Total Penjualan Single UZA dan Everyday Kachuusha JKT48

Fakta Lagu UZA dan Everyday Kachuusha serta merekap berapa data total penjualan dua single ke-19 JKT48 tersebut.

Sebagaimana yang telah dijanjikan beberapa bulan lalu bahwa JKT48 merilis dua lagu utama sekaligus untuk double single ke-19 berjudul UZA dan Everyday Kachuusha.

JKT48 UZA Everyday Kachuusha Ebikachu Katyusha

Kedua CD single ini telah tersedia jual dimana-mana mulai dari KFC, Tokopedia Official Store JKT48, sampai di theater buat beli langsung.

Mulai dari eks member, figur publik, artis, aktor, pelawak Indonesia dipakai untuk kerjasama mempromosikan single UZA JKT48 maupun Everyday Kachuusha. Lalu sudah berapa banyak yang terjual?

Baca juga: Berbagi Pengalaman Ikut Audisi JKT48

Berapa Total Penjualan Single UZA JKT48 & Everyday Kachuusha

Saat menghadiri acara Selebrasi yang disiarkan lewat kanal Inspirasi Musik / Kompas TV, edisi kuartal kedua 2018 juga sang presenter membahas total penjualan single UZA JKT48 diikuti Everyday Katyusha (Ebikachu).

Distribusi double-single tersebut terbilang cukup lancar. Hanya saja memang tidak usah terlalu berharap banyak masyarakat Indonesia beli produk original.

Berdasarkan data dari restoran KFC yang jadi salah satu wadah penjualan konten musik musisi Indonesia berbentuk fisik (CD), single UZA dan Everyday Kachuusha tercatat total hanya terjual 2,195 kopi saja di minggu pertama.

"Lagu JKT48 dirilis dan distribusi berbarengan dengan single terbaru band HiVi. Kami memantau dan sejauh ini berjalan lancar, HiVi menjual 612 copy dalam sepekan setelah beredar." kata Hendra Yuniarto selaku GM Marketing PT Fastfood Indonesia (KFC) sebagaimana lansiran koran lokal Jakarta.

Angka ini kurang dari ekspektasi sebagaimana proyek JKT48 Re:Boost menargetkan agar penggemar lebih memilih produk original grup ketimbang versi bajakan atau un-official, baik dari segi merchandise atau konten musiknya itu sendiri.

Namun angka 2195 tidak lebih buruk dari single Love Trip yang perkiraan hanya 810 keping CD terjual dalam sepekan.

Ebikachu JKT48 Everyday Kachuusha Katyusha Salkus

Sayangnya belum diketahui detail dari 2195 tersebut angka CD mana antara UZA dan Everyday Katyusha yang terjual paling banyak. Dalam lansiran hanya menyebutkan total keduanya.

Maklum, single Love Trip sering disebut yang terburuk dalam sejarah JKT48. Selain perilisan molor juga lagunya kurang begitu disukai.

Kapten JKT48 sekaligus member Team J, Shania Junianatha pernah mengatakan soal maraknya bajakan fans mereka.

"Sebenarnya itu balik lagi pada masing-masing individu kan, kalau memang mau dukung supaya idolanya tetap terus berkarya pastinya tau dong apa yang harus dilakuin kayak jangan pilih bajakan, beli original. Kan bikin lagu dan proses produksinya nggak gampang." kata gadis yang akrab disapa Shanju.

Padahal UZA jadi salah satu single AKB48 yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Khususnya penggemar JKT48 selalu mendorong manajemen agar melakukan cover lagu tersebut.

Meski demikian angka penjualan kemungkinan lebih tinggi dari versi KFC, sebab manajemen tidak pernah secara terbuka mengumumkan berapa keping CD terjual di Tokopedia atau versi theater (Booth Merchandise). Termasuk dalam sistem Direct Selling.

Double single ini jadi salah satu penjualan terburuk sepanjang sejarah grup. Padahal manajemen tentunya telah maksimal gelontorkan dana serta melakukan promosi di berbagai media, seperti media online, media sosial, hingga pemutaran serentak di stasiun radio Jabodetabek.

Di sisi lain, adanya platform layanan streaming musik digital seperti YouTube, iTunes, JOOX dan Spotify praktis semakin mengurangi minat masyarakat membeli CD dalam bentuk fisik.

RIVER jadi single paling sukses bagi JKT48 dalam hal penjualan maupun penghargaan diraih di ajang bergengsi seperti AMI Awards, dahSyat Music, Yahoo Awards. Bahkan sampai kini CD-nya masih diburu penggemar sebagai pelengkap koleksi.

Lagu-lagu baru yang diumumkan antara lain: Tsuyokimono Yo (Team KIII), Ima Para (Tim J), dan Namida no Seesaw Game (Team T).

Sementara versi AKB48 single UZA dirilis Oktober 2012, dijual seharga 1524 Yen dan secara total terjual 1,264,148 per Januari 2013. Dua center dalam lagu ini yakni Matsui Jurina dan Oshima Yuko (menggantikan Watanabe Mayu), dan senbatsu single perdana bagi Miyawaki Sakura.

Sedangkan Everyday Kachuusha (Everyday、カチューシャ), ini merupakan single ke-21 AKB48 dirilis musim panas tahun 2011. Member mengenakan bikini serta suasana pantai dalam pembawaan MV. Total versi AKB Everyday Katyusha terjual 1,349,718 copies per Desember 2011 memecahkan rekor pertama kali bagi grup mengalahkan penjualan single Mr Children's berjudul "Namonaki Uta" tahun 1996.

Makna lagu Everyday Kachuusha (dari kata Katyusha / Ikat Kepala) memiliki arti seperti Hachimaki atau simbol kerja keras serta kegigihan orang Jepang dalam mencapai sesuatu.

Dengan adanya data transparan mengenai Total Penjualan Single UZA dan Everyday Kachuusha JKT48 jadi motivasi maupun referensi bagi musisi dan melihat seberapa besar antusiasme mereka.
Total Penjualan Single UZA dan Everyday Kachuusha JKT48 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun