Foto dan Video iPhone Hilang Sendiri, 5 Cara Mengembalikan Semuanya

Cara Mengembalikan Foto di iCloud yang Hilang. Beberapa pengguna mengalami foto hilang sendiri dari iPhone untuk banyak tipe. Kejadian ini dialami setelah mereka update software ke iOS 15 yang baru saja dirilis resmi secara global oleh Apple

Terkadang foto iPhone tiba-tiba menghilang dari iPhone. Ini mungkin disebabkan oleh pembaruan sistem iOS dan penghapusan seluruh Camera Roll galeri foto secara tidak sadar. 

Cara Mengembalikan Foto Hilang iPhone iOS.png

Atau bisa juga ada album disembunyikan tanpa disadari. Tenang, ada beberapa cara untuk membantu Anda memulihkan & cara mengembalikan foto yang hilang dari iPhone Anda.

Anda mungkin tiba-tiba baru sadar bahwa satu atau lebih foto iPhone hilang dari galeri Rol Kamera atau Album. Jangan panik ketika Anda mengalami foto Anda menghilang dari iPhone Anda. 

Cari tahu dulu penyebab dan gunakan solusi yang sesuai. Kami telah membuat daftar kemungkinan penyebab insiden seperti itu bisa terjadi serta solusi untuk masing-masing masalah ini. 

Penyebab Foto dan Video iPhone Hilang Sendiri

Sekali lagi, ada banyak kemungkinan mengapa foto iPhone hilang dari galeri dan Camera Roll. Beberapa penyebab di bawah ini mungkin pernah Anda alami juga.
  • Video dan Foto-foto tersebut disembunyikan oleh Anda atau orang lain. 
  • Anda tidak sengaja menghapus foto & video. 
  • Foto menghilang dari iPhone setelah memperbarui iPhone ke iOS versi terbaru, yang juga dapat menyebabkan hilangnya kontak. 
  • Banyak aplikasi dan file sampah menempati memori internal perangkat Anda, yang menyebabkan kekurangan ruang iPhone. Akibatnya, foto tidak ditampilkan di iPhone Anda. 
  • Aliran eMMC smartphone tidak berfungsi atau dinonaktifkan. 
  • Masuk ke akun iCloud yang berbeda atau Anda telah menonaktifkan Sinkronisasi Foto iCloud. 
  • Melakukan Restore iPhone Anda dari data backup yang tidak dikenal. 
Beberapa teman saya bilang kemungkinan setelah update iOS, dan dia baru menyadari dua hari setelah memperbarui iPhone XR miliknya ke iOS 15 tiba-tiba banyak foto dan video hilang dari galeri secara misterius. 

Cara Mengembalikan Foto dan Video iPhone yang Hilang

Jika foto Anda tidak muncul di iPhone Anda, Anda perlu mencari tahu kemungkinan alasannya terlebih dahulu, dan kemudian solusi yang bisa diterapkan. Banyak kasus foto iPhone tiba-tiba hilang. 

Kami telah mencantumkan kemungkinan penyebabnya di bagian di atas. Berikut adalah solusi pemulihan foto & video terbaik yang kami kumpulkan untuk Anda, bisa untuk iPhone 13 Pro Max sekali pun.

Selain itu metode yang ada di sini tidak berlaku untuk mengembalikan gambar yang sudah terhapus dari WhatsApp iPhone dan sempat masuk ke Camera Roll (Galeri). 

Periksa Folder Sampah

Jika foto Anda hilang dari rol kamera Anda, periksa apakah ada kemungkinan Anda atau orang lain telah menghapusnya secara tidak sengaja. 

Semua foto yang dihapus akan dikirim ke album "Baru Dihapus" atau "Recently Deleted" selama 30 hari. Selama waktu itu, Anda dapat mengembalikan gambar dari folder Baru Dihapus ke iPhone Anda atau memilih untuk menghapusnya secara permanen.

Langkah 1 : Buka aplikasi Foto di layar iPhone Anda, temukan opsi 'Album." 

Langkah 2 : Periksa folder "Baru Dihapus" di bawah "Utilitas" untuk melihat apakah foto Anda yang hilang muncul. 

Langkah 3 : Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan foto Anda di sini, ketuk "Pilih" dan pilih foto yang ingin Anda simpan, ketuk "Pulihkan/Restore" untuk mengembalikannya.

Restart iPhone iPad atau iPod Touch Anda

Jika Anda tidak menemukan foto Anda di folder "Baru Dihapus", Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara lain. Yang pertama kami sarankan adalah me-restart perangkat Anda.

Secara umum, menyalakan ulang dapat memperbaiki sebagian besar masalah iPhone. Langkah-langkahnya sedikit berbeda di antara model iPhone yang berbeda. 

Tapi kebanyakan restart iPhone itu bisa lewat Setting / Pengaturan. Atau jika iPhone 7, 7 Plus, 8 Plus, SE 2 yang memiliki tombol fisik juga tekan saja tombol power beberapa detik lalu geser ke kanan ketika di layar muncul opsi restart. 

Nonaktifkan iCloud Photo Library

Jika tidak satu pun dari dua cara mengembalikan foto yang hilang di iPhone yang tercantum di atas berfungsi, Anda dapat membuka aplikasi Pengaturan untuk cek apakah Anda telah mengaktifkan Perpustakaan Foto iCloud. 

Perpustakaan Foto iCloud atau iCloud Photo Library berguna untuk sinkronisasi semua foto Rol Kamera Anda ke driver iCloud sehingga Anda dapat mengaksesnya di semua perangkat Anda. 

Jika Anda gagal menyinkronkan foto, berikut adalah beberapa solusi cepat untuk memperbaiki masalah "iCloud photos not syncing (Foto pada iCloud tidak disinkronisasi", telah dicoba pada iPhone 11 Pro Max.

Langkah 1 : Masuk Pengaturan > [nama perangkat iPhone Anda] > "iCloud." (Untuk iOS 10.2 atau lebih lama, cukup ketuk 'Pengaturan"> "iCloud.") 

Langkah 2 : Pindahkan bilah di sisi kanan atau geser Toggle ON untuk mengaktifkan Perpustakaan Foto iCloud. 

Langkah 3 : Tunggu beberapa menit, kembali ke aplikasi Galeri Foto Anda, dan periksa apakah foto Anda sudah bisa dipulihkan lagi. 

Jika Recently Deleted iPhone tidak bisa dihapus sebaiknya restart/reboot dulu device kalian. Sayangnya saat ini belum ada cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone tanpa iCloud. 

Masuk ke Apple ID yang Benar

Caranya sangat mirip dengan metode 3 tadi, cukup pastikan Anda masuk ke iCloud dengan ID Apple yang sama di perangkat lain. 

Kebanyakan pengguna tidak menyadari penyebab foto hilang di iPhone itu akibat pemakaian iCloud dengan Apple ID yang sembarangan. 

Unhide atau Menampilkan Foto yang Disembunyikan di iPhone
 
Ada kemungkinan Anda menyembunyikan foto Anda di masa lalu tapi lupa. Coba periksa apakah ada foto tersembunyi di iPhone Anda. Berikut cara melakukannya. 

Langkah 1 : Silakan buka lagi aplikasi "Foto", gulir ke bawah layar untuk menemukan 'Tersembunyi' di bawah "Utilitas." 

Langkah 2 : Kemudian cek apakah ada foto atau video yang disembunyikan. 

Jika Anda menemukan foto yang hilang di sini, ketuk "Pilih" untuk memilih foto. Tekan tombol bagikan (Share) dan pilih "Tampilkan." Kemudian semua foto akan kembali ke album aslinya. 

Catatan: Jika folder "Tersembunyi" tidak muncul di "Foto". Buka "Pengaturan" > "Foto" dan Aktifkan 'Album Tersembunyi'.

Mengembalikan Foto iPhone yang Terhapus Usai Update iOS

Jika tidak ada solusi di atas yang menyelesaikan masalah Anda dan foto masih hilang di suatu tempat, bersiaplah karena mungkin benar-benar hilang untuk selamanya. 

Dalam panduan ini, solusi terbaik Anda adalah mencoba iTunes atau alat pemulihan data iPhone untuk mendapatkan kembali foto Anda yang hilang.

Anda juga bisa mengembalikan foto yang sudah dihapus di Recently Deleted cukup recover saja. Sebaliknya, kalau sebelumnya menghapus foto permanen di iPhone maka sulit sekali. 

Restore Foto dan Video iPhone yang Hilang Pakai EaseUS MobiSaver

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, menggunakan iTunes untuk mengembalikan foto yang hilang dari iPhone akan menghapus semua data yang tersimpan di iPhone Anda. 

Untuk menghindari kehilangan data, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data iOS ini bernama EaseUS MobiSaver untuk memulihkan data yang terhapus tanpa menghapus data lain. 

EaseUS MobiSaver adalah alat pemulihan data iOS andal yang memungkinkan Anda memulihkan kontak, foto, pesan, video, dan banyak data iOS lainnya yang terhapus dari iTunes atau iCloud tanpa menghapusnya. 

Anda bahkan dapat menemukan kembali data yang dihapus tanpa cadangan/backup. Selain itu, EaseUS MobiSaver memiliki banyak fitur luar biasa untuk memulihkan file yang terhapus. 

Software ini juga memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif. Sangat kompatibel dengan semua perangkat iOS, termasuk iPhone, iPad, dan iPod touch. 

Mendukung hampir semua versi iOS, termasuk iOS 15 terbaru. Aplikasinya dapat memulihkan berbagai data iOS yang dihapus atau hilang seperti kontak, pesan, video, foto, file dokumen berbentuk PDF, musik, dll. 

Support yang bagus, update rutin dan perbaikan bug untuk menjaga kinerja tetap pada sasaran. Silakan install EaseUS MobiSaver di PC Windows atau Mac Anda, dan mari lakukan pemulihan foto pada iPhone Anda. 

Langkah 1 : Buka EaseUS MobiSaver. Di antara tiga opsi pemulihan, pilih "Pulihkan dari iTunes" atau "Pulihkan dari iCloud" tergantung pada lokasi file backup milik Anda dan klik "Pindai/Scan." Anda harus login ke Apple ID, tenang ini aman. 

Langkah 2 : Setelah pemindaian selesai, semua file yang ditemukan oleh EaseUS MobiSaver akan ditampilkan di sisi kiri dalam kategori yang terorganisir dengan baik. 

Langkah 3 : Anda dapat menemukan foto yang hilang dengan cepat di bawah tab Foto/Video. Perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda untuk melihat foto yang dipilih satu per satu. 

Langkah 4 : Cukup tekan tombol "Pulihkan/Restore" untuk mengekspor file gambar yang dapat dipulihkan dan tentukan folder untuk menyimpannya di komputer Anda.

Catatan: Beberapa perangkat iPhone mungkin tidak kompatibel untuk mendapatkan fitur "Restore from iOS Device iPhone (Pulihkan dari Perangkat iOS)" yang memungkinkan Anda memulihkan foto dari penyimpanan internal bahkan jika tanpa backup sama sekali. 

Mengembalikan Foto yang Hilang dan Terhapus dari Camera Roll Lewat iTunes

Jika Anda pernah mencadangkan iPhone ke iTunes, Anda bisa mendapatkan kembali foto yang dihapus dengan memulihkan perangkat Anda dari backup iTunes sebelumnya. 

Perlu dicatat bahwa iTunes akan secara permanen menghapus semua data Anda saat ini di iPhone. 

Langkah 1 : Instal iTunes versi terbaru di PC atau Mac Anda. Hubungkan iPhone Anda ke komputer dengan kabel USB yang original.

Langkah 2 : Jika pesan "Percayai Komputer Ini" muncul di iPhone atau iPad Anda, ketuk "Percayai". 

Langkah 3 : Di layar iTunes, temukan ikon "Ringkasan" dan klik "Pulihkan Cadangan (Restore Backup)" di panel sisi kanan.

Langkah 4 : Kemudian, daftar backup dengan ukuran dan waktu pembuatan akan muncul. Pilih cadangan terbaru dan tekan "Pulihkan."

Artikel ini mencakup kemungkinan penyebab hilangnya foto di iPhone Anda dan memberikan solusi cara mengembalikan foto yang hilang di iPhone, sesuai untuk setiap kasus.

Anda dapat memeriksa kondisi apa yang Anda alami dan sebaiknya mencoba tiap solusi di atas untuk mendapatkan kembali foto Anda. 

Karena kita tidak tahu penyebab utamanya tiap orang berbeda-beda, dan mungkin Anda sebagai pemilik iPhone sendiri tidak menyadarinya. 

Sedangkan ntuk meminimalkan risiko kehilangan data berupa foto & video, kami sangat menyarankan agar Anda mencadangkan iPhone Anda atau backup file secara rutin.