Daftar HP Oppo yang Dapat Update OS Android Pie Terbaru

Deretan daftar HP Oppo yang Dapat Update Android Pie 9.0 Terbaru - Google beberapa waktu lalu telah mengumumkan bahwa nama "Pie" resmi digunakan untuk OS baru mereka versi 9, penerus Oreo. Setelah perdebatan sepanjang tahun mulai dari Pancake, Peppermint, Pistachio, hingga kue Pancong.

HP Oppo Dapat Update Android Pie 9.jpg

Sebelumnya padahal petinggi Huawei Eropa telah membocorkan melalui email yang ditujukan pada Customer bahwa OS berikutnya bernama kacang Pistachio namum isu tersebut sirna sudah.

Seperti biasa, para produsen ponsel berlomba-lomba memanjakan penggunanya dengan cara menggelontorkan update firmware termasuk sistem operasi (OS) Android Pie .

Oppo yang dikenal pelit buat kasih upgrade ke penggunanya kini terlihat mulai berubah dan berbenah, terbukti dengan sejumlah ponsel keluaran mereka dijanjikan update.

Nah, sebelum menuju topik utama sebaiknya lihat dulu apa saja fitur terbaru di Android Pie sebagaimana saat rilis di acara Google I/O Mei 2018 silam.

Menonaktifkan Getaran Notifikasi

Loh maksudnya? Kan mode silent juga bisa menonaktifkan getaran? Jadi gini, sebelum Android Pie datang hampir semua HP berbasis OS robot hijau itu akan bergetar baik dalam mode Getar atau Dering Masuk (Ring In).

Saat itu yang bisa dinonaktifkan getarannya cuma di Silent saja. Sekarang di Android P, walau dalam keadaan mode Dering kalian bisa terima notifikasi pakai suara saja tanpa getaran lewat pengaturan pilih OFF bukan ON.

Navigasi Pakai Gestur

Untuk pertama kali Google menyematkan fitur navigasi dalam sistem gestur lewat UI OS Pie beberapa diantaranya adalah:
  • Tekan tombol Pill garis kecil di bawah jika mau kembali ke Home Screen.
  • Geser layar dari bagian bawah ke arah atas buat melihat aplikasi sedang dibuka (Recent Apps).
  • Swipe layar ponsel ke atas dua kali dengan cepat untuk masuk ke App Drawer.
  • Tombol back / kembali kini punya opsi hanya tampil di aplikasi tertentu saja sesuai selera user.
User Interface / Tampilan Antarmuka Unik

Nantinya tampilan UI akan lebih melingkar di sudut alias Rounded. Berubah signifikan dibanding versi Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat bahkan Oreo.

Ikon menu dalam Setting atau pengaturan lebih berwarna dan berbentuk lingkaran alias bulat. Fitur animasi unik ditambahkan namun tanpa mengurangi responsivitas layar Smartphone berkat teknologi canggih.

Waktu yang dinanti telah tiba, cek dibawah apakah Smartphone Oppo Anda kebagian upgrade Android 9.0 Pie.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oppo F9

Daftar HP Oppo yang Dapat Update Android Pie Terbaru

  1. Oppo Find X Android 9.0 Pie Update
  2. Oppo F9 Pro Android 9 Pie Update
  3. Oppo Find X Android 9 Pie Update 
  4. Oppo A5 Android 9.0 Pie Update
  5. Oppo A3s Android 9.0 Pie Update
  6. Oppo F7 Android 9.0 Pie Update
  7. Oppo F7 Youth Android 9.0 Pie Update
  8. Oppo Realme 1 Android 9.0 Pie Update
  9. Oppo R15 Pro Android 9.0 Pie Update
  10. Oppo A83 Android 9.0 Pie Update
  11. Oppo A1 Android 9.0 Pie Update
  12. Oppo Find X Android 9.0 Pie Update
  13. Oppo R11 Plus Android 9.0 Piw Update
  14. Oppo R9s Plus Android 9.0 Pie Update
Kapan update Android Pie datang ke HP Oppo saya? Tergantung, biasanya perilisan tergolong berbeda-beda jarak beberapa bulan namun prioritas tentu diberika pada ponsel flagship terlebih dahulu semacam Find X, F7, Realme 1.

Berikut HP Oppo yang TIDAK Dapat Update Android Pie
  1. Oppo A77 Android Pie Update (X)
  2. Oppo A71 Android Pie Update
  3. Oppo A3s / A53 Android  Pie Update
  4. Oppo F1 / F1s Android Pie Update
  5. Oppo F5 Android 9 Pie Update
  6. Oppo R9s Plus / R9s / R9 Android Pie Upgrade
  7. Oppo A39 Android 9 Pie Update
  8. Oppo 59 Android 9 Pie Update
  9. Oppo Neo 7 / Neo 5 / Neo 5s / Neo 3 Android 9.0 Pie Update
  10. Oppo Joy / Joy Plus / Joy 3 Android 9.0 Pie Update
  11. Oppo Mirror 5s / Mirror 5 / Mirror 3 Android 9.0 Pie Upgrade
Kenapa Oppo Pelit Jarang Kasih Update? - Sebelumnya atau beberapa tahun silam banyak orang beranggapan demikian, Oppo bukan produk idaman karena tidak serajin Xiaomi atau Asus dalam hal update firmware. Padahal terkadang pembaruan perangkat lunak itu cukup penting disaat versi terkini mengalami serangan bug, error dan sebagainya.

Tapi semua itu kembali pada masing-masing produsen. Ada yang berniat tidak kasih update agar pengguna mereka beli ponsel keluaran terbaru, bukan cuma Oppo mungkin trik marketing ini dilakukan perusahaan lain. Termasuk Apple yang ketahuan sengaja bikin lemot iPhone 6 series, cek beritanya sudah banyak.

Kemudian alasan lain produsen enggan kasih update mungkin karena adanya ketidakcocokan antara Software dan Hardware. Misal, HP Samsung Galaxy S2 mau dikasih firmware Android P.. kan tidak mungkin karena keluaran 7 tahun lalu, lawas ya dan hardware-nya juga tak memungkinkan buat menampung segala macam data dari OS versi 9.

Menurut berbagai sumber di situs bule atau lokal, produsen melakukan percobaan / uji tes firmware terbaru untuk setiap ponsel mereka dan kalau berhasil atau lolos uji coba maka gelontoran update pasti diumumkan secara resmi. Sebaliknya, apabila gagal dalam tes tentu mereka akan bungkam. Risikonya jika dipaksakan ponsel bakal rusak dan yang rugi pengguna juga.

Jadi sebagai pengguna hanya tinggal menunggu kepastian dari keputusan pihak produsen mengenai masalah kebagian update atau tidaknya.

Tiga alasan tadi hanya sedikit kemungkinan dari banyaknya faktor kenapa HP Oppo Anda tidak kebagian jatah update OS Android Pie terbaru.