Cara Beli, Penukaran dan Cetak Tiket Bioskop di Mesin Tix ID

Cara Beli dan Cetak Tiket Bioskop Lewat Mesin Tix ID - Semakin hari makin banyak layanan penyedia tiket acara, perjalanan, konser musisi, hiburan, termasuk nonton bioskop dalam bentuk pemesanan digital. Hal ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan canggihnya teknologi yang memang sudah seharusnya bikin aktivitas jadi lebih praktis.

Tidak terkecuali tiket bioskop, kalau dulu buat beli karcis masuk nonton film layar lebar harus datang langsung dan mengantri. Kini tidak perlu repot melakukan hal itu, cukup menggunakan aplikasi Tix ID (Go-Tix MovieMax).

Cara Beli Cetak Tiket TIX ID Bioskop.jpg

Tix ID mungkin per Agustus 2018 masih terdengar asing bagi sebagian orang. Maklum karena memang aplikasinya saja baru diluncurkan awal tahun, dengan aplikasi tersebut diharapkan dapat memanjakan masyarakat dalam pembelian tiket bioskop.

Caranya juga gampang, tinggal unduh aplikasi TIX ID melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS), kemudian daftar, verifikasi akun, lengkapi profil dan bisa langsung mengeksplor fitur serta layanan mereka.

Nah, bagi yang masih bingung memahami istilah, tombol-tombol menu dan butuh panduan cara membeli tiket bioskop di Tix ID, Anda berada di artikel yang tepat.

Cara Beli Tiket Bioskop Online Lewat Tix ID 

Install Tix ID. Tidak berat, hanya memakan ruang memori internal sebesar 19MB.

Kemudian daftar. Saat proses mendaftar disuruh isi nama, alamat email, kata sandi, serta Anda diwajibkan memverifikasi akun nantinya kode akan dikirim ke nomor HP yang digunakan selama pendaftaran.

Berdasarkan pengalaman saya, agak lama menerima kodenya lebih dari 5 menit. Entah mungkin kebetulan sedang dalam gangguan jaringan atau bagaimana.

Saran kami apabila kode dari Tix ID belum masuk lewat SMS tunggu saja jangan menutup aplikasi dan berpindah halaman karena menghambat proses verifikasi nanti malah mengulang lagi, nunggu lama lagi.
Tambahan: Gunakan kode voucher X3COTL untuk bisa menikmati bonus diskon potongan harga hingga Rp 25,000 di Tix ID.
Setelah kode diterima langsung submit. Tunggu loading dan akun bisa digunakan buat semua fitur, nah sampai disini silakan aktifkan layanan DANA buat simpan saldo jika sewaktu-waktu Anda mendapatkan bonus, cashback, atau promo lain.

My DANA Saldo Tix ID.jpg

Dompet digital bernama DANA ini wajib diaktifkan pakai nomor HP, dengan maksud demi keamanan jadi jika nanti pengguna mau bertransaksi misal top-up atau bayar pakai saldo yang tersedia di DANA akan dikirimkan kode OTP.

Tampilan Antarmuka Tix ID - Fitur Unggulan Aplikasi

User Interface aplikasi Tix ID memang terkesan sederhana namun navigasinya mudah digunakan dan menemukan seluruh fiturnya juga sangat praktis dengan tombol menu pintasan.

Pada halaman depan pengguna disuguhkan oleh film yang sedang tayang di bioskop. Ketika diklik akan tampil detail tentang film tersebut mulai dari sinopsis, pemeran, durasi, dan informasi lengkap lainnya.

Selain itu, pengguna juga disajikan info promo dan film yang segera tayang di bioskop Indonesia beberapa hari mendatang. Untuk lebih jelasnya silakan aktifkan lokasi atau GPS pada Smartphone biar tahu film apa dan bioskop mana yang menayangkannya di sekitar wilayah Anda.

Pada bagian atas layar terdapat menu notifikasi serta tombol menuju profil akun. Dan di bawahnya terdapat opsi lihat lokasi bioskop, tiket film yang sudah bisa dibeli melalui Tix ID.

Beli Tiket Bioskop Tix ID 

Salah satu kelebihan lainnya dari Tix ID, Anda bisa memilih lokasi kursi tempat duduk di Bioskop saat pembelian tiket film.

Review Tix ID Pilih Posisi Duduk.jpg

Selain itu pengguna juga dapat menentukan lokasi bioskop mana, jam tayang kapan yang mau ditonton, dan jenis filmnya. Opsi pembayaran bisa melalui Bank Transfer, Kartu Kredit, Virtual Account, Alfamart area Jakarta Selatan dan bayar instan pakai saldo DANA.

Berdasarkan pengalaman kami, tidak ada perbedaan biaya mengenai posisi duduk yang dipilih pembeli tiket. Jadi opsi memilih kursi mana pun harganya tetap sama namun sistem "Siapa Cepat Dia Dapat" berlaku disini.

Setelah pembayaran selesai dilakukan dan terkonfirmasi, Anda dialihkan ke halaman baru. Nah, disini akan muncul kode transaksi dan tiket digital harus disimpan baik-baik.

Pergi ke bioskop yang sudah Anda tentukan pada proses pembelian tiket di Tix ID tadi. Untuk menukarkan tiket, cukup cari mesin m-Tix atau Tix ID di sekitar loket kasir bioskop lalu masukkan kode ikuti instruksinya.

Menariknya, tiket virtual secara otomatis masuk ke daftar transaksi maksimal tiga jam setelah waktu tayang jadi pengguna tidak dapat menggunakan tiket yang sama buat nonton film.

Cara Cetak Tiket Tix ID Jadi Karcis di Bioskop

Masih ada yang bertanya bagaimana cara mencetak tiket virtual menjadi lembaran karcis lewat Tix ID. Silakan menuju ke arah loket kasir penjualan tiket, nah mesin m-Tix ID biasanya berada di sekitaran situ jangan ragu bertanya pada kasir kalau bingung.

Buka aplikasi Tix ID dan menuju halaman tiket virtual yang sudah dibeli, arahkan ke kode QR agar dilakukan scan barcode selama proses pemindaian belum tercetak tiket fisik jangan lepaskan ponsel dari mesin scanner.

Jika pada tampilan sudah menandakan kode QR serta nomor ponsel Anda ter-scan dengan benar akan ada tombol "Cetak Tiket Tix ID", tekan dan ambil jangan dikasih ke orang lain ya itu buat akses masuk bioskop.

Cara Beli dan Cetak Tiket Bioskop Lewat Mesin Tix ID cukup mudah kan, harganya juga lumayan oke apalagi ditambah bonus lewat kode voucher diskon menariknya dapat dinikmati kapan pun. Selamat menonton.