9 Masalah HP Oppo A3S Keluhan Pengguna dan Solusinya

Masalah di HP Oppo A3s Keluhan Pengguna dan Solusi Cara Memperbaikinya - Produsen ponsel asal Tiongkok, Oppo kembali merilis lini andalan mereka di kategori entry-level / mid-range, Smartphone tersebut adalah Oppo A3s dijual dengan rentang harga 1,8 jutaan rupiah. Walau secara spesifikasi tidak begitu mumpuni dibanding pesaing sekelasnya tapi gawai satu ini cukup banyak diminati.

Oppo A3S Masalah.jpg

Oppo A3S dibanderol dibawah dua jutaan, namun sayangnya selama pemakaian beberapa waktu ada kendala yang dialami pengguna baik masalah software hingga hardware. Kerusakan ringan atau berat sekalipun sampai membutuhkan perbaikan di Service Center.

Di artikel ini kami merangkum keluhan pengguna Oppo A3s berdasarkan lansiran sejumlah situs serta forum seperti IndiaToday, GSMArena, XDA Developers, Android Central, Engadget, Kaskus, Venture Beat, Andro Authority dan grup Facebook.

Kalau pada ponsel Xiaomi, dulu itu kebanyakan kerusakan dan error muncul akibat penggunaan ROM abal-abal oleh Garansi Distributor menyelipkan iklan serta aplikasi sponsor yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan user.

Tapi berbeda kasus untuk Oppo A3S yang notabenenya dijual dan beredar hampir seluruh perangkatnya bergaransi resmi TAM. Namun namanya Smartphone juga barang elektronik bisa rusak kapanpun baik disengaja kesalahan pengguna atau tak sengaja sekalipun.

Beberapa sedikit masalah Oppo A3S sesuai keluhan pengguna antara lain:
  1. Tidak Bisa Update ColorOS, Problem Firmware. 
  2. Gagal Tersambung Charger, Tak bisa ngecas.
  3. Baterai Panas Overheat, Cepat habis & boros.
  4. Perangkat Oppo A3S Lemot, Macet, Lag, Nge-hang.
  5. Google Play Store / Play Service bermasalah.
  6. Kamera, Foto & Video tidak bisa kirim & dibuka.
  7. Muncul Iklan Perusak
  8. Error Notifikasi Tidak Masuk / Diterima
  9. Reboot Otomatis & Restart Sendiri
Dari sekian banyaknya permasalahan Oppo A3S mayoritas dapat diatasi tanpa harus pergi jauh ke pusat perbaikan. Mengulas satu per satu beserta solusinya.

Notifikasi Tidak Muncul

Kebanyakan kasus pemberitahuan atau notifikasi tidak kunjung masuk terjadi dan dialami pemilik HP Oppo A3s, mereka baru akan mengetahuinya semisal pesan singkat diterima ketika membuka aplikasi tersebut.

Bukan cuma pesan singkat semacam WhatsApp, BBM, LINE, bahkan beberapa notif aplikasi media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga YouTube tidak muncul lewat status bar sebagaimana biasanya, pun LED notifikasi diaktifkan tak kunjung menyala.

Solusi mengatasi masalah ini pengguna cukup lakukan tahap berikut sebagai cara awal memperbaikinya contohnya disini aplikasi WhatsApp:
  • Masuk ke Pengaturan / Setting.
  • Pilih Security / Keamanan > Permissions / Izin > Autostart > Enable WhatsApp Autostart.
  • Masih di menu Setting > klik menu Notification / Pemberitahuan > Kelola Notifikasi > Buka Aplikasi WA > kemudian Enable Allow Notifications / Izin Pemberitahuan.
  • Centang alias aktifkan juga Show Floating Notifications agar ketika pesan masuk maka notif muncul di atas layar HP.
Permasalahan Kamera

Salah satu masalah yang paling sering terjadi di Oppo A3S yakni sejumlah fitur kamera tak bisa dimaksimalkan, misalnya ketika mengambil foto gagal menyimpan baik ke memori internal atau eksternal Micro SD Card.

Walaupun faktanya storage Internal tidak penuh dan dalam kondisi lega kosong space sekitar 1-2GB saja harusnya bisa simpan jepretan foto hasil kamera.

Kemudian, tidak bisa memulai rekam video leqag kamera depan dan belakang biasanya bakal tampil latar hitam gelap sehingga saat diakses muncul tulisan berupa notifikasi "Camera Has Problem / Maaf Kamera Pada Android Mengalami Masalah".

Jika hal ini terjadi pada Anda di Oppo A3S biasanya bukan karena bug program, tapi lebih kepada membutuhkan reset pabrik. Tercatat dua orang pengguna mengalani rusak serupa dan jalan satu-satunya memperbaiki tersebut dengan Factory Reset.

Apabila Anda yakin solusi perbaikan kerusakan kamera dapat diatasi pakai cara Flash, silakan baca Cara Flashing Oppo A3S sebagai panduan lengkapnya.

Namun, kalau terpaksa Factory Reset jangan lupa buat cadangkan alias Backup data keseluruhan terutama yang penting lalu simpan di memori eksternal kalau perlu unggah ke situs penyimpanan Cloud semisal Google Drive, Mirror, Dropbox sebagai tindakan antisipasi terbaik maka masalah camera bakal hilang.

Selain itu solusi paling keren menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga lewat Play Store seperti Google Camera yang jelas bisa dapat hasil gambar lebih bagus, cukup install beberapa Megabyte langsung dapat dijalankan.

Masalah pada tampilan antarmuka (User Interface / UI) juga menyebabkan video sulit direkam, alih-alih ingin mengirim pada kerabat justru makin susah kirimnya.

Baterai Cepat Habis & Panas Overheat

Sebenarnya persoalan baterai cepat habis panas overheat sebuah masalah klasik hampir tiap ponsel mengalaminya memang bikin jengkel. Tapi apa yang dialami sejumlah orang pengguna Oppo A3s diluar batas wajar.

Review Oppo A3S Indonesia.jpg

Boros dan cepat habis mengingat kapasitasnya sangat besar yakni 4230 mAh, lalu overheat alias panas keterlaluan walau chipset digunakan Snapdragon 450 yang terkenal membantu efisiensi baterai.

Diduga penyebab baterai kurang irit tersebut adanya bug pemrograman pada salah satu aplikasi bawaan sistem yang tidak bisa dinonaktifkan saat apps bekerja di latar belakang (Background System).

Terkait masalah Oppo A3s pada baterai pihak produsen telah merilis update firmware per awal Agustus 2018 kemarin. Silakan masuk ke menu pengaturan kemudian pilih About / tentang ponsel dan periksa pembaharuan piranti lunak yang tersedia, apabila dapat segera lakukan upgrade.

Terlepas dari itu pengguna juga wajib tahu aplikasi mana saja yang mengonsumsi daya baterai cukup tinggi semisal YouTube, Spotify, LINE Camera, App Edit Foto (B612, PicsArt, Photo Grid, Meitu, Huji / Kuji Cam, VSCO, Beauty Plus, Unfold, Adobe, FaceApp, Candy Camera, lainnya).

Mayoritas aplikasi yang disebutkan tadi konsumsi serta menguras baterai sangat banyak walau sedang tidak dijalankan, maka lebih bijak lagi memilih buat install kemudian hapus jika tak terpakai.

Durasi ngecas Oppo A3s lama sampai nyaris 3 jam terbilang wajar karena baik dari segi software maupun hardware ponsel perusahaan China ini tidak mendukung Fast Charging (Qualcomm Quick Charge) pengisian daya cepat, ditambah kapasitasnya jumbo yaitu 4230 mAh.

Mengatasi Oppo A3S Restart Sendiri

Mengenai HP Oppo A3s Restart Sendiri atau reboot otomatis berulang kali sebenarnya begitu jarang terjadi, walau sudah dilakukan Flashing sekalipun beberapa user tetap mengalaminya.

Hal ini bisa jadi disebabkan aplikasi pihak ketiga hasil unduhan tidak kompatibel pada perangkat, kalau tak cocok sebaiknya jangan memaksakan.

Sebagai contoh: App Fortnite Mobile di Google Play Store tak bisa diinstall karena memang tak compatible dengan Oppo A3S, sebagai upaya pemaksaan akhirnya pengguna menginstal lewat APK di luar PlayStore (diambil dari situs & Google Search) kemudian install, maka berpotensi terjadinya clash di hardware & software.

Itu hanya contoh, bisa jadi faktor lain ikut mempengaruhi seperti tema (Theme) kurang cocok, pergantian font Oppo A3S, status bar, mencoba sembunyikan menu navigasi (Hide Navbar) dan sejenisnya.

Solusi memperbaikinya sejauh ini cuma pakai cara Flashing ulang, atau mudahnya Factory Reset Data. Lagi-lagi diingatkan agar jangan lupa mem-backup file penting sebelum reset pabrik.

Klaim Garansi Oppo A3S Tanpa Kartu

Kartu garansi hilang apakah bisa mengklaim ke Oppo Service Center? Jawabannya BISA! Karyawan mereka sendiri bilang cukup bawa perangkat ponselnya, karena sistem sudah canggih nanti diperiksa nomor IMEI HP serta tanggal aktivasi perdana di Store-nya.

Kurang lebih seperti itulah Masalah Oppo A3S Keluhan Pengguna dan Solusi perbaikannya, mengatasinya memang ada yang sulit atau mudah tergantung pada jenis serta tingkat permasalahannya.