Daftar Isi

Fungsi Perlindungan Data Lanjutan iPhone & Kenapa Wajib Diaktifkan

Dari sekian banyak fitur terbaru pada iOS 16, salah satu yang menarik perhatian ShukanBunshun.com adalah "Advanced Data Protection" alias Perlindungan Data Lanjutan. 

perlindungan data lanjutan iphone ios

Fitur ini hadir lebih tepatnya pada iOS 16.2 ke atas/lebih baru, Apple mengizinkan data di iCloud untuk di-enkripsi demi memastikan agar semuanya tetap aman di iPhone Anda.

Data yang terenkripsi termasuk semua file backup, pesan, iCloud Drive dan lain-lainnya. Ketika data dienkripsi, maka semuanya disimpan dalam iCloud dan tidak dapat diakses oleh Apple atau pihak ketiga yang tak bertanggung jawab memasuki iCloud kamu.

Jadi benar-benar hanya kamu, atau pemilik iCloud tersebut yang bisa mengakses data di dalamnya. Ada keamanan ekstra, inilah yang disebut Perlindungan Data Lanjutan. 

Fungsi End-to-end encyption alias enkripsi ini sebenarnya sudah lama dicanangkan oleh Apple seiring maraknya penyalahgunaan iCloud. 

Semua baru bisa terealisasi pada iOS 16.2 dan lebih baru. Terlambat memang, tapi lebih baik dari pada tidak sama sekali. Yang terpenting adalah bagi Apple keamanan data pengguna selalu menjadi prioritas.

Saking amannya, Apple menjamin bahwa pihaknya sendiri tidak akan bisa membuka akses iCloud kecuali memang pemiliknya memberikan izin langsung.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan Perlindungan Data Lanjutan di semua tipe iPhone yang mendukung iOS 16.2 ke atas?

1. Anda harus upgrade iPhone ke minimal versi iOS 16.2 atau yang lebih baru.

2. Setelah update selesai, masuklah ke Settings (Pengaturan), kemudian pada laman awal Settingan lanjut tap pada nama Anda di iPhone tersebut.

3. Lalu tap pada iCloud, pastikan bahwa iCloud sudah diaktifkan fitur backup.

4. Kembali ke halaman sebelumnya, gulirkan layar ke bawah hingga menemukan menu Advanced Data Protection (Perlindungan Data Lanjutan), tap pada menunyam

5. Sistem Apple akan meminta Anda memasukkan 28 karakter untuk memulihkan data back-up. 

6. Setelahnya Apple bakal meminta untuk menginput kode unlock serta memverifikasi kontak buat pemulihan data. 

7. Selesai, sekarang iPhone Anda sudah berhasil mengaktifkan Perlindungan Data Lanjutan pada iCloud untuk mengamankan data.

Harap dicatat, bahwa 28 karakter rahasia tadi harus diingat atau disimpan baik-baik agar tidak lupa. 

Apakah wajib menggunakan Perlindungan Data Lanjutan? Tidak wajib, tapi kata Apple meski Anda merasa akan tetap aman, tolong aktifkan saja Advanced Data Protection ini di iPhone. 

"Jika Anda memutuskan mengaktifkan Perlindungan Data Lanjutan, maka mayoritas data pada iCloud - termasuk Catatan/Notes, foto, video, dan lain-lain, akan menggunakan enkripsi end-to-end."

"Perlindungan Data Lanjutan diaktifkan guna memastikan pengguna merasakan keamanan. Tidak ada yang bisa mengakses iCloud, termasuk Apple. Datanya akan tetap aman meski ada pihak yang mencoba membongkarnya." kata Apple. 

Jadi saran kami juga sama, sebaiknya aktifkan Perlindungan Data Lanjutan, terutama buat Anda yang menyimpan file bersifat privasi dalam bentuk foto/video/catatan di iPhone.