Cara Mengetahui Apakah Orang Lain Online di Tinder

Bagaimana cara mengetahui apakah pengguna lain sedang online di Tinder atau lagi offline? – Tinder sebagai aplikasi kencan terpopuler di dunia kembali viral usai seorang model di Vietnam berhasil mendapatkan pasangan yang ternyata penggemarnya sendiri. 

Indonesia juga termasuk salah satu negara dengan pengguna Tinder terbanyak di dunia, peringkat pertama di Asia Tenggara, dan nomor 3 di benua Asia secara keseluruhan. 

Cara mengetahui online tinder orang lain

Fitur yang mudah diakses & navigasi ramah pengguna, tampilan antarmuka juga sederhana, serta sistem verifikasi untuk memastikan keaslian akun membuat Tinder semakin diminati penggunanya dibanding Dating App lain. 

Anda bisa tahu usia, biografi, jarak Anda dengan lokasi pengguna lainnya. Lalu apakah bisa mengetahui orang lain Online di Tinder? 

Adakah Cara Cari Tahu Jika Seseorang Online di Tinder

Jawabannya adalah: Tidak ada indikator mutlak buat mengetahui apakah seorang pengguna sedang online atau offline. Satu-satunya cara memastikan status dia ialah memakai trik khusus, mengecek profil

Saat ini tidak ada cara langsung untuk mengetahui apakah seseorang sedang aktif online di Tinder. Berbeda halnya dengan aplikasi seperti Plenty Of Fish memiliki segmen khusus yang disebut "Online Now", di mana mereka menampilkan profil yang secara aktif saat lagi menggunakan aplikasi, di Tinder tidak ada cara demikian.

Memang disayangkan, Tinder tidak memiliki fitur mengetahui siapa saja yang lagi online mengingat hal itu memungkinkan pengguna melihat profil lain apakah seseorang sedang online atau kapan terakhir kali aktif. 

Kilas balik ke 2019 silam, mereka dulu memiliki fitur Last Seen atau Kapan Waktu Online Terakhir kali, yang sejak itu telah dihapus dari aplikasi. Alasan Tinder menghapus fitur ini adalah karena tindakan pencegahan keamanan. 

Tinder melakukan segala cara untuk mencegah penguntit yang beredar secara online atau Stalker. Jika Anda ingin melihat apakah seseorang sedang online atau aktif di Tinder, ada beberapa trik sederhana yang dapat Anda coba untuk melihat apakah seseorang sedang online/aktif. 

Mengecek Lokasi Tinder yang Berubah untuk Tahu Pengguna Lain Online

Cara pertama untuk melihat apakah seseorang online di Tinder adalah dengan mengecek apa lokasinya telah berubah. 

Misalnya, Tinder memberi Anda informasi tentang seberapa jauh pengguna yang sudah Matched dengan Anda. Ini disajikan dalam bentuk angka baik berupa satuan Kilometer (KM) atau Mil (Mi). 

Contoh sederhana: Jika pengguna berada 12 KM jauhnya saat Anda terakhir kali berbicara dengan dia (dan mungkin sepanjang waktu Anda ngobrol gitu) lalu sekarang orang itu berjarak 5 KM dari Anda. 

Nah, itu berarti mereka sedang aktif di Tinder. Saat pengguna membuka aplikasi smartphone, lokasi mereka segera berubah dan ditampilkan ke pengguna lain. Tinder melakukan ini karena sejumlah alasan. 

Pertama, Tinder perlu meningkatkan kualitas kecocokan (Matching Quality) yang diberikannya kepada Anda. Jika preferensi Anda diatur dalam Setting untuk mencari jodoh yang berjarak 3 KM, itu akan menemukan lokasi Anda dan memberikan kepada Anda pengguna yang berjarak 3 Kilometer. 

Kedua, orang lain seolah diharuskan menemukan profil Anda yang berada di dekat Anda. Segera setelah Tinder berhasil membuat koneksi ke sinyal GPS, Tinder akan menampilkannya di aplikasi. Itulah cara mengetahui orang lain online di Tinder.

Tinder di sini benar-benar mencoba memberikan pengalaman sebaik mungkin bagi kedua pengguna. Mengingat mereka tidak memiliki algoritma yang jelas seperti media sosial Instagram, Facebook atau TikTok. Baca juga: Cara Hapus Akun Litmatch Permanen.

Lihat Apakah Dia Lagi Mengetik

Cara lain untuk melihat apakah pengguna lain sedang online dan aktif di Tinder adalah dengan melihat apakah mereka mengetik sesuatu ke dalam ruang obrolan. 

Mirip dengan bagaimana iPhone memiliki gelembung (Bubble), Tinder secara resmi mengadopsi fitur ini. Pengguna dapat melihat ketika pengguna lain mengetik di Tinder dengan tiga titik di dalam kotak chat. 

Tiga gelembung akan muncul segera setelah sesuatu dimasukkan ke dalam kotak obrolan (baik teks atau gif). Ini jelas cara yang bagus untuk mengetahui apakah pengguna lain aktif secara online, terutama jika Anda sedang menunggu pesan balasan dari pengguna tersebut. 

Perubahan Gambar dan Bio

Selanjutnya adalah memeriksa gambar atau pembaruan bio di akun tersebut Jika seseorang aktif di Tinder, kemungkinan akan ada gambar atau foto yang diperbarui di profil pengguna itu. 

Gambar yang di-update, baik ditambah, diganti atau dihapus berarti dia online baru-baru ini. Cara terbaik untuk memeriksanya (jika Anda berteman dengan mereka di media sosial) adalah dengan melakukan referensi silang saat foto diambil dan apakah itu cocok dengan profil medsos mereka. 

Cara lain untuk menentukan adalah dengan melihat apakah mereka memiliki foto liburan. Misalnya, ini musim libur akhir tahun dan jika mereka mengunggah foto Natal, kemungkinan besar Anda dapat memprediksi bahwa foto tersebut diambil sekitar bulan Desember. 

Pengguna akan sering memperbarui bio mereka untuk mencerminkan pandangan baru, menyegarkan akun atau memberikan lebih banyak informasi tentang diri mereka sendiri. 

Untuk menentukan apakah pengguna aktif, bisa juga coba cek apakah mereka memperbarui bio pada akun Tinder atau bahkan menghapus bio, mengganti sepatah kata. Sekarang saatnya cek: Tips Manfaatkan Swipe Surge di Tinder supaya dapat jodoh, khusunya pengguna gratisan non premium.

Kesimpulan

Tidak ada tanda mutlak atau cara yang pasti untuk melihat apakah seseorang aktif atau online di Tinder saat ini. Namun, pengguna dapat melihat perubahan pada jarak, bio dan gambar baru, atau melihat apakah pengguna sedang mengetik untuk memastikannya. 

Tinder menyembunyikan status pengguna untuk melindungi mereka dari potensi adanya stalker. Jika Anda ingin melihat apakah seseorang aktif, cara terbaik adalah dengan bertanya apa saja dengan buka percakapan.