praktikan.

Q: Mengganti Font Realme A1 ?
A: Jenis huruf atau font bisa diubah sesuai selera. Baik metode Rooted atau tanpa Root, untuk pilihan mengubah huruf yang lebih banyak disarankan rooting apabila garansi sudah kadaluwarsa.

Q: Cara Mematikan HP Realme A1 ?
A: Menonaktifkan Realme A1 dapat menggunakan tombol power tekan beberapa detik kemudian pilih Matikan Daya (Turn Off).

Q: Keluar Mode Aman (Safe Mode) Realme A1 Tidak Bisa?
A: Ada beberapa penyebab seperti tombol (-) Volume Down kemungkinan bermasalah alias rusak. Atau bisa juga karena aplikasi hasil install mengandung virrrus. Solusinya cek: Solusi Gagal Keluar Masuk Safe Mode HP Realme.

Q: Menampilkan Persentase Baterai Realme A1 ?
A: Secara otomatis (default) sudah tampil pada status bar dekat ikon baterai dan sinyal provider.

Q: Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Realme A1?
A: Kelemahan = Belum Type C, tidak ada Near Field Communications, belum punya Fingerprint. Sedangkan keunggulan Realme A1 adalah = Sudah support Fast Charging, CPU GPU kekinian, Harga terjangkau, layanan purna-jual bagus.

Q: Berapa Harga Baru dan Bekas Realme A1?
A: Soal banderol harga bervariasi antara USD 119 (Sejutaan) sampai $149 (IDR 2 Jutaan). Tergantung kapasitas memori, dan di negara mana dijualnya. Soalnya walau di India dibanderol 2 juta kadang bisa lebih murah ketika masuk garansi resmi ke Indonesia. 

Q: Apakah Realme A1 Bagus Layak Beli atau Jelek Tidak Direkomendasikan?
A: Tergantung kebutuhan. Apakah kamu butuh HP merek Realme yang dapat diandalkan dalam hal multitasking, streaming video film musik, media sosial, email bisnis, chatting, dan sejenisnya? Jika iya, maka layak beli. Gaming juga bisa tapi sekali lagi jangan berharap banyak dengan kualitas grafis. 

Demikianlah ulasan kami serta sedikit tanya jawab tentang Smartphone Realme A1 HP tersebut bisa dibeli di Marketplace Tokopedia, JD ID, Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak dengan harga variatif.