7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pocophone F1 Sesuai Harga

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pocophone F1 - Belum lama meluncurkan Mi A2 Lite di Madrid, Xiaomi akan segera merilis ponsel kelas atas dengan harga dan spesifikasi tinggi kategori Smartphone Gaming berikutnya bernama "Pocophone F1".

Xiaomi Pocophone F1 Kelebihan Kekurangan Harga.jpg

Walau menurut rumor beredar Xiaomi Pocophone F1 hanya akan dijual untuk wilayah pasar Eropa dan Amerika, namun pihak mereka mengonfirmasi bahwa Asia juga kebagian jatah termasuk Indonesia jadi tak perlu risau soal garansi resmi atau distributor.

Tidak seperti Black Shark, sampai kini masih belum berhasil menerobos kerasnya lisensi TKDN tanah air jadi untuk memilikinya harus beli lewat situs Marketplace luar negeri.

Xiaomi Pocophone F1 bakal masuk ke dalam Smartphone Gaming berikutnya, setelah Black-Shark beberapa waktu lalu dirilis. Nama F1 sendiri terinspirasi dari ajang balap mobil "Formula One" yang mendeskripsikan ponsel ini nantinya mengandalkan kecepatan performa hardware dalam hal main game.

Kinerja Hardware

Jeroan prosesor jadi kelebihan Xiaomi Pocophone F1 akan disematkan SoC Qualcomm Snapdragon 845 ISP paling update serta pilihan RAM mulai dari 6GB dan 8GB dijamin melahap seluruh aplikasi serta game tersedia di Google Play Store.

Adanya fitur tambahan bernama Bluetooth SIG merupaka sertifikasi yang belum dimiliki banyak Smartphone, beruntung Pocophone F1 jadi salah satunya. Sebagai ponsel gaming tentu saja fasilitas tersebut amat sangat berguna.

Sebagai sistem pendingin perangkat, Xiaomi menambahkan "Liquid Cooler" ke dalam HP Pocophone F1 disebut-sebut akan mendinginkan ponsel dua kali lipat lebih cepat dari biasanya, punya bobot 185 gram.

Selama proses kinerja gaming, Pocophone F1 bakal memproses segala hardware cukup cepat hingga ke puncak akselerasinya. Cukup inovatif karena sistem Liquid Cooler ke depannya pasti akan terimplementasikan di seluruh ponsel berstatus Smartphone Gaming.

Sebenarnya di Xiaomi Black Shark juga ada, tapi pendingin generasi sebelumnya pada ponsel tersebut tidak lebih cepat daripada Pocophone F1 dalam tes uji coba yang dilakukan mereka.

Sebagai tambahan, prosesor GPU Adreno 630 diimplementasikan untuk Octa-core 4x2.8 GHz Kryo 385 Emas serta 4x2 GHz Kryo 385 Silver mendukung performa gesit dan handal.

Kamera Xiaomi Pocophone F1

Tercatat di TENAA, ada dwi-kamera Pocophone F1 beresolusi 12MP serta 5 Megapiksel memiliki lensa bukaan (aperture) F/1.8. Dukungan softwarenya bervariasi ada dual pixel autofocus, efek bokeh terasa lebih akurat dalam menghasilkan foto dan gambar.

Sektor kamera depan resolusinya sudah 20MP bisa buat selfie dan vlog karena ada teknologi Super Pixel fungsinya bisa buat menyatukan 3-4 piksel dalam sekali pemrosesan.

Fitur Super Pixel sangat berguna, manfaatnya agar noise pada kamera ketika memotret objek foto lebih diminimalisir, mengambil cukup cahaya dan dapat memperbaiki kualitas gambar terbaik terutama dalam kondisi gelap gulita minim cahaya (Lowlight). Mantap, suatu kelebihan Pocophone F1 lainnya.

Terdapat sensor Infrared Illuminator, apa gunanya? Yaitu demi menambah tingkat akurasi Face Unlock, jadi buka layar ponsel saat gelap pun bisa dilakukan dengan gampang tanpa hambatan menambah pengalaman bagus untuk menghindari kelemahan pada sistem keamanan.

Tidak sampai disitu, sistem keamanan Face Unlock-nya punya piranti lunak kecerdasan buatan (AI - Artificial Intelligence) mampu mendeteksi serta beradaptasi otomatis pada kondisi apapun mirip seperti yang ada di Mi 8 Explorer Edition.

Dari segi bodi dan layar Poco F1 Full View Display menggunakan panel IPS LCD Capacitive Touchscreen ukuran 5,99 inch beresolusi 1080x2160 piksel (Full HD Plus) multitouch sampai 10 jari, kerapatan densitas 400 ppi, dirasa cukup buat kebutuhan bermain game.

Urusan tampilan (User Interface / UI) masih akan dipoles Android Oreo 8.1 kustomisasi MIUI 10 dapat di-upgrade ke firmware terbaru serta dijanjikan update sistem operasi (OS) untuk beberapa tahun ke depan, suatu kelebihan Pocophone F1.

Daya Tahan Baterai

Baterai Pocophone F1 kapasitas 4000 mAh didukung fitur Fast Charging (Qualcomm Quick Charge) membuat Anda tak perlu menunggu lama ketika melakukan pengisian ulang daya batre karena teknologi tersebut bermanfaat demi kecepatan ngecas.

Beberapa fitur menarik lainnya seperti sertifikasi tahan air, debu dan anti goncangan juga ada, bodi kelas ponsel premium terasa elegan ketika digenggam apalagi saat main game.

Tentu saja sudah ada sensor sidik jari (Fingerprint), Gyroscope berbentuk hardware atau software jadi main video-game pakai VR tambahan semakin menarik. Soal urusan kebutuhan transfer data antar perangkat tak perlu lagi menunggu lama karena Smartphone Gaming ini telah difasilitasi Bluetooth v5.0.

Xiaomi Pocophone F1 Harga Baru: Rp7 Jutaan. Akan segera tersedia di eCommerce seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Elevenia, JD ID, Shopee bahkan ada bundling kuota Smartfren.
Sedangkan banderol Harga Bekas: Rp6,5 jutaan (Second tapi spek sama).

Kelebihan Xiaomi Pocophone F1
  1. Kapasitas memori internal storage (ROM) cukup banyak.
  2. Kamera dan softwarenya canggih futuristik. 
  3. Dilengkapi sistem pendingin generasi terbaru.
  4. Bergaransi resmi tanpa khawatir klaim jika terjadi kerusakan.
  5. Harga bersaing dengan Smartphone Gaming sekelasnya.
  6. Mendukung fitur Fast Charging 9 Volt 2 Ampere.
  7. Banderol harga bersaing dibanding Smartphone Gaming lainnya.
  8. Dijanjikan support update sampai Android Q keatas.
Kelemahan / Kekurangan Xiaomi Pocophone F1
  • Ada Notch di Layar, jelas Poni akan mengganggu pengalaman bermain game.
  • Sayang sekali desain mirip Mi A2 Lite seakan sulit membedakannya.
Menurut situs Kementerian Perindustrian, sertifikasi SDPPI MI M1805E10A dan TKDN nomor 441/ILMATE/TKDN/7/2018, telah dipastikan bahwa ponsel Xiaomi Pocophone F1 Garansi Resmi masuk Indonesia serta dijual dalam dua varian berbeda RAM 6GB, serta memori internal storage 64GB & 128GB.

Sekiranya begitulah 7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pocophone F1 Harga Spesifikasi sesuai hands-on serta berdasarkan review singkat.