21 Langkah Mengembalikan Kontak iPhone yang Hilang di iOS

Berikut panduan cara mengembalikan data kontak iPhone yang Hilang menggunakan file hasil backup. Jika Anda mencari cara yang layak untuk mengekstrak kontak dari backup iPhone, baik iTunes atau cadangan iCloud, berikut adalah empat cara sederhana dan cepat bagi Anda untuk melakukannya. 

Mencadangkan/backup kontak Anda di iPhone itu mudah, tetapi memulihkannya tidak. Jika Anda mengikuti cara default untuk memulihkan iPhone dari iTunes atau cadangan iCloud, kemungkinan besar Anda akan kehilangan semua data yang ada. 

cara mengembalikan kontak hilang iphone ios ipad.png

Hal itu karena berkas file yang dipulihkan akan menghapus data pada perangkat iPhone Anda terlebih dahulu dan kemudian mengganti data Anda saat ini dengan yang ada di file backup. 

Langkah ini tidak disarankan kecuali Anda memakai iPhone baru. Jika tidak, sebaiknya Anda mengadopsi metode yang lebih aman yang tidak akan menyebabkan kehilangan data, seperti metode yang akan kami gunakan di bawah ini.

Apa pun cara yang Anda putuskan untuk gunakan, ingatlah untuk selalu backup iPad dan iPhone Anda terlebih dahulu dan kemudian ikuti panduan di bawah ini untuk mengekstrak/mengembalikan kontak nomor HP di iPhone yang hilang dengan atau tanpa kehilangan data.

Cara Ekstrak Kontak dari File Backup iPhone Tanpa Kehilangan Data

Jika Anda ingin mengekstrak dan mengembalikan kontak hanya dari data backup iPhone (iTunes atau cadangan iCloud) tanpa kehilangan data, coba gunakan alat pemulihan data iPhone yang aman seperti EaseUS MobiSaver. 

Dengan yang terinstal di komputer Anda, Anda dapat memulihkan kontak, pesan, video, foto, dan data iOS lainnya yang dihapus dari backup iTunes/iCloud atau dari iPhone Anda secara langsung saat tidak ada cadangan yang tersedia. 

Bagian terbaik dari alat ini adalah tidak akan membuat Anda kehilangan data penting yang ada dalam perangkat selama pemulihan dan bisa digunakan pada iPad juga. 

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau data sebelum memulihkan/recover, yang membantu Anda menghindari data yang tidak diinginkan. Untuk mengekstrak kontak dari cadangan iPhone silakan simak tutorial ini: 

Langkah 1 : Hubungkan iPhone Anda ke komputer > Buka EaseUS MobiSaver > Pilih mode pemulihan yang ingin Anda gunakan > Klik tombol "Pindai/Scan". 

Langkah 2 : EaseUS MobiSaver akan mulai memindai iPhone Anda, dan kemudian menampilkan semua data yang dihapus pada perangkat Anda. 

Langkah 3 : Anda dapat melihat pratinjau dan memilih kontak yang ingin Anda pulihkan, lalu klik "Pulihkan/Recover."

Dengan teknik ini bisa mengembalikan kontak yang hilang di iPhone tanpa harus menghapus data yang ada dalam perangkat. 

Memindahkan Kontak dari iCloud ke iPhone via Website

Jika Anda tidak suka menggunakan alat pemulihan pihak ketiga, Anda juga dapat mengekstrak kontak dari situs web resmi icloud.com. 

Untuk menggunakan metode ini, Anda harus memastikan kontak Anda telah disinkronkan dengan iCloud sebelum menghapusnya. 

Jika tidak, Anda tidak dapat menemukan dan memulihkan kontak dengan cara ini. Sebelum memulai, periksa atau cek dulu apakah Anda telah mengaktifkan sinkronisasi kontak di iCloud, caranya begini: 

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda > Ketuk "iCloud"> Ketuk "Kontak"> Verifikasi bahwa "Kontak" diaktifkan. 

Kemudian, Anda dapat membuka browser di komputer Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan proses selanjutnya. 

Langkah 1 : Masuk ke web icloud.com di browser web baru. 

Langkah 2 : Masuk ke situs web iCloud dengan Apple ID Anda. 

Langkah 3 : Klik pada opsi "Pengaturan Akun" yang terletak di bawah nama Anda. 

Langkah 4 :  Di bawah Bagian Lanjutan, klik "Pulihkan Kontak (Recover Contacts)". 

Langkah 5 : Pilih arsip kontak untuk dipulihkan. Jika pada layar menunjukkan "Tidak ada arsip yang tersedia," itu berarti kontak Anda gagal disinkronkan dengan iCloud, dan Anda harus mengikuti metode lain untuk memulihkannya.

Perhatikan bahwa cara tersebut tidak bisa digunakan untuk mengembalikan kontak yang terhapus di iPhone / iOS kalau belum ada backup. 

Cara Restore Kontak Nomor HP di iPhone Lewat iCloud

Jika Anda tidak keberatan kehilangan data, Anda juga dapat memulihkan iPhone dari file backup iCloud yang berisi kontak yang dihapus. 

Pertama-tama, Anda harus cek apakah Anda telah membuat salinan kontak nomor HP/WhatsApp sebelum kehilangan kontak WA orang lain. Jika Anda sudah melakukannya, maka Anda dapat lanjut ke langkah berikutnya. 

Namun jika tidak, Anda dapat mencoba menggunakan metode lain sebagai gantinya. Berikut langkah-langkahnya. 

Langkah 1 : Periksa apakah Anda telah mencadangkan/melakukan backup iPhone sebelum kehilangan kontak. 

Langkah 2 : Di iPhone Anda, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk "iCloud." Gulir ke bawah untuk menemukan "iCloud Backup," dari mana Anda dapat melihat tanggal backup terakhir Anda.

Langkah 3 : Setel ulang iPhone Anda dengan reset. (Abaikan langkah ini jika iPhone Anda masih baru). 

Langkah 4 : Buka Pengaturan/Settings di iPhone Anda. Pilih "Umum/General", lalu "Setel Ulang/Reset". Ketuk "Hapus Semua Konten dan Pengaturan/Erase All Content and Settings."

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, langkah-langkah ini akan menghapus semua data Anda saat ini di iPhone Anda. Dan tahap ini bisa mengembalikan kontak WA yang terhapus dari iPhone atau iPad, bukan chat ya hanya kontak orang lain saja.

Jika Anda tidak menginginkannya, Anda juga dapat menggunakan EaseUS MobiSaver untuk mengekstrak kontak hanya dari file backup di iCloud, yang tidak akan menyebabkan kehilangan data. 

Lebih penting lagi, software ini memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau kontak sebelum memulihkan semuanya. Berikut cara menggunakannya: 

Langkah 1 : Install aplikasi EaseUS MobiSaver di komputer Anda > Hubungkan iPhone Anda ke komputer > Pilih "Pulihkan dari Cadangan iCloud" > Masuk ke akun iCloud Anda. Tenang, aman kok.

Lamgkah 2 : Anda akan melihat semua backup iCloud di akun Anda > Pilih salah satu yang berisi kontak yang dihapus > Lanjutkan dengan mengeklik "Pindai/Scan". 

Langkah 3 : Setelah memindai, layar akan menampilkan semua data kepada Anda > Pilih data yang ingin Anda pulihkan > Klik "Pulihkan/Recover."

Sampai sini tunggu prosesnya, harusnya memulihkan kontak di iPhone yang hilang bakal segera selesai. Sudah dicoba menggunakan iPhone XR. 

Cara Restore Kontak iPhone Lewat iTunes File Backup

iTunes adalah metode terakhir yang bisa Anda lakukan dan juga yang paling tidak disarankan untuk mengekstrak kontak ke iPhone.

Bukan hanya karena metode ini akan menghapus semua data Anda sekarang di iPhone Anda, tetapi juga karena kinerjanya yang buruk. 

Tetapi jika Anda suka menggunakan iTunes, kami juga akan memberikam panduan kepada Anda langkah-langkah untuk mengekstrak/memulihkan kontak iPhone yang hilang. 

Langkah 1 : Hubungkan iPhone Anda ke komputer dan buka iTunes. 

Langkah 2 : Klik kanan iPhone Anda di bawah daftar Perangkat dan klik "Pulihkan Cadangan (Restore Backup)." 

Langkah 3 : Pilih cadangan terbaru dan klik "Pulihkan/Restore". 


Dari keempat metode mengembalikan kontak iPhone yang hilang tadi bisa Anda coba semua satu per satu. Memang ada kelebihan dan kekurangan tersendiri pada setiap metodenya mengingat Apple cukup ketat soal privasi pengguna.