Cara Reset Pabrik iPhone 13 Pro Max dan 13 Mini di Pengaturan

Produk terbaru Apple iPhone 13, 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro‌ Max hadir dalam ukuran yang berbeda dibandingkan dengan seri iPhone 12, tahun lalu, tetapi mereka masih memiliki beberapa elemen desain yang sama dengan model smartphone Apple 2020, seperti desain semua layar dan tidak ada tombol Home di bagian depan.

Jika Anda kebingungan saat mau melakukan Factory Reset iPhone 13 Pro Max series, admin sudah siapkan panduannya dengan sejumlah metode yang disarankan langsung melalui situs web Apple resmi. 

cara reset pabrik iPhone 13 pro max factory hard restart_6

Terutama kalau Anda baru saja upgrade dari iPhone dengan tombol Home fisik, lanjutkan membaca untuk mempelajari cara menghidupkan dan mematikan, memaksa memulai ulang (Force Restart/Reboot) masuk ke mode DFU, masuk ke mode pemulihan, mengaktifkan SOS Darurat, dan menonaktifkan Face ID untuk sementara. 

Ada pun hard reset pabrik iPhone 13 Pro Max bisa sekaligus menghapus data pada ponsel tersebut seperti produk baru beli atau juga tanpa harus menghilangkan semua datanya di smartphone dengan backup file. 

Cara Reset Pabrik iPhone 13 Pro Max

Perhatikan bahwa mengatur ulang atau mereset semua pengaturan pabrik iPhone 13 Pro Max bakal menghapus seluruh kustomisasi Settingan yang sudah Anda lakukan sebelumnya. 

Namun tidak termasuk hapus data dalam hal Foto, Video, Musik, Aplikasi, File Dokumen, Utilitas dan sebagainya yang bersifat pribadi akan tetap aman. 

1. Tekan dan lepas dengan cepat tombol Volume Up (+). 

2. Lanjut tekan dan tahan tombol Volume Down (-). 

3. Tekan dan tahan tombol di samping iPhone 13 Pro Max. Sampai logo Apple muncul, lalu lepaskan tombolnya. 

Selama proses ini, Anda akan melihat penggeser untuk mematikan iPhone. Sebaiknya abaikan saja dan terus menahan tombol Power di samping sampai layar menjadi hitam. 

Pada saat itu, logo Apple akan muncul, dan setelah restart selesai, layar akan aktif kembali. Menggunakan proses restart paksa mencegah Anda dari keharusan mematikan iPhone sepenuhnya, yang membutuhkan beberapa langkah lagi.

Jika Anda ingin mematikan iPhone 13 Pro Max lalu melakukan Factory Reset, Anda dapat melakukannya dengan membuka bagian Umum (General) dari aplikasi Pengaturan, gulirkan layar ke bawah, dan pilih opsi Matikan (Shut Down). 

Reset Pengaturan iPhone 13 Pro Max

Berbeda dengan reset pabrik, untuk mereset pengaturan iPhone 13 Pro Max ini hanya mengatur ulang settingan yang sudah diubah oleh pengguna. 

1. Masuk ke Settings (Pengaturan) iPhone Anda. 

2. Pilih menu General (Umum). 

3. Opsi "Transfer dan Atur Ulang iPhone" akan muncul. 

4. Kemudian pilih "Atur Ulang/Reset" dan Atur Ulang Pengaturan. 

Karena Anda mau hapus semua pengaturan maka itu pilihannya pada poin nomor 4. Tapi jika hanya ingin mereset pengaturan Jaringan Internet, biasanya dilakukan pada saat koneksi sedang buruk, maka pilih "Atur Ulang Jaringan".
Memang cukup mudah untuk Reset Pabrik iPhone 13 Pro Max, 13 Mini, 13 dan 13 Pro tanpa harus menggunakan iTunes di PC. Termasuk juga mengatur ulang pengaturan tata letak ikon aplikasi di Homescreen misalnya.