Cara Jailbreak iOS 12 Semua iPhone / iPad Tanpa PC Gampang

Tutorial dan panduan lengkap cara Jailbreak iOS 12 tanpa menggunakan PC Komputer / Laptop di iPhone, iPad dan iPod Touch - Biasanya kalau butuh akses untuk menginstall aplikasi pihak ketiga, atau konten lain berupa video dari situs non-Apple di iOS haruslah melakukan yang namanya Jailbreak (JB) sebagai pembebasan batasan-batasan diterapkan.

Cara Jailbreak iOS 12 iPhone iPad Tanpa PC.jpg

Jailbreak hanyalah sebuah opsi, apabila tidak ingin downgrade dari iOS 12 ke iOS 11 yang tentu akan memakan waktu juga dan belum pasti ada software tersedia oleh Pangu.

Proses Jailbreak iOS 12 ini akan menghilangkan semua keterbatasan yang diberlakukan oleh Apple kepada perangkat produk mereka termasuk iPhone, iPad hingga iPod Touch. Ya kalau di HP Android itu mirip namanya akses Root.

Namun mayoritas Cara Jailbreak iOS 12 membutuhkan perangkat tambahan seperti PC Komputer atau Laptop yang sudah terinstall iTunes demi mempermudah bongkar batas.

Jangan khawatir, karena Jailbreak iOS 12 dapat dilakukan tanpa PC / Laptop hanya pakai aplikasi tambahan bernama Yalu102 Semi-Tethered JB bisa dicari di Tweakbox.

Oke, sebelum memulai pastikan tahu segala risiko dan semuanya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Oleh karena itu apabila masih awam disarankan meminta bantuan pada ahlinya.

Lalu cadangkan, atau melakukan backup untuk berjaga-jaga agar data-data dianggap penting tidak hilang sia-sia.

Karena metode disini tidak pakai PC, kami imbau agar baterai iPhone, iPad atau iPod Touch dalam keadaan 100% penuh (Full Charged). Itu pun di tengah proses kemungkinan akan habis, maka jangan jauh-jauh dari kabel data dan colokan ponsel apabila ada notifikasi "Daya Lemah" segera charge batre.

↱ Baca juga: Cara Menampilkan Layar iPhone ke PC Windows.

Cara Jailbreak iOS 12 di iPhone Tanpa PC

Semi tethered-Jailbreak merupakan versi ringannya JB jadi ketika perangkat iOS nonaktif entah disebabkan baterai habis, bootloop (mentok di logo Apple), reboot / restart sejumlah fitur tidak akan berfungsi untuk sementara waktu misalnya Tweak dan Cydia Apps sampai sepenuhnya Jailbreak pakai Yalu102 bukan Pangu.

Metode pertama Jailbreak iOS 12 di iPhone, iPad, dan iPod Touch menggunakan PC Laptop:

Pertama: Install Cydia Impactor ditambah Yalu Jailbreak IPA, simpan baik-baik kedua berkas / file itu di PC dalam satu folder agar lebih memudahkan proses.

Kedua: Tahap berikutnya melakukan ekstrak file Cydia Impactor pada desktop, tempatkan dimanapun sesuka hati.

Ketiga: Hubungkan iPhone ke PC / Laptop, menyambungkannya pakai kabel USB Type-C bawaan atau yang biasa digunakan buat charging.

Keempat: Apabila ada notifikasi di layar desktop, pilih Trust. Lalu buka Cydia Impactor.

Kelima: Tekan dan tahan file Yalu Jailbreak kemudian drag / seret untuk pindahkan ke Cydia Impactor.

How to Jailbreak iOS 12 all iPhones.jpg

Keenam: Akan ada jendela munculan meminta Apple ID dan Password, masukan saja. Tenang, ini aman. Apabila ragu, gunakan akun iCloud cadangan yang kosong datanya. Tapi prosesnya harus dari awal lagi dan lebih ribet.

Ketujuh: Tekan OK, setelahnya proses instalasi Yalu Jailbreak melalui Cydia Impactor berjalan. Tunggulah beberapa menit.

Kedelapan: Apabila proses instalasi telah selesai dilakukan, coba cek perangkat iOS (iPhone / iPad atau iPod Touch) dan pada Homescreen akan muncul aplikasi Yalu102 itu artinya install lewat Cydia tadi sukses.

Pangu Yalu iPhone Jailbreak iOS 12.jpg

Kesembilan: Dari Homescreen iPhone, masuk ke Pengaturan / Setting > pilih General / Umum > tap Profile & Device Management (Manajemen Profil dan Perangkat) > klik Profil Apple ID Anda lalu tekan Trust.

Kesepuluh: Balik lagi ke halaman depan Homescreen iPhone dan buka Yalu102 kemudian tekan tulisan GO. Pada tahap ini setelah menekan tombol Go maka perangkat iOS akan otomatis restart / reboot.

Proses reboot perangkat akan memakan waktu lebih lama dari biasanya jadi jangan khawatir. Namun setelah menyala kembali artinya Jailbreak sukses dilakukan, selesai.

Metode ini bisa diterapkan di beberapa devices, seperti:

iPhone iOS 12 Devices:
  1. iPhone 6 & 6 Plus Jaibreak iOS 12
  2. iPhone 6s iOS 12 Jailbreak
  3. iPhone 6s Plus Jailbreak iOS 12
  4. iPhone 7 Jailbreak iOS 12
  5. iPhone 7 Plus iOS 12 Jailbreak
  6. iPhone 8 iOS 12 Jailbreak
  7. iPhone 8 Plus Jailbreak iOS 12
  8. iPhone X Jailbreak iOS 12
  9. iPhone SE Jailbreak iOS 12
  10. iPhone 5s iOS 12 Jailbreak Update
iPad iOS 12 Devices:
  1. iPad Pro 12.9 Inch Generasi Pertama & Kedua
  2. iPad Pro 10.5 Inch & 9.7 Inci
  3. iPad Generasi ke-5 & ke-6
  4. iPad Air 1 & 2
  5. iPad Mini 2, 3 & 4.
  6. dan tambahan iPod Touch 6th Generation iOS 12 Jailbreak.
Sedangkan yang tidak mendapatkan update iOS 12 jelas belum bisa melakukan cara ini:
  1. iPhone 4 / 4s
  2. iPhone 5 / 5c 
Jikalau Anda sudah upgrade namun merasa kurang cocok, silakan downgrade ke iOS 11 demi kenyamanan penggunaan iPhone.

Keuntungan - Kelebihan Jailbreak iOS 12 di iPhone

Ada beragam macam kelebihan ketika perangkat iOS dalam keadaan Jailbreak. Misalnya menyimpan konten video dari situs lewat browser, menginstall aplikasi pihak ketiga yang tidak ada di App Store hingga mengganti font bawaan, hingga hal simple tapi asyik layaknya menyimpan video story WhatsApp orang lain.

Selain itu dapat mempercepat kinerja perangkat. Tidak dibongkar JB saja device Apple itu rata-rata sudah smooth dalam hal performa, tapi Anda harus menanggung risiko sendiri kalau masih ragu sebaiknya jangan dilakukan.

Walaupun sebenarnya tanpa Jailbreak ada trik khusus agar iPhone Anda jadi lebih cepat, misalnya dengan manfaatkan sistem bug yakni menonaktifkan efek animasi setiap saat buka aplikasi bisa terbuka dua kali lipat cepatnya dibanding mode normal. Mau tau juga caranya? Simak tutorial berikut:
  • Secara bersamaan tekan serta tahan tombol Power dan Home sampai muncul tampilan "Slide to Power Off".
  • Geser tulisan Slide hingga bagian tengah layar jangan dilepas.
  • Kemudian tahan tombol Power sepersekian detik, jika berhasil layar iPhone akan blank hitam. Jangan panik itu wajar.
  • Lalu Anda dialihkan ke mode Lockscreen, buka kunci layar menggunakan Passcode atau Touch ID tergantung pada sistem keamanan yang digunakan.
  • Balik lagi seperti poin pertama tadi, tekan sambil tahan tombol Home & Power Button sampai kembali ke tampilan menu utama iPhone. Selesai.
Bosen dengan theme iOS yang gitu-gitu saja, dan mu ganti tema di iPhone? Sudah saatnya lakukan Jailbreak, gratis kok tidak bayar. Tapi lain halnya apabila Anda meminta bantuan ke ahlinya di retail tempat perbaikan ponsel mungkin bakal dikenakan biaya 100 hingga 200 ribu variasi harga tergantung kebijakan masing-masing konter.

Kelemahan - Kekurangan Jailbreak iOS 12

Banyak yang berpikir dengan Jailbreak artinya pengguna dapat menginstall aplikasi berbayar menjadi gratis di iPhone App Store. Kenyataannya tidak demikian, cara kerja JB hanya akan memberikan keleluasaan pemilik perangkat untuk melakukan kustomisasi tema, font, tweak, launcher, tampilan lain.

Menghilangkan garansi. Seperti layaknya Root di Android, masa garansi akan hangus untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch Anda dengan catatan pemakaian perangkat kurang dari 12 bulan sejak beli.

Apple menganggap setiap aktivitas Jailbreak merupakan hal ilegal tidak diperbolehkan. Anda juga wajib waspada sebab, saat ini marak aplikasi Tweak / Cydia yang disusupi bug program jahat secara sengaja oleh oknum tertentu.

Haruskah Jailbreak iPhone / iPad & iPod Touch?

Jawabannya tergantung kebutuhan Anda. Apakah kurang nyaman dengan tampilan, font, tema & launcher di iPhone? Mau kustomisasi secara bebas semua penampilan perangkat Apple-nya? Silakan oprek sendiri.

Kalau saya pribadi cari aman saja selama fitur, fungsi serta performa iPhone lancar terus tanpa kendala, tampilan bukan jadi masalah. Berbeda halnya dengan Android buat saya root itu wajib.

Sekiranya begitulah kurang lebih artikel mengenai Cara Jailbreak iOS 12 Semua iPhone / iPad Tanpa PC serta kelebihan & kekurangannya, silakan praktikan dengan memahami konsekuensinya.