Tips Beli PS4 Untuk Rental yang Bagus Slim atau Fat?

Tipe atau Jenis PS4 untuk Rental Fat Slim HEN yang Bagus dan cocok - Salah satu kios penyewaan paling laris di Indonesia adalah Rental console game PlayStation, sudah jadi barang mutlak hampir setiap kota ada tempat buat main PS dengan harga bervariasi buat per-jamnya.

PS4 untuk Rental Seri Bagus.jpg

Setelah bertahun-tahun PS3 jadi idaman pemilik atau pengelola rental karena sistemnya dapat diotak-atik baik secara hardware maupun software hingga menghasilkan PlayStation 3 jenis Custom Firmware (CFW), Optical Drive Emulator (ODE), dan Original Firmware (OFW) dapat digunakan buat main game non-original.

Kini sudah saatnya para pemilik rental berbondong-bondong hijrah ke PS4 termasuk kemarin di grup WhatsApp kerabat saya pada mulai beralih haluan, tentu saja bukan tanpa alasan.

Hal ini dikarenakan faktor terbesar yakni game bola PES 2019 mendatang tidak lagi mendukung PS3. Apakah cuma itu?

Tidak sampai disini, sejumlah aspek menentukan alasan mutlak kenapa pemilik rental mulai masuk ke PS4 diantaranya:
  1. PS4 tipe HEN sudah mulai banyak
  2. Stick Controller Ori Pabrik telah beredar
  3. Game non-original (ilegal) bisa dimainkan walaupun Offline.
PS4 untuk rental bagus serta cocok dimainkan tahan lama jenisnya yaitu PS4 HEN. Biasanya tersedia di toko fisik yang menjual PlayStation secara offline, belum beredar banyak di situs Marketplace layaknya Tokopedia dan Bukalapak setidaknya sampai artikel ini terbit.

Apa Itu PS4 HEN?

PS4 HEN adalah console PlayStation yang telah dimodifikasi baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun piranti lunak (software) agar dapat memainkan game non-resmi alias ilegal. Namun sejauh ini hanya bisa dimainkan secara offline tanpa koneksi internet.

HEN sendiri berasal dari kata HENkaku sekelompok pengembang tersebut juga berhasil mengotak-atik hingga membajjak console Sony PlayStation Vita buat mainin game PS2. Balik lagi ke pembahasan PS4 untuk Rental.

Bahaya dari PS4 Hen apabila Anda terkoneksi ke jaringan internet lalu terdeteksi penggunaan ilegal maka console Anda berpotensi terkena banned oleh Sony sehingga sulit untuk dapat digunakan kembali.

Tapi ya namanya rental kebanyakan memang cuma main offline, kan? Selain GTA V, bola PES adalah game paling banyak diminati pengunjung bersama mengajak teman-temannya ke kios rental PS Anda. FIFA? Kurang disukai.

Mayoritas pengguna PS4 Online biasanya dipakai pribadi di rumah dalam kamar, sendirian, ya begitulah kurang lebih. Jadi tidak berpengaruh apapun ke rental walau tanpa koneksi internet.

Sayang sekali, Konami mengumumkan bahwa PES 2019 hanya dapat dinikmati di PS4 dan Xbox One pada awal perilisannya September mendatang.

Jadi PS3 sudah tidak kebagian jatah lagi mulai sekarang, kalau edisi 2018 kemarin kan masih dapat update. Harus diakui bahwa game rental PS4 terlaris adalah PES dan FIFA, bukan rahasia lagi itu.

Biasanya PS4 HEN buat rental masih berbasis firmware versi 4.05 entah desain Fat atau Slim keduanya tidak jauh berbeda, selama mesin dan spesifikasi masih layak pakai tahan lama jaminan awet.

PS4 Untuk Rental Bagus Mana Fat Atau Slim?

Gamers rental biasanya tidak terlalu memikirkan bodi PS jenis dan tipenya apa. Tapi penting untuk diketahui bagi pengelola, perbedaan PS4 Fat dan Slim buat rental lebih bagus mana antara keduanya?

Sebenarnya tidak beda jauh signifikan, tahun perilisan PS4 Fat 2013 sedangkan versi Slim 2016.

Kelebihan versi gemuk harganya kini murah bila dibandingkan PS4 Slim, kebanyakan console yang sudah diubahsuaikan (Custom Firmware) ke HEN sekarang baru jenis FAT.

Tapi untuk penggunaan jangka panjang ada baiknya beli PS4 Slim untuk rental, alasan mutlaknya sebab versi ramping tersebut keluar setelah jenis Fat jadi secara spesifikasi hardware maupun software masih lebih 'muda' dan Sony bilang PS 4 Slim mengonsumsi daya listrik 50% sedikit dibanding pendahulunya, hemat.

Saran: Tipe PS4 untuk Rental seri CUH-2006A B01 / 2016A Custom Firmware (CFW) paling recommended, mungkin awet.

Rental Stik PS4.png

Stick Controller PS4 Ori Pabrik (KW)

Salah satu alasan kenapa PS3 jadi populer di kalangan rental karena joystick alias controller versi Ori Pabrik banyak dijual jauh lebih murah dibanding harga stik aslinya.

Perlu diketahui, kalau produksi Ori Pabrik itu cuma kata-kata muslihat penjual saja. Nama istilah aslinya adalah barang KW kuadrat!

Tetapi ya tidak jadi masalah PS4 buat rental selama bisa dipakai, secara ya kan Stik PS4 Original harganya mahal mencapai $60 alias Rp 750 ribuan.

Kabar baiknya sekarang stik PS4 KW sudah banyak dijual lebih ekonomis dibawah Rp 400 ribu, maklum perkembangan teknologi.

Saran kami kalau buat pemakaian pribadi beli saja Second Original Import, barang bekas hasil impor tapi asli (Ori mesin) jadi lebih awet. Tips mengetahui ciri-ciri perbedaan Stick PS4 Asli Ori dan KW juga sangat gampang dari segi fisik controller.

Keuntungan dengan memakai PS4 HEN ketika ingin menambahkan atau memasukkan game ilegal jadi lebih mudah karena firmware telah dibongkar memberikan segala akses ke dalamnya, ya mirip ponsel Android kalau di-root atau iPhone yang sudah Jailbreak.

Selain itu kelebihan PS4 HEN cocok untuk rental karena game bola sejenis PES dapat dimodifikasi baik dari segi logo klub, wajah dan fisik pemain, players transfer, dan selebihnya mengikuti zaman kalau sewaktu-waktu Konami menghentikan update buat PlayStation 4 tidak harus khawatir, apalagi PS5 segera rilis sebentar lagi kata CEO mereka.

Harga sewa PS4 untuk Rental biasanya lebih mahal daripada PS3, durasi satu jam bervariasi ada yang membanderol Rp 5000 / Rp 10,000 bahkan Rp 15,000 di ruangan ber-AC terlepas dari versi PlayStation Fat atau Slim. Wajar karena jika ada kerusakan, biaya perbaikan komponen masih cukup mahal sekarang.