Mengaktifkan LED Notifikasi Oppo A3S dan Vivo Y83

Mengaktifkan LED Notifikasi Oppo A3S dan Vivo Y83 - Betapa pentingnya lampu indikator berkedip atau menyala warna-warni ketika ponsel dalam keadaan Stand-by lalu ada notifikasi masuk seharusnya lampu LED bagian atas layar dekat kamera itu kedap-kedip.

Fitur ini cukup penting dan sudah seharusnya ada di setiap Smartphone tanpa memandang range harganya. Selain menerima notifikasi, LED Notification juga memungkinkan pengguna tahu kapan baterai penuh saat proses isi ulang baterai (Charging).

Oppo A3S LED notifikasi menyalakan mengaktifkan

Lalu bagaimana dengan Vivo Y83 dan Oppo A3s? Apakah kedua HP ini benar-benar memiliki fitur LED Notifikasi? Jawabannya tergantung.

Bergantung masing-masing produsen. Karena Oppo A3s tidak punya LED Notification bawaan, sedangkan Vivo Y83 secara default sudah diberikan lampu kedap-kedip tersebut.

Simak juga: Daftar HP Oppo yang Dapat Update Android Pie.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Oppo A3S dan Vivo Y83 

Pertama kita ke Oppo A3s terlebih dahulu karena sangat disayangkan tidak seperti pendahulunya yakni Oppo A83 memang dibekali LED Notification atau Oppo F9 yang harganya jelas lebih mahal, A3s gagal mendapatkan giliran.

Mungkin karena memang keberadaan layar berponi atau Notch sangat berperan penting terhadap penempatan hardware yang mengandalkan sensor proximity tersebut. Karena di Oppo A3S, pada poni-nya sudah ditempatkan kamera depan serta earpiece.

Atau Oppo dapat meniru Xiaomi yang berani memasang LED Notifikasi di dagu ponsel dekat dengan bezel bagian bawah sekitar tombol menu navigasi.

Vivo Y83 LED Notifikasi Mengaktifkan

Sebagai alternatifnya bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama Light Manager - LED Settings di Google Play Store, atau kalau mau yang versi Pro (premium) bisa unduh lewat situs Revdl gratis. Pengoptimalan serta pengaturannya juga cukup gampang begitu dibuka Anda pasti paham mengatur sesuai selera ditambah layanan suara.

Sedangkan untuk Vivo Y83 yang memang dari pabriknya sudah dikasih LED Notifikasi. Masuk ke Pengaturan / Settings > pilih Suara & Notifikasi > pada Pemberitahuan LED klik, silakan atur sesuai selera.

Anda bisa mengaktifkan LED Notification Vivo Y83 dengan empat opsi, yakni ketika panggilan telepon masuk, saat mengisi baterai penuh, panggilan tak terjawab & SMS, dan aplikasi yang diinstall lewat Play Store.

Memang agak mudah untuk Mengaktifkan LED Notifikasi Oppo A3S dan Vivo Y83 apalagi kalau lampu berkedipnya merupakan fitur bawaan pabrik.