Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Dinonaktifkan Permanen

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Dinonaktifkan Permanen? - Di grup Facebook komunitas tempat berkumpulnya para penjual online hampir setiap seminggu dua-tiga kali ada saja pengguna mengeluhkan akun Shopee mereka bermasalah entah dibatasi hingga terparah dinonaktifkan permanen.

Shopee Akun Disabled Dibatasi Dinonaktifkan Diblokir_5

Penonaktifan akun di Shopee memang cukup sering terjadi dengan berbagai alasan. Namun, Anda harus memahami dan mengingat kembali apa saja yang Anda lakukan beberapa jam atau hari sebelum akun Shopee dinonaktifkan permanen.

Saya iseng bertanya secara detail kepada salah satu pengguna Facebook berinisial RK, posisi dia sebagai penjual (seller) berstatus Dropshipper. Katanya, baru buat akun dua hari lalu dan mengunggah produk sehari setidaknya 20 barang.

Di sini letak kesalahan beliau sudah ditemukan. Yaitu: SPAM. Ini cuma salah satu dari sekian banyak faktor mengapa akun Shoppe dinonaktifkan permanen ataupun kalau beruntung cuma sekadar dibatasi.

Sebagai pengguna baru, RK seharusnya membaca ketentuan dan kebijakan layanan Shopee. Memang rasanya malas baca semua Terms of Service yang panjang tak karuan maunya langsung cepat-cepat jadi.

RK juga tidak seharusnya mengunggah produk sekaligus 20 barang dalam sehari di akun yang baru dibuat dua hari tersebut. Bahkan ketika bertindak sebagai pembeli sekalipun dia masih menemukan masalah dengan tulisan pemberitahuan jendela munculan alias Pop-up:

"Dikarenakan sistem mendeteksi adanya aktivitas yang tidak wajar pada akunmu, maka kamu tidak dapat membeli produk ini untuk sementara waktu.

Akun Shopee Dibatasi Mengatasi

Atau seperti ini.

"Gagal (A02): Akun Anda telah dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan karena telah melanggar Kebijakan Shopee."

Sistem robot algoritma Shopee bisa mendeteksi dan menganggap akun RK melakukan aktivitas mencurigakan (dalam hal ini, Spam) sehingga sebagai tindakan antisipatif maka dilakukan penonaktifan.

Harap berhati-hati, penonaktifkan akun juga dapat membuat uang ShopeePay dan seluruh saldo hingga koin milik Anda lenyap begitu saja. Mirip dengan sistem TokoCash di Tokopedia.

Penyebab dianggap adanya kejanggalan aktivitas akun Shopee juga meliputi:
  1. IP Address 
  2. Duplikat Nama, Foto & Deskripsi Barang Produk
  3. Pesanan tidak wajar 
  4. Upload / unggah produk secara otomatis dengan massal
  5. Memiliki lebih dari satu akun dan mengelolanya dalam perangkat serta IP Address yang sama 
  6. Tindakan kecurangan dalam penggunaan voucher promo (eg, Gratis Ongkir, Cashback Koin Shopee, dll) 
Shopee dalam halaman kebijakan layanan mereka menegaskan akan menonaktifkan seluruh akun pengguna baik penjual dan pembeli apabila terindikasi melanggar ToS (Terms of Service).

Paling sering terjadi adalah bagaimana para oknum menyalahgunakan voucher dan kode promo lainnya demi keuntungan pribadi sehingga saat terdeteksi oleh sistem, akun Shopee dibatasi sementara hingga risiko terparah diblokir secara permanen. Biasanya pengguna akan diberikan peringatan awal seperti berikut:

"Checkout Gagal (F01 / 011): Upaya untuk checkout telah ditolak karena akun Anda terdeteksi melanggar kebijakan Shopee. Pelanggaran lebih lanjut dapat berakibat pada pembekuan akun."

Namun, Shopee juga memberikan kesempatan pengguna mengembalikan atau memulihkan akunnya yang dinonaktifkan hanya saja dibatasi untuk beberapa syarat tertentu misalnya dengan notifikasi berikut:

"Gagal Checkout (F02): Upaya untuk login telah ditolak karena terdeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun Anda. Pastikan bahwa Anda telah mematuhi kebijakan Shopee." 

Akun Shopee Dinonaktifkan

Klik tombol menu "Pelajari Lebih Lanjut" maka Anda akan dialihkan ke halaman baru untuk ajukan banding pemulihan akun. Isi formulir yang tersedia sesuai arahan, pada kolom deskripsi jelaskan detail mengapa Anda merasa akun tidak layak dinonaktifkan.

Bila pengguna merasa mengunggah duplikat produk yang bukan disengaja, seperti koneksi / jaringan internet buruk, maka dapat mengajukan banding agar tim Shopee melakukan investigasi.

Jika terbukti banding kesalahan sistem, maka akun Anda akan dipulihkan. JANGAN melakukan banding apabila Anda sadar bahwa kesalahan yang Anda lakukan melanggar standar komunitas secara sengaja, sebab hanya akan membuang waktu dan sia-sia serta akun kemungkinan kecil buat dikembalikan.