Deretan HP Xiaomi yang Dapat Update OS Android Pie Terbaru

Deretan daftar HP Xiaomi yang bakal dapat Update OS Android Pie 9.0 Terbaru serta jadwal kapan perilisan untuk kumpulan seri Redmi dan Mi.

HP Xiaomi Dapat Update Android Pie OS Baru.jpg

Bukan Xiaomi namanya kalau pelit kasih update ke penggunanya. Mereka membuktikan bahwa seluruh pemegang ponsel seri Redmi atau Mi layak diperlakukan sama rata.

Seri Mi merupakan Smartphone unggulan Xiaomi yang harga barunya rata-rata diatas Rp4 jutaan. Sementara Redmi series produk versi terjangkau yang paling banyak digunakan.

Tapi kalau soal kasih update Xiaomi paling rajin. Mau pengguna Mi atau Redmi semua disama-ratakan. Termasuk upgrade ke OS Android Pie terbaru nantinya.

Kalau ada kabar atau berita semacam pengguna mereka khusus di Indonesia tidak akan dapat OS Android Pie Update Xiaomi, dapat dipastikan bohong. Karena Xiaomi kasih upgrade tentu tak memandang dari negara mana penggunanya.

Mari kita lihat keunggulan, kelebihan serta fitur terbaru pada sistem operasi baru mungkin dapat Anda nikmati.

Fitur Terbaru Android Pie

Android Pie akan lebih pintar kinerjanya daripada sebelumnya. Dimana kali ini perilaku pengguna dapat dianalisa sebaik mungkin untuk kemudian dilakukan skenario selanjutnya mengandalkan teknologi tercanggih Artificial Intelligence (AI).

Misalnya, Anda mencolok headset ke lubang jack audio maka aplikasi pemutar musik relevan akan ditampilkan oleh sistem secara otomatis. Entah itu media player bawaan, atau pihak ketiga seperti Spotify, Joox, dll.

AI Google Photos

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) akan disematkan pada aplikasi Google Photos di Android Pie. AI berfungsi memperbaiki kualitas kumpulan foto lama yang hitam putih jadi berwarna lebih natural, selain itu sebuah dokumen diambil dari jepretan kamera bisa dikonversi jadi PDF format.

Selain itu layanan Google Assistant semakin canggih dan tambah berguna seiring kemampuannya sesuai aksen ketika berbicara bahasa asing atau lokal. Ditambahkan pula 7 suara baru, satu diantaranya diisi oleh penyanyi terkenal John Legend.

Peningkatan dalam hal keamanan sistem dengan mencegah aplikasi mencurigakan yang perlu akses ke kamera atau mikrofon ketika pengguna menginstall. Biasanya kan kita kalau install apps asal tekan OK / YES saja, bisa jadi itu bahaya buat ponsel. Nah, dengan fitur baru di Android Pie nanti pengguna bakal merasa lebih aman.

Sedangkan dari segi perangkat lunak pengisian daya, ponsel dengan berbasis OS Android Pie ketika diisi ulang (proses charging) penghemat baterai akan otomatis nonaktif dan ketika batre penuh pengguna bisa mengaktifkan kembali secara manual lewat pengaturan.

Tapi kekurangan dari Android Pie yakni fitur Google Issue Smart Selection maupun App Actions belum bisa berfungsi.

Sejumlah fitur anyar lainnya berupa notifikasi Smart Reply dalam balutan tampilan antarmuka grafis Android Pie yang membulat hingga ke sisi Quick Setting / Pengaturan Cepat serta Tray Notification. Sebenarnya mereka tak meninggalkan tema material desain hanya saja ada sedikit tambahan White Space serta sudut tak tajam.

Di pengaturan atau Setting, kini tak lagi membosankan. Sebab ikon warna-warni diimplementasikan. Sedangkan pemberitahuan atau notifikasi bukan cuma muncul teks saja, tapi juga bisa menampilkan konten gambar khususnya aplikasi pesan instan (Chatting) semisal WhatsApp, LINE, BBM, KakaoTalk.

Dark Mode Android P / Gelap 

Sebagian pengguna memang menyukai tampilan antarmuka lebih gelap ketimbang putih mencolok mata apalagi ketika malam hari. Di Android Oreo fitur ini sudah ada tapi karena terjadi kesalahan sistem akhirnya Google menarik kembali.

Nah, kini user dapat mengaktifkan dark mode gelap di Android Pie bukan putih terang cukup mudah caranya masuk ke menu pengaturan pilih Display dan Device Theme / Tema Perangkat ada tiga opsi yakni: Automatic (Otomatis berdasarkan wallpaper), terang / Ligh, dan gelap / Dark.

Essential Phone milik bang Andy pendiri sistem robot hijau dan Google Pixel series juga semuanya sudah mencicipi enaknya kue Pie. Sementara bagi produsen lain seperti Xiaomi, Nokia, LG, Sony, OnePlus, Asus, Oppo, Vivo, Samsung, Lenovo, Motorola Moto, Huawei, Advan, Wiko, Infinix sekalipun pasti mengutamakan ponsel unggulan.

Betul, rata-rata Smartphone flagship diprioritaskan buat dikasih upgrade terlebih dahulu ketimbang ponsel berstatus mid-range, high-end bahkan entry-level. Dan jangan khawatir pengguna Mi A1, atau HP berbasis OS Android One murni karena jaminan update sudah pasti didapatkan walau harga ponselnya kurang dari sejuta sekalipun.

Bahkan produsen rival yakni Oppo rilis daftar update Android Pie Sekarang seri mayoritas seri Mi memang dijanjikan upgrade firmware, wajar sebab edisi flagship lebih prioritas dari segi harga saja lebih mahal. Pertanyaannya, apakah Xiaomi Redmi dapat update Android Pie ?

Deretan HP Xiaomi yang Dapat Update Android 9.0 Pie Terbaru Upgrade

Beberapa nama lama dalam daftar update Xiaomi Android Oreo kini tidak lagi dapat jatah upgrade ke OS versi sembilan. Dan berikut ini HP Xiaomi yang kebagian update Pie.

Seri Mi - Flagship
  1. Xiaomi Mi 5s / Mi5s Plus / Mi 5x Android 9 Pie Update
  2. Xiaomi Mi Max Android 9 Pie Update
  3. Xiaomi Mi Max 2 Android 9 Pie Update
  4. Xiaomi Mi Max 3 Android 9.0 Pie Update
  5. Xiaomi Mi Mix Android 9 Pie Update
  6. Xiaomi Mi Mix 2 / Mi Mix 2s Android 9.0 Pie Update
  7. Xiaomi Mi Mix 3 Android 9.0 Pie Update
  8. Xiaomi Mi A1 Android 9.0 Pie Update
  9. Xiaomi Mi A2 Android 9 Pie Update
  10. Xiaomi Mi A2 Lite Android 9.0 Pie Update
  11. Xiaomi Mi Note / Mi Note 2 Android 9.0 Pie Update
  12. Xiaomi Mi Note 3 Android 9.0 Pie Update
  13. Xiaomi Mi 6 / Mi 6x Android 9 Pie Update
  14. Xiaomi Mi6 Plus Android 9.0 Pie Update
  15. Xiaomi Mi 8  Android 9.0 Pie Update
  16. Xiaomi Mi 8 Explore Android 9.0 Pie Update
  17. Xiaomi Mi8 SE Android 9.0 Pie Update
  18. Xiaomi Mi Pad 3 Android 9.0 Pie Update
  19. Xiaomi MiPad 4 Android 9.0 Pie Update
  20. Xiaomi Mi 7 Android Pie Update
  21. Xiaomi BlackShark Android 9.0 Pie Update 
  22. Xiaomi Pocophone F1 Android Pie Update
Seri Redmi yang Dijanjikan Dapat Update OS Android Pie Terbaru
  1. Xiaomi Redmi 4x / 4 / 4A / 4 Prime Android Pie Update
  2. Xiaomi Redmi 5 / 5A / 5 Plus Android Pie Update
  3. Xiaomi Redmi 6A / 6 / 6 Pro Android Pie Update
  4. Xiaomi Redmi S2 / Pro Android Pie Update
  5. Xiaomi Redmi Y1 & Y1 Lite Android Pie Update
  6. Xiaomi Redmi Note 4x Android Pie Update
  7. Xiaomi Redmi Note 4 Android Pie Update
  8. Xiaomi Redmi Note 5 / 5A Prime / 5 Pro Android Pie Update
Kapan tanggal bergulirnya piranti lunak alias firmware update Pie yang telah disebutkan tadi? Tidak menentu, karena Xiaomi belum merilis tanggal resmi. Bersabar dulu, sebab berdasarkan referensi dari pemberian update Oreo kemarin terbagi beberapa tahap perilisan.

Tahap yang dimaksud berupa penjadwalan bergulirnya penyebaran upgrade software / firmware OS terbaru. Biasanya ponsel flagship (Seri Mi) mendapatkan prioritas jatah update lebih duluan dibanding ponsel Redmi.

Inilah Daftar HP Xiaomi yang Tidak Mendapatkan Update OS Android Pie 9.0 Terbaru
  1. Xiaomi Mi 4i / Mi 4s / Mi 4 / Mi 4c Android Pie Update ×
  2. Xiaomi Mi 5 Android Pie Update ×
  3. Xiaomi Mi Pad / Mi Pad2 Android Pie Update ×
  4. Xiaomi Mi Pad 2 Android Pie Update ×
  5. Xiaomi Redmi 3 / 3 Pro / 3s Prime / 3x Android Pie Update ×
  6. Xiaomi Redmi Note 3 / Note 3 Pro Android Pie Update × 
  7. Dan semua keluaran di bawah tahun 2016
Kenapa HP Xiaomi saya tidak kebagian dapat update OS Android Pie terbaru?

Begini jadi ada sejumlah faktor yang membuat sebuah vendor mempertimbangkan ulang untuk tidak kasih update software. Paling klasik adalah ketidakcocokkan pada hardware.

Mereka bisa jadi ingin kasih update ke produk lawas. Tapi karena hardware spesifikasi HP tersebut sudah terlampau lama, maka ketika uji coba firmware yang baru terjadi clash, tidak cocok.

Akhirnya nggak ada upgrade demi menghindari risiko kerugian pada pengguna. Harus diketahui bahwa bukan cuma Xiaomi, semua produsen Smartphone melakukan tes atau percobaan terhadap ponsel yang ingin dikasih update OS Android Pie.

Lebih baik tidak dapat update daripada mengalami kerusakan dan timbul ketidaknyamanan pengguna yang menyebabkan kerugian hingga mengharuskannya ganti ponsel baru. Alih-alih ke merek serupa malah ke vendor lain.

Akhirnya sampai pengujung artikel Deretan HP Xiaomi yang Dapat Update OS Android Pie 9.0 terbaru selamat upgrade dan menikmati fitur anyar.