Cara Buka Casing Belakang Oppo A3s dan Mengganti Baterai

Bagaimana Cara Mengganti Baterai Oppo A3s? - Membuka casing atau back-cover pada bodi belakang ponsel berbaterai tanam memang agak sulit karena mayoritas Smartphone berjenis non-Removable Battery untuk memasukkan kartu perdana dan microSD Card cuma lewat slot khusus Sim Tray.

Hal ini dilakukan apabila biasanya terdapat masalah Oppo A3s dalam sektor baterai, kalau Anda nekat datang ke Service Center silakan tapi yang perlu diingat masa garansi harus masih berlaku.

Membuka Casing Belakang Oppo A3s Ganti Baterai_5

Lantas bagaimana kalau misalnya masa aktif garansi sudah kadaluwarsa melewati tenggat? Anda punya tiga opsi yakni datang ke tukang servis konter terdekat, bawa ke pusat perbaikan Oppo tapi bayar, atau mau benerin sendiri dengan buka casing belakang & ganti baterai.

Saran kami kalau ragu betulin sendiri dan mau memperbaiki atau mengganti baterai langsung datang ke Oppo Service Center kemungkinan akan dikenakan biaya pergantian sekaligus batre baru berkisar 200 - 300 ribu rupiah.

Alternatif bisa bawa ke tukang servis HP terdekat namun sangat tidak disarankan karena walau biayanya tergolong lebih murah tapi kita nggak tahu apakah baterainya original atau kw / palsu. Jadi buat jaga-jaga pilih yang pasti-pasti saja di pusat perbaikan resmi agar Oppo A3s Anda tidak rusak semakin parah akibat baterai kualitas KW.

Namun kalau Anda tipikal orang yang suka mengoprek HP bisa coba adrenalin dengan ganti baterai Oppo A3s sendiri, untuk batrenya bisa dibeli secara terpisah melalui Marketplace seperti OLX, Tokopedia atau Bukalapak.

Selain baterai, Anda juga membutuhkan tools-kit atau alat bantu tambahan agar proses pergantian baterai berjalan lancar. Total uang dipersiapkan kurang lebih 200 ribuan, kami tidak menjamin keaslian batre yang dibeli melalui toko online non-resmi Oppo. Baca juga bagaimana cara update OS Android Pie Oppo A3s.

Spesifikasi Baterai Oppo A3s 

Jenis: Li-ion Battery
Model: BPL572
Charge Voltage: 4.8 VdC
R-Capacity: 4100 mAh / 14.62Wh
Normal Voltage: 4.1Vdc
Typical Capacity: 4230 mAh / 14.85Wh
Sebelum melakukan proses yang sangat sensitif ini pastikan telah memahami risikonya dan lakukan dengan hati-hati. Tidak perlu keahlian khusus, asal teliti serta alat-alatnya siap pasti bisa.

Cara Buka Casing & Ganti Baterai Oppo A3s 

1. Nonaktifkan HP dan Keluarkan Kartu SIM / Memori SD Card 

Sudah pasti ponsel wajib dalam keadaan nonaktif (Turn Off) dengan menekan tombol power 3-5 detik. Ambil SIM Ejector dan buka SIM Tray, keluarkan SIM Card serta Memory SD Card.

2. Membuka Casing Belakang Oppo A3s Backcover 

Siapkan satu buah Pring Tool atau semacam Opening Pick yang berbahan plastik. Ini berfungsi untuk mencungkil bagian sisi / pinggiran HP antara LCD dan Bezel bodi casing ponsel.

Mengganti Baterai Oppo A3s buka casing_5

Setelah pengait antara casing dengan backcover bodi telah terlepas, buka perlahan arahkan ke samping hingga pelindung baterak tersebut terbuka. Sampai disini, baterai akan terlihat namun tidak bisa dilepas dulu.

3. Melepas Baterai Oppo A3s dan Mengganti 

Perhatikan dalam proses membuka baterai ada yang namanya silikon pengait antara tembaga kuning dengan motherboard HP. Siapkan pinset mini untuk melepaskannya karena silicon bersifat menempel ke mid-frame berkat lem, maka untuk bukanya juga jangan sampai merobek.

Bagian bawahnya silikon lagi terdapat sebuah plat penutup silakan cungkil kembali menggunakan Pry Tool atau Plastik Tipis tadi. Menyungkil hingga sedikit terangkat kemudian geser ke arah bawah agar terlepas.

Cara Ganti Baterai Oppo A3s_3

Masih harus melepaskan plat, tapi sekarang di sampingnya dan Anda bisa membuka yang ini pakai tangan kosong jari kelingking dengan berhati-hati agar tidak terlalu menekan keras.

Bagian bawah plat terdapat konektor penghubung baterai dengan ponsel, silakan cungkil untuk membuka. Gunakan kuku tajam, atau saran kami pakai Pry Tool lagi saja.

Jika konektor baterai dirasa sudah terlepas dari tempatnya, maka selanjutnya tarik Pull-tab semacam plastik warna hijau di samping kanan yang berguna membantu buat mengangkat baterai. Tariklah secara perlahan hingga baterai bisa lepas dari cangkangnya.

Ganti Baterai Oppo A3s

Kalau baterai sudah lepas, bersihkan tempat menyimpan batre dengan kain microfibe halus supaya debu menempel bisa keluar. Lalu ganti masukkan baterai baru yang sudah Anda beli di e-Commerce tadi.

Setelah baterai Oppo A3s terpasang, jangan langsung menutup bodi bagian belakang tapi tes dulu apakah sudah berhasil menyala. Praktikan pergantian batre ini dengan risiko Anda sendiri.